5 Spot Wisata Anti Mainstream di Jawa Barat

5 Spot Wisata Anti Mainstream di Jawa Barat

Kamu Udah Pernah Ke Sini, Belum Gaaees?

Sobat Pariwisata, berencana liburan muter-muter di seantero Jawa Barat? Kami punya rekomendasi asyik nih. Dari daerah Cirebon, Sumedang sampe Bandung..

Yuuk Let’s go!

Taman Sari Goa Sunyaragi, Cirebon

Taman Sari Goa Sunyaragi, Cirebon, foto: mytrip.co.id

1. Taman Sari Goa Sunyaragi, Cirebon

Terletak di kawasan Kesambi, Taman Sari Gua Sunyaragi adalah sebuah situs peninggalan Kesultanan Cirebon. Masih menjadi bagian dari Keraton Pakungwati, Taman Sari Goa Sunyaragi siap memanjakan kamu dengan berbagai goa menarik. Ada Goa Peteng, Goa Pawon, Goa Pengawal, Goa Jumut, Goa Langse, Goa, Arga Junub, Goa Pandekemasang, Goa Kelanggengan yang bisa kamu jelajahi.

Di sekitarnya, terdapat taman yang dihiasi pepohonan rindang nan sejuk. Dengan luas 1,5 hektar, Taman Sari Goa Sunyaragi memiliki dua bagian, pesanggrahan dan goa. Yang bikin menarik adalah hadirnya fasilitas seperti kamar tidur, serambi, ruang rias hingga ruang ibadah tempo dulu yang biasa digunakan oleh keluarga kesultanan

2. Telaga Nilem, Kuningan

Telaga Nilem berlokasi di Desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan. Indahnya Telaga Nilem dikelilingi pepohonan rindang yang membuat udara sekitar telaga terasa sejuk dan asri. Kedalamannya pun bertingkat, mulai dari semata kaki, hingga sekitar 3-4 meter.

Di telaga ini, sobat bisa berendam sambil menikmati sejuknya udara yang berpadu dengan angin sepoi-sepoi. Airnya yang jernih membuat sobat dapat melihat dasar dari Telaga Nilem.

pariwisataindonesia.id

3. Waduk Jatigede, Sumedang

Berada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Waduk Jatigede merupakan danau buatan yang kelar dibangun pada 2015 lalu. Dengan kapasitas tampung air sebanyak 979,5 juta meter kubik, menjadikannya sebagai waduk yang terbesar kedua di Indonesia.

Gak heran, banyak wisatawan menyebut Waduk Jatigede sebagai kembaran Danau Toba. Lantaran dibangun di atas permukiman warga, waduk ini memiliki wisata ‘kota mati’, terutama saat musim kemarau tiba.

Saat air surut, kamu bisa melihat banyak petakan rumah yang ditinggalkan penghuni hingga taman makam yang sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun. Namun, kalau kamu nggak mau nunggu sampai musim kemarau, Waduk Jatigede juga asyik dinikmati saat musim hujan. Jika beruntung, sobat bisa bertemu dengan pelangi indah yang terbentuk di atas panorama menawan khas Waduk Jatigede.

pariwisataindonesia.id

4. Stone Garden, Bandung

Terletak di kawasan Gunung Masigit, Citatah, Bandung Barat, Stone Garden memang kalah pamor dengan Bukit Moko. Tapi sekali kamu menapakkan kaki di sana, dijamin terpukau dengan kemegahannya.

Situs geopark ini menyajikan bukit batu kapur dibalut rumput hijau dan latar belakang langit biru. Gak heran tempat ini sering dijadikan spot foto, baik untuk eksis di media sosial maupun foto prewed. Sebaiknya sobat sabar menunggu momen menuju matahari terbenam di sini, keindahannya bakal bikin stres sobat hilang seketika!

pariwisataindonesia.id

Stone Garden, Bandung

5. Rajamandala, Bandung

Bingung mau cari tempat wisata seru di Bandung? Tenang, kawasan Rajamandala menawarkan beberapa spot wisata yang seru banget buat liburan singkat kamu kali ini. Terletak di jalur Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Rajamandala setidaknya memiliki dua atraksi wisata alam yang menarik perhatian.

Mereka adalah Sanghyang Poek dan Sanghyang Heuleut. Khusus Sanghyang Poek, sobat bakal dibius dengan keindahan goa purbakala yang alami banget. Terbentuk tanpa ada campur tangan manusia, Sanghyang Poek menawarkan berbagai jenis stalaktit dan stalakmit yang berkilau.

Gak banyak wisatawan yang berkunjung ke goa ini, karena posisi yang cukup tersembunyi. Tetapi, Sanghyang Poek bakal jadi arena seru buat sobat pariwisata yang suka bertualang, mengingat goa ini cukup gelap untuk dijelajahi.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )