Ikuti Pelatihan Menulis Bersama PAUN di Belitung Timur

Bahrul Ulum (Foto: Istimewa)

PariwisataIndonesia.id – Komunitas Penulis Andalan Untuk Negeri (PAUN) tengah mengadakan pelatihan menulis intensif pada bulan Juni 2021 ini, dengan menjadikan tradisi lampau orang Belitong (Begalor.Red), sebagai latar belakang kegiatan tersebut.

Redaksi berkesempatan mewawancarai Ketua PAUN Belitung Timur Bahrul Ulum, pada Jumat (11/6), dia mengutarakan bahwa pelatihan peningkatan kemampuan menulis cerita fiksi mengambil tema “Belajar Menulis Guna Melestarikan Cerita Lokal/Daerah”.

Dijelaskan Bahrul, kegiatan tersebut terselenggara berkat dukungan dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Belitung Timur dan berlaku untuk semua kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja yang ingin mengasah minat dan bakat mereka di bidang tulis-menulis, khususnya di bidang fiksi.

Terungkap melalui wawancara tersebut, Bahrul memiliki cita-cita mulia untuk membangun tanah kelahiran dari jalur pelatihan menulis dan berharap, bakat menulis para pemuda Beltim akan semakin terasah; patut memiliki wadah dalam mengembangkan minat dan bakatnya tersebut.

Bahrul akan terus berjuang untuk mewujudkan mimpinya itu, dan sangat siap jika terus dipercaya memberikan pendampingan terkait konsultasi penulisan fiksi supaya bidang tulis-menulis fiksi, khususnya di Belitung Timur ini semakin berkembang pesat.

Pasalnya, wadah bagi para peminat tulis-menulis tersebut, ungkapnya, masih minim jumlahnya.

Putra daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini juga tak melewatkan kesempatan untuk menyampaikan pesan:

“Kita melihat banyak potensi pemuda yang belum dimaksimalkan dalam kepenulisan fiksi. Lewat ajang ini, diharapkan lahir Andrea Hirata kedua dan ketiga. Kelak, menjadi kebanggaan daerah Belitong,” mimpinya.

Hal itu, ia ungkapkan kepada Redaksi Pariwisata Indonesia sebagai informasi penting yang patut diketahui publik.

Lebih jauh, sambungnya, “Selama ini kami melihat Perpusda hanya menggelar lomba-lomba menulis. Saat ini, kami berinisiatif mengadakan pelatihannya. Nantinya, ketika ada lomba menulis, maka teman-teman tersebut sudah memiliki dasar untuk itu,” tambahnya.

Kegiatan positif ini dinilainya akan luar biasa bermanfaat, karena dapat meningkatkan literasi sastra bagi para pemuda di Belitung Timur.

Digadang-gadang, berlangsung selama tiga kali di akhir pekan nanti, yakni pada 12-13, 19-20, dan 26-27 Juni 2021, mulai dari pukul 08.00 WIB-selesai.

Pelatihan ini, akan menerapkan dua sistem, yaitu secara offline dan online. Untuk pelatihan menulis secara offline dibatasi hanya untuk 40 peserta dan berlaku bagi mereka yang daftar tercepat.

Sementara, pendaftar sesudahnya atau mereka yang berasal dari luar wilayah Provinsi Belitung, karena keterbatasan ketersediaan peserta, masih tetap dapat mengikuti pelatihan secara online melalui platform zoom.

Di akhir wawancaranya, narasumber yang akan didatangkan oleh komunitas binaan Dinas Perpustakaan Belitung Timur adalah orang-orang kompeten dalam bidang tulis-menulis, diantaranya berasal dari Agupena, PGRI, Penerbit Pohon Tua, dan LAM Beltim.

Melalui ajang ini, Bahrul mengajak, mari bersama-sama meningkatkan potensi diri lewat karya tulis yang menarik dan berkualitas bersama PAUN untuk negeri Belitung Timur. (Indah Ms/Eh)


Informasi pendaftaran pelatihan menulis: Hubungi panitia di nomor HP 0831-768744028 / HP 0852-73519553, atau melalui instagram @paunbeltim_ dan facebook @paun. Pendaftaran PAUN dibuka sejak tanggal 7 Juni hingga tanggal 12 Juni, besok.