Bioskop Belum Buka? Baca Beritanya!

Bioskop Belum Buka? Baca Beritanya!

Nggak Sabaran Pengen Nonton, Iya?

Pemerintah mulai membuka perlahan fasilitas umum hingga pusat belanja. Pelaksanaan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi menuju tahapan New Normal. Signal dari pemerintah pusat terlihat melalui pesan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang melakukan inspeksi ke Emporium Pluit Mall pada Kamis(11/6). Ia meninjau persiapan dan melihat simulasi penerapan protokol kesehatan di mall. Gubernur Anies mengizinkan mal buka kembali pada 15 Juni 2020.

View this post on Instagram

⁣Sambut Penerapan New Normal⁣ ⁣⁣ Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dalam sidaknya hari ini, Gubernur Pemprov Jakarta, mengatakan dalam pesannya kepada wartawan. ⁣⁣⁣ ⁣ Per tanggal 15 Juni ini, Mall Di Jakarta Mulai Buka. ⁣ ⁣ Anies Baswedan: ⁣ Sudah kangen, yaaaa?⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Mari menyambut penerapan NEW NORMAL.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Dan tetap disiplin, ikuti protokol pencegahan Covid-19. Terapkan social distancing dan jaga kesehatan untuk selalu cuci tangan.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ #newnormal #ukm #umkm⁣⁣⁣ #indonesiabangkit #bersatumelawancorona⁣⁣⁣ #bangkitpariwisataindonesia #pariwisataindonesia⁣⁣⁣ #pariwisataindonesiaofficial #indonesia⁣⁣ #garudaindonesia #lionair #batikair⁣⁣ #citylink #airasia #wingsair #namair

A post shared by Pariwisata Indonesia (@pariwisataindonesiaofficial) on

Pemerintah mulai membuka perlahan fasilitas umum hingga pusat belanja. Hal ini, menuju penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Sebelum menuju tahapan New Normal maka perlu dilakukan PSBB transisi.

“Pemprov sudah menetapkan bahwa pada tanggal 15 Juni pusat perbelanjaan bisa mulai beroperasi, udah lama nunggu ya? Udah kangen?,” ujar Anies, Kamis (11/6).

Dan Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafrudin mengatakan kepada wartawan(10/6), pembukaan bioskop belum dapat dipastikan kapan waktunya. Tunggu pemerintah daerah, khususnya signal dari Gubernur Anies memberikan lampu hijau.

View this post on Instagram

⁣Sambut Penerapan New Normal⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ Dalam waktu tidak berapa lama lagi, lokasi wisata dan pariwisata di tanah air. Segera di buka untuk umum. ⁣Nah 🏝⛱🏖 waktunya dari sekarang, tentukan pilihan liburan kamu mau kemana. ⁣⁣ ⁣⁣ Salah satunya, nonton di bioskop. Asyik, asyik. Oalah, serruuu dong. Kebayang kan. Mau?⁣ ⁣ Sudah ada jadwal kamu mau nonton film apa? ⁣⁣ ⁣ ⁣ Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dalam sidaknya hari ini, Gubernur Pemprov Jakarta, mengatakan dalam pesannya kepada wartawan. ⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Per tanggal 15 Juni ini, Mall Di Jakarta Mulai Buka. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Anies Baswedan: ⁣⁣⁣ Sudah kangen, yaaaa?⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣ Mari menyambut penerapan NEW NORMAL.⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣ Dan tetap disiplin, ikuti protokol pencegahan Covid-19. Terapkan social distancing dan jaga kesehatan untuk selalu cuci tangan.⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣ #newnormal #ukm #umkm⁣⁣⁣⁣⁣ #indonesiabangkit #bersatumelawancorona⁣⁣⁣⁣⁣ #bangkitpariwisataindonesia #pariwisataindonesia⁣⁣⁣⁣⁣ #pariwisataindonesiaofficial #indonesia⁣⁣ #holiday #shopping⁣⁣ #garudaindonesia #lionair #cgv #batikair⁣⁣ #travel #resto #movies⁣⁣ #citylink #airasia #wingsair #cg #anakgunung #pecintagunung #pendakian #mountains #mountains #bioskopindonesia ⁣ #cgvblitz #bioskopxxi #bioskop

