Peran Penting KBRI Dalam Perang Melawan Narkoba

PariwisataIndonesa.BeritaBNN
Dubes LBBP RI untuk Republik Austria, Dr. (iur). Damos Dumoli Agusman, SH., M.A., yang berkedudukan di Wina (Foto: Kanan) temui Kepala BNN RI Komjen Pol Dr. Petrus R. Golose M.M. (Foto: Kiri) - Sumber foto: Ist

Pariwisataindonesia.id Jakarta, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia di Wina, Austria Merangkap Republik Slovenia, UNIDO, IAEA, UNOV, CTBTO, OPEC dan OPEC FUND, Dr. iur. Damos Dumoli Agusman, S.H., M.A. melakukan kunjungan kerja ke kantor BNN RI di Cawang, Jakarta Timur (23/12).

Dalam kunjungannya tersebut, Dubes Damos disambut hangat oleh Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose yang didampingi Direktur Kerja Sama Deputi Bidang Hukum dan Kerja Sama BNN RI, Drs. Achmad Djatmiko, M.A. Pertemuan ini membahas tentang penugasan Damos Dumoli Agusman sebagai Duta Besar untuk Indonesia yang akan dimulai pada Januari 2022.

Pertemuan kedua pejabat ini memang sangat berkepentingan terhadap masalah narkoba, mengingat Badan PBB yang mengurusi Narotika dan Kejahatan (United Nations Office on Drugs and Crime – UNODC) dengan komisi fungsionalnya yaitu Commission on Narcotics Drugs (CND) akan menjadi wilayah tugas kreditasi Dubes Damos.

Pertemuan CND yang dilakukan setiap tahun di Kantor PBB di Wina dan BNN RI (sebagai salah satu yang mewakili Indonesia) sangat aktif berpartisipasi dalam memberikan intervensi, masukan draft resolusi dan menjadikan pertemuan CND sebagai sarana tukar informasi antar negara dengan UNODC, INCB dan WHO
Menurut Direktur Kerja Sama, Drs. Achmad Djatmiko, M.A. hubungan ini sangat penting dan dibutuhkan oleh BNN RI dalam upaya penanganan peredaran dan penyalahgunaan narkotika antar negara. Kedua pejabat juga membicarakan pencalonan Indonesia menjadi anggota CND untuk periode 2024-2027 dan bertekad untuk mengupayakan semaksimal mungkin keberhasilan pencalonan serta menggaris-bawahi pentingnya melakukan kegiatan kampanye ke negara-negara/kota strategis pada tahun depan, yaitu New York, Jepang dan Wina, dalam rangka pendekatan terhadap negara-negara ECOSOC.

Keduanya berharap untuk dapat mempertahankan bahkan meningkatkan hubungan baik antara Kedutaan Besar RI (KBRI) Wina dan BNN RI karena saat ini BNN RI sendiri juga mempunyai kerja sama yang baik pula dengan badan entitas PBB lainnya yang bermarkas di Wina, Austria (ADR)

× Hubungi kami