Pariwisata Indonesia Bangkit! Begini Strategi Sandiaga Uno, Mau Tahu?

PariwisataIndonesia
Foto : Dok.Humas Kemenparekraf

PariwisataIndonesia.ID – Baru-baru ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sedang menggencarkan program pembukaan sport tourism di beberapa daerah untuk kembali menggeliatkan lagi pariwisata Indonesia. Hal ini dinilai menjadi jalan untuk membuka peluang bangkitnya pariwisatadi Tanah Air di era pandemi.

Melansir dari Kompas, Potensi yang dimiliki Indonesia untuk kelangsungan pariwisata berbasis olahraga (sport tourism) membuat salah satu kegiatan wisata tersebut akan makin dikembangkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa dirinya sudah mengantongi sejumlah lokasi yang diincar untuk dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Dari golf, ada tiga daerah yang teman-teman Persatuan Golf Indonesia (PGI) calonkan, yaitu tentunya Bali, Jakarta, dan ada satu lagi yang diperjuangkan,” kata dia.

Hal tersebut sandiaga sampaikan dalam konferensi pers virtual “Kerja sama Pengembangan Sport Tourism” yang turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Selasa (5/1/2021). Kendati demikian, Sandiaga mengusulkan untuk penambahan lokasi pagelaran acara olahraga golf yaitu di Yogyakarta dan di Kepulauan Riau (Kepri).

Terkait satu lokasi yang sedang diperbincangkan, dia tidak menyebutkan apakah lokasi tersebut adalah Yogyakarta, Kepri, atau lokasi lain yang sengaja dirahasiakan. “Dari triathlon komitnya Danau Toba dan Labuan Bajo. Saya bilang kurang, tambah lagi. Kenapa enggak di lima destinasi super prioritas (5 DSP). Ada lima triathlon,” imbuh Sandiaga.

Sementara untuk marathon, dia tidak mengatakan di mana satu lokasi yang disarankan. Namun, sama seperti golf, Sandiaga juga menyarankan untuk penambahan lokasi pagelaran marathon.
“Saya bilang, kalau bisa konsep hybrid kenapa enggak lima. Ini saya tantang teman-teman bisa bantu dari segi mengorganisasikannya,” sebut Sandiaga dalam upayanya membangkitkan pariwisata di Indonesia.