Blue Bird Group dan Kumpulan Catatan di Masa Lampau

Big Bird terima penghargaan PVK AWARD, “Bus Pariwisata Indonesia Terfavorit tahun 2020” / Dok. Blue Bird

PariwisataIndonesia.id – Sejarah panjang perjalanan Perusahaan Blue Bird Group tercipta berkat prakarsa Ny. Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono dan lahir di Kota Malang, pada 17 Oktober 1921.

Big Bird terima anugerah penghargaan PVK AWARD, “Bus Pariwisata Indonesia Terfavorit tahun 2020” / Dok. Pariwisata Indonesia

Sosoknya sangat menginspirasi, layak jadi panutan perempuan di Indonesia dan populer dipanggil “Bu Djoko”.

Awal mula Blue Bird berdiri, ditandai sebuah bisnis taksi rintisan dari Perempuan Hebat Indonesia sejak tahun 1965 bernama Chandra Taksi. Kisah hidupnya dalam membangun bisnis sampai menggurita hari ini, sebenarnya tak semudah membalikan telapak tangan.

Seiring jalan, baru di tahun 1972, mentransformasi ke dalam beberapa bisnis tapi tetap merambahnya di sektor transportasi dan pariwisata yang kemudian dikenal menjadi Blue Bird Grup.

Sekitar tahun 1975: Purnomo Prawiro dipercaya untuk memimpin Blue Bird sebagai direktur operasional, setelah sang kakak Chandra Suharto lebih fokus di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Pada tahun 1985: Blue Bird armadanya sudah mencapai 2.000 unit taksi.

Nilai-nilai dan brand yang ditanamkan adalah Blue Bird sebagai taksi ternyaman, teraman, dengan pengemudi yang santun.

Tahun 1993: Blue bird meluncurkan Silver Bird, taksi eksekutif dengan fasilitas mobil mewah yang sebagian unitnya merupakan eks-sedan mewah yang digunakan pada KTT Non-Blok yang digelar di Indonesia, 1992.

Sejak 2001: Semula PT Blue Bird Tbk. (“BIRD”) dan sudah menjadi perusahaan publik yang bergerak di bidang transportasi penumpang dan jasa pengangkutan darat.

Bahkan didukung 15 anak perusahaan dan sudah merebak sampai ke 18 lokasi di Indonesia.

Antara lain: Jadetabek, Cilegon, Medan, Manado, Bandung, Palembang, Padang, Pangkalpinang, Batam, Bali, Lombok, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Solo dan Yogyakarta. Disebutkan dalam keterangan resminya senantiasa hadir di jantung pusat bisnis dan tujuan wisata di seluruh negeri ini.

Memasuki tahun 2010: Taksi ini semakin populer, apalagi sejak Presiden AS Barack Obama datang ke Jakarta pada 2010.

Saat itu, Obama menggunakan Blue Bird untuk rombonganya melakukan sejumlah lawatannya di Indonesia.

Tahun 2014,

Di tahun ini, total armada sudah mencapai 22 ribu unit taksi,

Blue Bird semakin melebarkan sayap mulai menyasar bisnis rental mobil, charter bus, dan memperkuat core bisnis sebagai perusahaan taksi

Perusahaan taksi terbesar di Indonesia ini akhirnya juga melepas saham perdananya ke publik (IPO) dan berhasil meraup dana sebesar Rp 2,44 triliun pada November 2014.

Dalam video YouTube Bluebird Group di Edisi Tanya Bu Noni Episode 2: Segalanya tentang BLUEBIRD, berbagai pertanyaan-pertanyaan seputar Bluebird dijawab langsung oleh Ibu Noni Sri Ayati Purnomo, Presiden Direktur PT Bluebird Tbk. Nonton, yuk!

Ekspansi bisnis Blue bird meluas hingga ke mobil carteran, bus carteran, angkutan truk kontainer, layanan logistik, produksi bodi kendaraan, distributor tunggal alat-alat pemadam kebakaran merk Rosenbauer Internasional dan hotel.

Tahun 2017

Perusahaan menjalin kerja sama dengan Gojek dalam bentuk pemesanan melalui aplikasi Gojek, dimana sebelumnya sejak 2011, Blue Bird sudah meluncurkan aplikasi pemesanan taksi sendiri dan melakukan perubahan aplikasi pada tahun 2016.

Kemudian, melanjutkan kerjasama yang telah dilakukan, pada tahun 2020 Gojek melakukan pembelian terhadap 4,3% saham Blue Bird (senilai Rp 411 miliar) yang dilepas oleh Pusaka Citra Djokosoetono, perusahaan yang dimiliki keluarga Djokosoetono.

Perusahaan terus melakukan beberapa ekspansi, semisal dengan menggandeng Mitsubishi UFG Lease and Finance Co. Ltd dan Takari Kokoh Sejahtera untuk membuat balai lelang bernama Balai Lelang Caready dan melakukan akuisisi terhadap aset, merek dan kewajiban Cititrans dari Citra Tiara Global melalui anak usahanya yaitu Trans Antar Nusabird senilai Rp 115 miliar, dimana kedua ekspansi ini dilakukan pada tahun 2019.

Blue Bird berkomitmen untuk terus menjaga kualitas pelayanan dalam setiap bisnisnya. Menyuguhkan pelayanan transportasi darat yang aman, andal dan nyaman dengan kemudahan akses bagi para pelanggan.

Bagi banyak warga Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia, Blue Bird Group tak sekadar perusahaan taksi biasa tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Jika New York terkenal dengan yellow taxi dan London dengan black cab, maka Jakarta dengan Blue Bird. Armada taksi biru dalam tagline besar perusahaan, ingin menghiasi jalan-jalan Ibu kota yang sibuk setiap waktu.

Kesetiaan jadi bukti ketulusan dan kesungguhan Blue Bird dengan terus melayani jutaan penumpang setiap hari,

Blue Bird Group terus memperluas jenis layanannya, mulai dari regular taxis (Blue Bird & Pusaka) sampai dengan executive taxi (Silver Bird), limousine & car rental (Golden Bird).

Lalu ada armada untuk charter bus (Big Bird), Logistic (Iron Bird Logistic), Industry (Restu Ibu Pusaka-Bus Body Manufacturing & Pusaka Niaga Indonesia), Property (Holiday Resort Lombok & Pusaka Bumi Mutiara), IT & Supporting Services (Hermis Consulting-IT SAP.

Berikutnya, Pusaka Integrasi Mandiri-EDC, Pusaka GPS, Pusaka Buana Utama-Petrol Station, Pusaka Bersatu-Lubricant, Pusaka Sukucadang Indonesia-Spare Part) dan Heavy Equipment (Pusaka Andalan Perkasa & Pusaka Bumi Transportasi).

Atas komitmen yang tinggi tersebut, Blue Bird banyak meraih apresiasi.

Segudang anugerah penghargaan diterimanya. Salah satunya, menerima anugerah penghargaan PVK AWARD dengan menetapkan Big Bird sebagai Bus Pariwisata Indonesia Terfavorit tahun 2020.

Tercatat, Melalui Blue Bird Group, pada 2014, Purnomo Prawiro dinobatkan sebagai orang terkaya no. 25 oleh majalah Forbes dengan kekayaan 1,3 miliar US$.

Blue Bird juga merupakan perusahaan transportasi yang beroperasi di Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia berkonsep aman, nyaman, mudah, dan personalize sekaligus terpercaya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website: www.bluebirdgroup.com.