Kabar Baik! Ancol Bolehkan Kegiatan Olahraga Per 18 Agustus, Besok Dibuka untuk Umum

Pariwisata Indonesia, Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol

PariwisataIndonesia.ID – Direktur Utama (Dirut) Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengatakan, objek wisata yang berlokasi di Jakarta Utara, mulai Rabu, 18 Agustus, besok, sudah resmi untuk dibuka kembali. Namun, katanya, hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin melakukan kegiatan olahraga dan pembukaannya bersifat terbatas atau khusus.

“Kawasan Ancol dipersiapkan akan melayani pengunjung yang khusus berolah raga mulai 18 Agustus 2021 besok,” kata Dirut Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali dalam keterangan resminya, Selasa (17/8).

Sebelumnya, Taman Impian Jaya Ancol sempat ditutup sejalan dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 pada 24 Juni lalu.

Nantinya, pembukaan kawasan Ancol tetap menerapkan sejumlah protokol kesehatan ketat dan disiplin.

Berikut ketentuan dan aturan yang ditetapkan oleh pengelola wisata saat mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol, sebagai berikut:

  1. Pengunjung yang diijinkan masuk khusus bagi yang ingin melakukan olah raga seperti lari (jogging), jalan santai dan bersepeda. Tidak diijinkan untuk aktivitas berenang di pantai, senam berkelompok dan lainnya yang menimbulkan kerumunan.
  2. Diberikan pembatasan waktu yang dibagi menjadi dua sesi, yaitu: Pagi, pukul 06.00 – 10.00 WIB dan Siang, pukul 14.00 – 18.00 WIB.
  3. Anak dibawah usia 12 tahun dan lanjut usia diatas 70 tahun serta Ibu hamil belum diijinkan masuk kawasan Ancol.
  4. Tidak diijinkan melakukan aktivitas rekreasi seperti menggelar tikar dan berkelompok.
  5. Kawasan yang dibuka terbatas pada Pantai, Allianz Ecopark dan Pasar Seni.
  6. Pengunjung wajib melakukan pembelian tiket secara daring (online) melalui ancol.com sebelum kunjungan dan menunjukan kepada petugas saat kedatangan. Selain itu wajib menunjukan bukti sertifikat vaksin di aplikasi peduli lindungi atau JAKI dan bukti cetak.
  7. Akses masuk hanya melalui Pintu Gerbang Timur dengan pengecekan tiket online, bukti vaksin dan suhu tubuh.
  8. Wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, sering membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau cuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Untuk memberikan kenyamanan pengunjung serta memastikan objek wisata tersebut aman dari Covid-19, Syahali menegaskan, pihaknya, menyiagakan petugas keamanan dan Tim Satgas Covid 19 Ancol.

Lebih lanjut ia menambahkan, mereka akan melakukan pemantauan dan patroli terhadap aktivitas pengunjung yang sedang berolahraga.

“Mari kita tetap terapkan protokol kesehatan agar kegiatan olahraga di kawasan Taman Impian Jaya Ancol dapat berjalan aman dan nyaman. Yuk sehat bersama Ancol,” pesannya.

Untuk sementara, seluruh unit rekreasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol dan Atlantis Water Adventure belum dibuka untuk umum sampai informasi lebih lanjut.

Kabar baiknya adalah penginapan Putri Duyung Ancol, layanan penyebarangan ke Pulau Seribu melalui Dermaga Marina, sejumlah restoran yang ada di dalam kawasan Ancol tetap beroperasi.

Dalam keterangan tertulisnya, untuk restoran dibuka sesuai dengan jadwal operasional per-sesi, dan diatur pula agar pengusaha restoran mewajibkan tamunya makan dengan cara take away. Dibolehkan makan di tempat, asalkan areanya terbuka dan kapasitasnya hanya 25%, makan pun tidak boleh lebih dari 20 menit. (Beben)