Pantai Karapyak Berdandan Menyambut Wisatawan

BERITA KEMENPAREKRAF,BERITA PARIWISATA INDONESIA,DESTINASI PARIWISATA SUPER PRIORITAS (DPSP),EXPLORE INDONESIA,HALO INDONESIA,INDONESIA CULTURE AND TOURISM,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,INDONESIA TRAVEL OFFICIAL,KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA NASIONAL (KSPN),MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA,MEDIA PVK GRUP,MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF (MENPAREKRAF) SANDIAGA SALAHUDDIN UNO,MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT (PUPR) BASUKI HADIMULJONO,MOTOGP MANDALIKA 2021,NUR ASIAH,PARIWISATA INDONESIA,PRESIDEN JOKO WIDODO,SITUS PARIWISATA INDONESIA,SULAIMAN SALADDIN UNO, Umi Kalsum Founder PVK Grup dan CEO Media PVK Grup,WARTA WISATA,WEBSITE PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL
Foto: pergimulu.com

PariwisataIndonesia.id – Pangandaran merupakan salah satu kabupaten di bagian paling tenggara Provinsi Jawa Barat dan sering mejadi salah satu pilihan wisatawan domestik untuk menikmati liburan di pantai bersama keluarga.

Liburan di pantai-pantai Pangandaran sering menjadi pilihan karena memang objek wisata andalan dan yang dimaksimalkan adalah wisata alam daerah pantai.

Kini Pangandaran memiliki wajah baru pada salah satu objek wisata pantainya. Melansir dari Detik Travel, Pantai Karapyak di Kabupaten Pangandaran punya spot wisata baru. Hal itu menyusul rampungnya upaya penataan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten.

Pantai Karapyak yang berlokasi di Kecamatan Kalipucang ini memiliki lokasi untuk menikmati suasana pantai dengan fasilitas yang representatif.

Di antaranya adalah keberadaan gazebo-gazebo yang bisa dijadikan tempat yang nyaman untuk menikmati suasana pantai.

Desain gazebo Pantai Karapyak pun khas Pangandaran atau desain ‘julang ngapak’. Selain itu ada pula toilet umum serta bangunan pusat kuliner dan souvenir yang dibangun permanen.

Namun demikian sejauh ini fasilitas itu belum beroperasi. Pusat pertokoan itu masih kosong dan belum dimanfaatkan.

Baca Juga: Rekreasi Seru di Hau Citumang Pangandaran

“Gazebo mininya bagus, nyaman untuk duduk-duduk menikmati suasana pantai sambil berfoto,” ujar Nurasiah (30) wisatawan asal Kota Banjar, Kamis (21/1/2021).

Dia berharap fasilitas-fasilitas yang sudah dibangun itu bisa segera dioperasikan, terutama pusat jajanan. Kepala Desa Bagolo Rahman Hidayat mengapresiasi langkah pemerintah kabupaten yang melakukan penataan di Pantai Karapyak.

Dia meyakini setelah dilakukan penataan, pantai ini akan mampu menyedot lebih banyak wisatawan. Menurutnya, selama ini, Pantai Karapyak bukan destinasi utama, melainkan hanya sebatas persinggahan wisatawan yang hendak ke Pantai Pangandaran.

Namun seiring penataan dan penambahan fasilitas, pantai ini bisa menjadi tujuan utama. Hal yang menjadi pembeda atau keunggulan Pantai Karapyak adalah suasananya yang masih relatif sepi dan tenang.

Pengunjungnya, belum seramai pantai timur atau pantai barat Pangandaran. Namun bagi sebagian orang, suasana sepi justru menjadi daya tarik. Istimenya lagi, bibir pantai dipenuhi vegetasi yang membuat suasana semakin sejuk.

Lokasi wisata ini, cuma 10 kilometer sebelum Pangandaran. Butuh waktu 10 menit dari terusan Pangandaran menuju ke Pantai Karapyak.

Baca Juga: Cukang Taneuh, Green Canyon Pangandaran yang Mistis Sekaligus Eksotis

Embusan angin, pohon rindang dan suara ombak berkejaran, sanggup membangun suasana tenang saat menghabiskan waktu di Pantai Karapyak.

Di Pantai Karapyak pengunjung tak diperkenankan berenang mengingat arus ombak cukup kuat dan hamparan karang yang bisa mengancam keselamatan. Namun hal itu digantikan oleh hamparan karang yang indah.

Pengunjung terutama anak-anak bisa mencari kelomang, cangkang kerang dan biota laut lain untuk dibawa pulang. Kondisi pantai yang bersih terawat membuat kawasan ini cocok untuk makan bersama lesehan di pinggir pantai.

Jika sedang beruntung, pengunjung juga bisa membeli udang atau lobster hasil tangkapan nelayan Pantai Karapyak. Tentu saja selain kondisinya segar, harganya pun lebih murah.