Grand Rohan Jogja: Hotel Syariah Bintang 4 Pertama di Jogja

Seluruh karyawan di sana akan menyapamu dengan salam dan senyum yang hangat setiap berpapasan

PariwisataIndonesia.id – Hallo Sobat Pariwisata, liburan awal tahun 2021 ini tentu bakal terasa berbeda dengan liburan awal tahun yang sudah lalu. Sebab kini kita harus beradaptasi dengan pandemi dan beberapa kebiasaan baru lainnya. Salah satu yang harus kita biasakan adalah cara liburan yang berbeda.

Liburan pada masa pandemi sendiri punya caranya sendiri, selain menjalankan protokol kesehatan yang berlaku, metode staycation juga terpaksa kita jalani. Kali ini kita akan melihat sebuah spot staycation yang baru-baru ini sedang booming di Yogyakarta.

Grand Rohan Jogja, sebuah hotel bintang 4 yang berkonsep syariah pertama di Yogyakarta. Bagi kalian yang bingung dengan lokasi ditambah lagi merasa tidak asing dengan nama hotel yang satu ini, Hotel Grand Rohan Jogja sendiri berada di Jl. Raya Janti Jl. Gedongkuning No.336, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198. Grand Rohan sendiri merupakan rebrand dari hotel terdahulu yaitu Grand Dafam Rohan Jogja.

Sebagai hotel syariah, hotel ini juga sangat maksimal dalam pelayanannya, mulai dari peralatan sholat, Al-Qur’an hingga adzan yang selalu berkumandang, serta memberikan kenyamanan staycation tanpa melupakan ibadah. Grand Rohan Jogja akan menyambutmu dengan salam islami pada pintu masuk. Tak tanggung-tanggung, seluruh karyawan di sana akan menyapamu dengan salam dan senyum yang hangat setiap berpapasan.

Pelayanan semacam ini dibuat oleh pihak pengelola agar label syariah pada hotel bukan hanya sekadar formalitas saja, tetap juga menjadi semangat bekerja sambil beribadah bagi setiap karyawan. Berbicara soal pelayanan, ada satu layanan yang sangat jarang ditemui bahkan bisa jadi ini merupakan inovasi dari Grand Rohan Jogja. Layanan Sahur Call dan Tahajud Call, tamu hotel akan dibangunkan oleh petugas jika ingin dibangunkan sahur maupun untuk sholat tahajud.

 

Baca Juga: 3 Hotel yang Cocok Menemani Liburan ala Staycation di Yogyakarta

Beralih kepada fasilitas yang dimiliki, Grand Rohan Jogja terbilang memiliki konsep dekorasi yang elegan namun tetap santai. Beberapa otomotif antik dari sepeda motor hingga mobil menghiasi beberapa sudut ruangan dari lobby hingga bagian outdoor hotel.

Selama pandemi tentu Grand Rohan Jogja mengedepankan keselamatan tamu, dengan tetap memeriksa suhu tubuh pengunjung, menyediakan hand sanitizer bahkan pengguna kolam renang hanya diperbolehkan tamu hotel saja, untuk mengurangi kemungkinan penularan virus melalui air.

Grand Rohan Jogja sendiri terdiri dari tujuh lantai ditambah dengan satu basement. pada bagian outdoor terdapat kolam renang, playground anak, gazebo, outdoor resto, garden area hingga Pendopo Ageng Rohan. Jika kamu merupakan pemburu spot-spot kece untuk berselfie ria, kamu bisa hunting foto di area gazebo, garden area hingga outdoor resto. Sebab di sana kamu bakal mendapat latar foto yang menarik, seperti gazebo dengan konsep eropa klasik, garden area yang penuh dengan tanaman hias yang beragam di tambah lagi adanya plang jalan Malioboro yang merupakan properti foto yang wajib ada saat pergi ke Jogja.

Jika kamu puas berkeliling di outdoor area, staycatiom kamu akan tambah segar jika mencoba membasahi diri dengan berenang. Kamu yang memiliki pengalaman buruk terkait air kolam yang membuat mata perih, jangan khawatir karena air di kolam renang Grand Rohan Jogja selalu dijaga PH-nya. Setiap sore akan ada petugas yang mengecek kualitas air dan kadar kaporit dalam kolam sehingga sekalipum berlama-lama berenang di sini kamu tidak perlu khawatir rambutmu akan mengeras atau kulitmu menjadi rusak akibat kandungan kaporit yang berlebih.

Baca Juga: Sensasi Alam dan Nyaman Nginap di Hotel Le Eminence

Hotel Grand Rohan Jogja sendiri memiliki beberapa jenis kamar mulai dari Family, Deluxe, Honeymoon hingga Grand Rohan Suite. Beberapa kamar yang ditawarkan khususnya yang menghadap ke utara, akan memberikan kamu pengalaman menarik di mana kamu bisa melihat gagahnya Gunung Merapi yang tak pernah ingkar janji, tidak seperti dia yang umbar janji lalu tiba-tiba hilang dan pergi, awww.

Bagian terpenting dari menginap adalah makanannya. Grand Rohan memiliki restoran dengan nama Seroja yang memiliki arti Selera Rohan Jogja. Buffet di resto setiap sarapan sangat beragam, mulai dari traditional dengan hidangan khas Jogja seperti gudeg hingga krecek, dessert yang menyajikan hidangan manis yang ajaibnya tidak membuat kamu eneg, bahkan main course yang disajikan sangat variatif mulai dari hidangan darat sampai laut.

Terakhir, ada sisi unik dari hotel bintang 4 yang satu ini. Pada bagian depan, kita akan disambut dengan replika Tugu Pal Putih yang menjadi ikon khas Jogja, namun Pal Putih milik Rohan memiliki keunikan yaitu kutipan dari do’a Abu Bakar r.a yang berbunyi “Ya Allah, Jadikanlah kami kaum yang memegang dunia dengan tangan kami, bukan hati kami.” Tulisan ini ditulis dengan empat bahasa yang berbeda pada tiap sisinya.

Grand Rohan Jogja tentu cocok buat kamu yang ingin merasakan sensasi staycation yang nyaman dan dipermudah dalam urusan ibadah. Karena Grand Rohan Jogja akan mengumandangkan adzan setiap lima kali sehari, menyediakan masjid yang bersebelahan dengan restoran sehingga mudah dijangkau serta tamu akan diperdengarkan alunan ayat suci AL-Qur’an yang merdu mulai dari Syeikh Al-Ghamidi hingga Ust. Hanan Attaki.