3 Tempat Wisata di Provinsi Babel yang Top Markotop, No. 3 Disebut Wisata Inspiratif

Pariwisata Indonesia, Sunset di Tanjung Kelayang
Sunset di Pantai Tanjung Kelayang. Cantik banget ya view-nya? (Sumber foto: Tiket.com)

PariwisataIndonesia.ID – Artikel kali ini merangkum 3 (tiga) ulasan tempat wisata yang top markotop (atau paling istimewa, sangat luar biasa, super populer, paling mengemuka) di Provinsi Kepulauan Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Mengingat, pariwisatanya memiliki daya pikat yang tak kalah hebat dengan destinasi wisata di luar negeri. Untuk itu, yuk berlibur ke negeri Laskar Pelangi atau berwisata cukup di Indonesia saja.

Rizky Suryo dari Media Pariwisata Indonesia untuk ke depannya akan menampilkan rekomendasi terkait budaya, musik tradisional, baju adat, rumah adat hingga tempat-tempat wisata yang dinilai “top markotop” yang terdapat di 34 provinsi di Indonesia untuk pembaca wwww.pariwisataindonesia.id dengan menekankan, semua serba “tiga”.

Dimulai dengan tulisan pertama dengan mengambil judul, “3 Tempat Wisata di Provinsi Kep. Babel yang Top Markotop, No. 3 Disebut Wisata Inspiratif”.

Aspek Geografis 

Mengawali tulisan, provinsi yang terkenal sebagai daerah penghasil timah terbesar di Indonesia, dulunya, adalah bagian dari Provinsi Sumatra Selatan, yang terletak pada 104°50’ sampai 109°30’ Bujur Timur dan 0°50’ sampai 4°10’ Lintang Selatan, dengan batas-batas wilayah di antaranya:

  1. Di sebelah Barat berbatasan dengan Selat Bangka;
  2. Di sebelah Timur berbatasan dengan Selat Karimata;
  3. Di sebelah Utara berbatasan dengan Laut Natuna;
  4. Di sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa.

Berikutnya, wilayah daratan Kep Babel terbagi menjadi 6 kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, Kota Pangkalpinang.

Tiga Tempat Wisata di Provinsi Babel yang Top Markotop

Artikel ini menyuguhkan tiga rekomendasi tempat wisata yang sayang sekali untuk jangan dilewatkan saat Anda tengah menjejakkan kakinya di Kep. Babel.

Selain lokasi tersebut banyak diburu oleh pecinta spot foto instagramable dan digandrungi di kalangan anak muda zaman now.

Di sisi lain, memang merupakan tempat wisata yang paling hits dan kekinian, yang memunculkan sensasi tersendiri bagi siapapun yang hadir ke tiga lokasi itu. Berikut, daftar tempat wisata yang top markotop dan wajib buat dikunjungi saat Anda berlibur di Kep. Babel.

1. Tanjung Kelayang

Tempat wisata bernama “Tanjung Kelayang” memiliki luas wilayah 324,4 hektare yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016, dengan kegiatan utamanya di bidang pariwisata.

Keistimewaannya, terletak pada batuan granit yang ditaksir usianya sudah mencapai antara 65 s.d 200 juta tahun yang lalu. Menurut cerita setempat, nama “Kelayang” berasal dari batu granit yang bentuknya menyerupai kepala burung garuda, dan dipercaya memiliki kekuatan mistis.

Tak hanya itu, di tempat ini pula, persisnya di Pantai Tanjung Kelayang sempat menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2015 ciptaan Andrea Hirata, bahkan termasuk sebagai salah satu kawasan geopark nasional Indonesia ke-6 yang telah terdaftar di UNESCO Global Geopark.

Ditambah lagi, Tanjung Kelayang memiliki keunggulan geostrategis karena letaknya berada di antara Indonesia dan negara-negara ASEAN, yang setiap bulan Oktober sering dijadikan persinggahan bagi para turis yang ingin mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Tak heran, pantai Tanjung Kelayang terplih sebagai pusat titik labuh kapal layar para yachter yang tergabung dalam kegiatan Sail Indonesia.

Saat berkunjung ke Tanjung Kelayang, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata di sekitarnya yang juga menyajikan pemandangan alam yang tak kalah indahnya, seperti Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, Desa Tanjung Binga, Pantai Tanjung Tinggi, dan Pulau Kepayang.

Termasuk, mampir ke penangkaran penyu yang dikelola oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB). Saat berada di objek wisata ini, wisatawan yang datang akan menyaksikan penyu bertelur, menetas, sampai kolam tempat pemeliharaan bayi-bayi penyu dan penyu-penyu dewasa.

Lalu, aktivitas yang banyak dilakukan oleh wisatawan saat berlibur di Tanjung Kelayang, mayoritas untuk snorkeling dan diving, bermain ski air, island-hopping (atau menjelajah antarpulau), kemudian menikmati suasana “sunrise” dan “sunset”.

Menyoroti panorama bawah lautnya yang luar biasa indah, -apalagi saat bersantai di sore hari- wisatawan semakin dimanjakan dengan cantiknya pemandangan matahari yang perlahan tenggelam.

Kemudian muncul siluet kemerahan yang terlihat pada bebatuan granit dan langit yang ada di pantai itu, bikin view-nya makin dramatis -dan pastinya- sangat eksotis sambil diiringi angin sepoi dan burung-burung kelayang yang terbang bebas di sekitar pantai.

Jangan lupa pula, pasir pantainya, juga tak kalah serunya, yakni begitu putih dan halus; Lautannya, membentang luas menghadirkan gradasi berwarna bening kehijauan di tepian pantainya yang dangkal dan pengunjung bisa langsung melihat ke dasar lautnya secara transparan yang dipenuhi beberapa jenis ikan dan ubur-ubur.

Berpadu padan dengan air laut yang berwarna biru kegelapan, dan warna air laut ini berada di bagian terdalam pantai Tanjung Kelayang; Ombak di pantai pun tidak terlalu tinggi, sebab itulah tak sedikit dari wisatawan yang berlibur melampiaskan dengan berenang ria.

Berikutnya, alasan disebut sebagai “Batu Berlayar”, karena batu-batu yang membentang di pulau ini terlihat seperti kapal yang akan berlayar.

Bersambung ke halaman berikutnya
Satu hal lagi, di Pulau Lengkuas ini terdapat bangunan .. “