Aplikasi Sapu Jagad Pariwisata Jogja Selama Pandemi

Foto: Danflyingsolo.com

Siapa yang kalau liburan Yogyakarta menjadi list destinasi wisatanya? Yuk ngacung!

Buat kamu yang mau liburan ke Yogyakarta, kamu tentu tidak hanya harus menyiapkan perlengkapan kesehatan dan keselamatan dari penularan virus saja loh. Sekarang kamu harus menginstal aplikasi sapu jagad perwisataan Yogyakarta, namanya Jogja Pass dan Visiting Jogja.

Foto: Audleytravel.com

Mengutip dari Kompas.id, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, sebelumnya aplikasi ini bernama Cared+ Jogja dan Plesiran Jogja, lalu kemudian berganti menjadi nama Jogja Pass dan Visiting Jogja.

Melihat laman resminya, Jogja Pass merupakan platform yang dapat digunakan untuk melakukan self screening Covid-19 sekaligus identitas digital bagi masyarakat di DIY untuk memasuki tempat-tempat wisata.

Foto: Visitingjogja.com

Aplikasi ini dikeluarkan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DIY. Adapun manfaat dari Jogja Pass sendiri yaitu dapat mengidentifikasi kondisi seseorang terkait Covid-19 tanpa harus melakukan pemeriksaan dini ke rumah sakit.

Selain itu, Jogja Pass bermanfaat untuk melakukan pengawasan pengunjung lewat ID seseorang yang telah mengunduh aplikasi tersebut.

Foto: Tosupedia.com

Oleh karena itu, setiap tempat wisata umum dapat diimbau mendaftarkan diri di Kominfo DIY, sehingga dapat memantau pengunjung yang masuk ke tempat wisata.

Pengguna Jogja Pass juga bisa mengecek sendiri peta sebaran lokasi mengenai tempat keramaian seperti tempat wisata, mal, dan umum yang ingin dikunjungi.