5 Destinasi Wisata di Sulawesi Barat

5 Destinasi Wisata di Sulawesi Barat

Menawarkan Obyek Wisata yang Cantik dan Menarik untuk Dikunjungi

Sobat Pariwisata yang selalu setia, kini giliran Provinsi Sulawesi Barat yang kita intip yah! Provinsi ini dikenal mempunyai banyak tempat wisata yang menarik dan tentu layak untuk dikunjungi. Serta bisa untuk menjadi daftar liburan kamu nanti. Saat sobat pariwisata berlibur ke provinsi ini, terdapat wisata alam yang indah, wisata pantai yang aduhai, wisata budaya yang melegenda hingga wisata kuliner yang tentu menjanjikan kenikmatan dan kelezatnya. Semua itu tentu saja memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri.

Nah, bagi sobat pariwisata yang ingin melakukan perjalanan wisata ke provinsi ini, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang tempat wisata yang akan sobat pariwisata kunjungi. Namun nggak usah khawatir, redaksi PariwisataIndonesia.ID sudah merangkum 5 destinasi wisata yang menarik yang ada di provinsi Sulawesi Barat. Berikut pilihannya:

Pantai Dato, Sulawesi Barat

Pantai Dato, Sulawesi Barat, foto .pantainesia.com

1. Pantai Dato

Obyek wisata yang berupa pantai ini, dikenal khalayak ramai memiliki pasir putih yang bersih, dengan air laut yang jernih serta pemandangan bawah laut yang indah nan memesona. Lebih asyiknya lagi, sobat pariwisata dapat menyaksikannya hanya dari atas permukaan laut. Pantai ini bernuansa pantai tropis dan keasriannya yang masih terjaga dengan baik.

Di pantai ini juga terdapat batu karang besar yang tingginya sekitar 20 meter dan bisa sobat naiki. Dari atas puncaknya sobat pariwisata akan melihat betapa menakjubkannya pemandangan di pantai tersebut. Di puncak karang tersebut kita juga bisa menikmati momen sunset yang sangat indah. Untuk naik ke atas batu karang sudah ada tangga yang telah disediakan.

Pantai Karampuang, Sulawesi Barat,

Pantai Karampuang, Sulawesi Barat, foto: vibizmedia.com

2. Pulau Karampuang

Pulau ini adalah merupakan sebuah pulau yang berada di Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Mamuju, Sulawesi Barat. Hanya berjarak 5 km dari pusat kota. Pulau ini adalah tempat wisata favorit masyarakat Mamuju. Untuk mencapai ke lokasi hanya bisa menggunakan perahu motor yang berada di Pelabuhan Mamuju, dengan biaya sebesar Rp30 ribuan dan memakan waktu sekitar 20 menitan.

Walaupun hanya bisa dilalui dengan perahu, tetapi tempat ini tidak pernah sepi. Selama perjalanan, sobat pariwisata akan dimanjakan dengan sepoi-sepoi angin serta bisa menatap segar jernihnya air laut. Setelah sampai dan menginjakkan kaki di Pulau Karampuang, sobat akan melihat jernihnya air laut berwarna biru dengan biota-biota bawah laut yang dilihat tanpa harus menyelam, serta terumbu-terumbu karang nan eksotis.

Di pulau ini terdapat dermaga kayu dengan panjang 600m yang menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan bawah laut ini. Keindahan bawah laut di sini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Dari dermaga kayu, sobat pariwisata bisa melihat keanekaragaman terumbu karang serta ikan-ikan laut seperti ikan kakak tua dahi bulat (ikan bumphead) dan ikan badut.

Untuk menikmati panorama ini, sobat tidak harus menceburkan diri ke dalam air, semuanya bisa terlihat dari permukaan. Namun, jika tergoda dan ingin menikmatinya, sobat pariwisata juga bisa berenang atau bersnorkeling. Nah, bagi sobat pariwisata yang ingin bermalam di sini, terdapat beberapa pondok penginapan yang bisa dipilih. Pondok tersebut dibuat dari anyaman bambu lho, sehingga membuat suasana semakin nyaman dan merasakan suasana alam yang khas.

Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusung Toraja, foto: djawanews.com

3. Pulau Gusung Toraja

Pulau yang satu ini memiliki pasir yang putih bersih sehingga sering disebut juga sebagai Pulau Pasir Putih. Meski pulau ini tidak berpenghuni, namun nggak usah khawatir, karena sudah ada fasilitas yang disediakan pemerintah setempat seperti bangunan dan gazebo yang bisa sobat pariwisata gunakan untuk meletakkan barang bawaan. Namun sobat pariwisata harus membawa bekal yang cukup karena tidak ada satupun penjual makanan atau menyewakan perlengkapan menyelam. Di pulau ini kita dapat menyelam sambil menikmati indahnya terumbu karang. Pemandangan sunrise dan sunset di pulau ini juga tidak kalah indah, jadi sangat disayangkan jika sobat pariwisata tidak menyempatkan diri ke pulau ini, saat berkunjung ke provinsi Sulawesi Barat.

Air Terjun, Limbong-Kamandang

Air Terjun, Limbong-Kamandang, foto paceko.com

4. Air Terjun Limbong Kamandang

Destinasi wisata berikutnya adalah wisata yang berupa air terjun, yang dikenal dengan sebutan Air Terjun Limbong Kamandang. Air terjun ini terletak sekitar 35 km dari Kota Polewali, destinasi wisata ini menyajikan indahnya pemandangan yang eksotis, sehingga tidak heran lagi bila tempat ini selalu diminati wisatawan. Tidak hanya air terjun yang bisa sobat pariwisata nikmati, dilokasi ini terdapat agrowisata lhoo. Di tempat ini kita bisa mendapatkan buah-buahan yang masih segar dan alami.

Wisata Air Terjun Tamasapi

Wisata Air Terjun Tamasapi, foto: medcom.id

5. Air Terjun Tamasapi

Masih ada lagi wisata air terjun yang nggak kalah menarik dari Air Terjun Limbong Kamandang. Namanya Air Terjun Tamasapi, air terjun ini memiliki ketinggian hingga 75 meter, dengan air yang berasal dari sungai Tamasapi. Untuk mencapai tempat wisata ini, sobat pariwisata harus berjalan kaki sejauh 1 kilometeran.

Namun jarak tersebut tentu tidak akan membuat berat langkah kita, justru kita akan menikmati langkah demi langkah karena suasana jalan menuju air terjun ini sangat sejuk dan asri. Nah, saat musin durian tiba, sobat pariwisata bisa membelinya dari penduduk setempat tentunya dengan harga yang lebih murah. Sobat pariwisata bisa duduk santai sambil memandang keindahan air terjun serta menikmati durian, tentu ini akan terasa lebih nikmat. Air terjun ini cukup deras lhoo! Namun jika sobat pariwisata ingin bermain air, tetap bisa dilakukan di sekitar air terjunnya.

Itulah 5 destinasi wisata pilihan redaksi, semoga bisa menjadi pilihan sobat pariwisata juga ya! Selamat berlibur, jangan lupa tetap melaksanakan protokol kesehatan, supaya tubuh kita selalu terjaga kesehatannya. Salam Pariwisata Indonesia

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )