Bandara Bali Sudah Simulasikan Wisman sejak Tiba, Simak Tahapannya

Presiden Joko Widodo berpesan, “Kita tunjukkan bahwa kita mampu mengelola, mampu mengendalikan dengan manajemen yang ada di lapangan.” Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
umi kalsum founderdan ceo media pvk group,Direktur Utama AP I Faik Fahmi,Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Dony Oskaria,General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai Herry A.Y. Sikado,Indonesia's Official Tourism Website,Media PVK Group,Media PVK Group dengan 10 Situs Pariwisata dan E Magazine,Media Resmi Pariwisata Indonesia,Pariwisata Indonesia,Pariwisata Provinsi Bali,Presiden Joko Widodo,Webiste Pariwisata Indonesia,Welcome to Bali
Simulasi kedatangan penumpang internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Sabtu (9/10/2021) / Foto: Dok. Bandara I Gusti Ngurah Rai

Bali, PariwisataIndonesia.ID – General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado, sudah melaksanakan simulasi alur kedatangan wisatawan mancanegara atau disingkat wisman dengan bersinergi bersama stakeholder terkait yang berlangsung, pada Sabtu (9/10) kemarin.

Baca juga :  Jokowi Bertolak ke Pulau Dewata Tinjau Kesiapan Seluruh Aspek Saat Penerbangan Internasional Dibuka, “Welcome to Bali”

Dalam keterangan tertulisnya, hal itu terkait keputusan Pemerintah yang telah memastikan pada Kamis, 14 Oktober mendatang akan membuka penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Sesuai dengan rencana pemerintah untuk membuka penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, kami menyambut antusias hal tersebut,” katanya, kutip redaksi Pariwisata Indonesia dalam keterangan resminya, Minggu (10/10).

“Salah satunya dengan melakukan simulasi proses kedatangan penumpang,” sambungnya.

Baca juga :  Buka Pintu Wisatawan, Gubernur Bali dan Menteri BUMN Siap Menyambut

Herry menjelaskan, upayanya itu berlangsung pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021, pukul 10.25 WITA dengan mensimulasikan rute penerbangan Bandara Incheon, Korea Selatan-Bandara I Gusti Ngurah Rai, Indonesia.

Baca juga: Welcome to Bali! Baru 5 Negara Diizinkan, Apa Lagi Infonya?

Sejalan dengan hal tersebut, Herry juga mengatakan, bahwa proses simulasinya itu, pihaknya telah memastikan seluruh penumpang sejak tahapan di Area Kedatangan disiplin dan patuhi protokol kesehatan ketat.

Baca juga :  Dirut Holding Pariwisata Tinjau Kesiapan Bandara Ngurah Rai Bali, Dony Oskaria dan Faik Fahmi Bilang Begini

Selain itu, lanjutnya, simulasi itu didukung dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 871 yang mengangkut 90 penumpang.

“Hingga tiba saatnya, kami sudah benar-benar siap melayani penumpang internasional atau wisman. Tentunya dengan protokol kesehatan sebagai upaya mendukung pemerintah mengantisipasi penyebaran Covid-19,” paparnya.

Redaksi menyertakan tahapan simulasi saat wisman tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali, berdasarkan keterangan resmi yang disampaikan oleh General Manager PT Angkasa Pura I (Persero), Herry A.Y. Sikado, sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan suhu badan setelah turun pesawat udara,
  2. Pemeriksaan dokumen kesehatan,
  3. Pengambilan sample tes RT-PCR,
  4. Pemeriksaan dokumen imigrasi,
  5. Pengambilan bagasi,
  6. Pemeriksaan bea cukai,
  7. Menunggu hasil tes RT-PCR,
  8. Pemeriksaan terakhir untuk transportasi dan akomodasi,
  9. Penumpang menuju area penjemputan untuk melanjutkan perjalanan ke hotel karantina.

Ini belum selesai, berikutnya di hal 2.. “