A post shared by Pariwisata Indonesia (@pariwisataindonesiaofficial) on

“Kita mengharapkan ini berbarengan. Bioskop tidak bisa lepas dengan kehadiran mal, saling terkoneksi. Namun begitu, keputusan dalam pengambilan kewenangan berbeda-beda di tiap daerah. Sebagai contoh, Kota Bekasi izin dari walikotanya memberikan. Jakarta? Belum ada kepastian,” katanya.

Ketua GPBSI menambahkan, “Tolong garis bawahi, bioskop kalau Jakarta belum buka, maka sulit bagi daerah lain buka. Mengapa? Film itu ikonnya ada di Jakarta. Sebelumnya, masih ingat bukan, Hollywood mengatakan belum akan merilis film-filmnya. Kalau dari sana lama untuk rilis, itu artinya dia juga takut tidak laku. Dan jadi masalah buat kita,” Djonny menjelaskan.

‘Kapan dong, bisa nonton lagi ke bioskop?’ Djonny mengungkapkan, bioskop-bioskop yang ada di daerah akan dibuka bila Jakarta telah memulai. Di sisi lain, pelaku usaha masih ‘wait and see’ atau tunggu momen yang tepat agar tidak merugi. Bioskop-bioskop di daerah buka, Jakarta menjadi acuan.

“Produser-produser terbaik kita, kamu tahu? 28 judul film nasional sebelum lebaran, ready tayang. Filmnya sudah masuk. Tapi kita nggak beranilah. Mereka yang punya gawe. Seharusnya momen lebaran, waktu cuan untuk pemutaran film bagus-bagus itu!,” ujar Djony.

Katanya lagi menambahkan saat berbicara kepada wartawan, “Mereka tidak berani, mereka nggak mau kasih tayang. Hingga hari ini, belum ada berita lagi tuh, kepan film nasional terbaru akan ditayangkan,” tutupnya.

Secara terpisah, Public Relation(PR) Hariman Chalid, Bioskop CGV pada Rabu(10/6), mengatakan belum ada aturan pasti, jadwal nonton di bioskop kapan untuk dibuka. Tetapi kalau nantinya keputusan pemerintah memberikan izin, maka ada tiga aturan baru menonton di bioskop saat New Normal. Menurut Hariman kebijakan tersebut akan diterapkan di Bioskop CGV.

1. Pembayaran secara digital. Bioskop CGV hanya akan menerima pembayaran digital.

2. Dilakukan jeda satu kursi untuk menerapkan physical distancing antara penonton di dalam studio.

3. Jumlah penonton kapasitasnya dibatasi. Adanya aturan jeda satu kursi, sudah barang tentu, jumlah penonton berkurang.

Terkait apakah sudah dibolehkan, nonton di bioskop? Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia pada Rabu(10/6), memberikan ketegasan rencana pembukaan bioskop belum dilakukan. Sampai akhir Juni, ‘belum!’

Katanya, “Masih mempertimbangkan masukan dari tim Gugus Tugas COVID-19. Belum ada rencana membuka bioskop. Keputusan iya, dan mengizinkan ada dari tim COVID-19. Kita kasih rekomendasi dan diteruskan ke Gubernur setelah ada masukan,” tegas Cucu.

Lepas pandemi dan semua keadaan membaik, pemerintah pusat pasti tahu apa yang jadi kebutuhan buat warga dan negri ini. Mari mempercayakan semuanya kepada Presiden Joko Widodo selaku pemangku kepentingan. Kita semua bergotong royong untuk hidup sehat. Jaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau sanitizer. Dan terapkan social distancing, saat berada di luar ruangan pakai masker.

Sooo? Jangan bersedih gitu dong, sabar ya, guys!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )