Wisata ke Desa Nglanggeran Memiliki Daya Tarik Destinasi Berkelas Dunia

Wisata ke Desa Nglanggeran Memiliki Daya Tarik Destinasi Berkelas Dunia

PariwisataIndonesia.ID – Desa Wisata Nglanggeran terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejalan dengan hal tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno melalui ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia disingkat ADWI 2021 menetapkan Desa Wisata Nglanggeran sebagai “Desa Wisata Mandiri Inspiratif”.

“Saya tetapkan Desa Wisata Nglanggeran sebagai Desa Wisata Mandiri Inspiratif bersama tujuh desa wisata lainnya,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, kutip Redaksi Pariwisata Indonesia, Selasa (12/10).

Orang nomor satu di lingkungan Kemenparekraf menilai, Desa Wisata Nglanggeran memiliki daya tarik detinasi berkelas dunia.

Pernyataan Suami Mpok Nur itu bukan ujug-ujug. Mengulik latar belakangnya, diduga, karena menyuguhkan wisata yang begitu lengkap mulai dari pesona gunung api purbanya sampai air terjun. Semua itu, sungguh memukau dan dijamin bikin speechless.

Bahkan, sejumlah penghargaan internasional disabet Desa Wisata Nglanggeran. Pertama, didapuk sebagai “Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) tahun 2018”.

Kemudian, terpilih juga sebagai Desa Wisata Nglanggeran mewakili Indonesia dalam ajang Desa Wisata Terbaik atau Best Tourism Village 2021 yang digelar dari organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO).

Sebelum itu, tepatnya pada tahun 2017, Desa Wisata Nglanggeran juga dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN dengan konsep CBT (Community Based Tourism).

Menyoroti penetapan Desa Wisata Nglanggeran sebagai desa wisata mandiri inspiratif yang diserahkan langsung oleh Sandiaga Uno, katanya, itu berdasarkan penilaian dewan juri ADWI 2021.

Di sisi lain, sambungnya, tercipta berkat peran aktif masyarakat dalam mengembangkan potensi wisatanya yang mengusung konsep “Berbasis konservasi”.

Dalam keterangan tertulisnya, Menparekraf Sandiaga sedang menggalakkan pembangunan ekonomi masyarakat dengan tetap melindungi keragaman bumi atau memperhatikan konservasi lingkungan.

Masih di kawasan Desa Nglanggeran, antara lain Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, Air Terjun Talang Purba, Kampung Piyu, Air Terjun Kedung adalah destinasi alam yang bikin Anda takjub, panorama alamnya benar-benar memikat dan memukau.

Berikutnya, saksikan pegelaran budaya seperti karawitan dan Reog Mataram. Agenda liburan Anda ditutup dengan menikmati kuliner yang memanjakan lidah di Griya Cokelat Nglanggeran, Pawon Purba, Soto Mbak Jam, RM Terrace Petruk.

Saat berada di Jogja, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk datang ke tempat tersebut, ya Sob! (eh/Rs)