Pesona Tersembunyi Danau Labuan Cermin

Pesona Tersembunyi Danau Labuan Cermin

Salah Satu Destinasi Wisata Favorit di Kalimantan Timur

Pulau Kalimantan yang cukup terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang menjanjikan pesona keindahan alam yang ada di setiap provinsi di pulau ini. Salah satu provinsi di pulau Kalimantan yang menawarkan keindahan tersembunyi berupa wisata danau, ada di provinsi Kalimantan Timur. Dikenal khalayak ramai dengan sebutan Danau Labuan Cermin. Dikutip dari laman indonesiatraveler.id, yuk di simak ulasannya berikut ini:

Danau ini merupakan destinasi wisata alam yang terletak di hutan belantara timur Kalimantan. Kejernihan akan air di Danau Labuan Cermin sangat memanjakan mata setiap wisatawan yang datang berkunjung. Air di Danau nya begitu jernih. Saking jernihnya, sobat pariwisata dapat melihat dasar danau dengan pasir lautnya yang sangat cantik. Juga ikan-ikan nan cantik yang lewat lalu lalang menambah keindahan danau ini. Benar-benar jelas terlihat nyata lhoo!

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin, foto: dolanyok.com

Keunikan lainnya, air danau ini memiliki rasa asin yang akan terasa jika kita mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau ini memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga membuat cahaya matahari dapat memantul, makanya dinamakan Danau Labuan Cermin. Namuh demikian, kedua jenis air ini tidak pernah bercampur menjadi satu, bahkan dua jenis air ini juga memisahkan biota laut yang ada, ikan air asin berada dalam air asin sementara ikan air tawar berada hanya di dalam air tawar saja. Karena hal itu pula, danau ini pun juga suka disebut Danau Dua Rasa.

Jernihnya air danau sampai bisa melihat dasar danau. Hal ini terkesan danau ini sangat dangkal, untuk itu tetap harus waspada, karena sebenarnya kedalaman danau ini mencapai 4 sampai 5 meter. Menariknya lagi, warna air danau ini serupa dengan gradasi air laut, yaitu biru tua, biru muda, hijau toska, dan putih.

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin, foto IG of brinkleydavies

Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun dan hutan bakau yang masih asri terjaga kealamiannya, yang membuat suasana sangat teduh serta udaranya sangat sejuk dan segar. Selain menikmati suasana, sobat pariwisata juga dapat melakukan aktifitas lainnya seperti berenang, snorkeling dan menyelam. Airnya yang menyejukkan membuat hasrat berenang pun sulit tertahankan.

Danau Labuan Cermin ini, karena dekat dengan laut dan berada di hutan yang asri jangan heran akan menemukan satwa air seperti ikan-ikan sampai dengan penyu dan terumbu karang. Dari atas pun, keindahan biota dalam air ini sudah dapat dinikmati. Bagaimana kalau sambil menyelam dan bermain bersama mereka? Sungguh menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin, foto: Phinemo

Jika sobat pariwisata lupa membawa perlengkapan snorkeling dan menyelam, disini ada penyewaan peralatan snorkeling beserta pelampungnya di toko yang berlokasi di dermaga. Juga tersedia penyewaan ban dalam mobil, bahkan perahu air yang memiliki kaca transparan di bawahnya, yang dapat digunakan sobat pariwisata, yang hanya ingin bermain air atau bersantai di atas air danau.

Danau Labuan Cermin adalah salah satu objek wisata air yang berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tempat wisata alam ini dikelola oleh masyarakat sekitar bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin yang menaunginya. Untuk penginapan, bisa diperoleh di sekitar Biduk-Biduk dengan harga penginapan yang beragam, yaitu mulai dari seratus ribu rupiah hingga tiga ratus ribu rupiah per malamnya. Atau untuk para penganut perjalanan murah/backpacking, bisa juga menginap di rumah warga di sekitar Biduk-biduk.

Rute menuju Danau Labuan Cermin, apabila berangkat dari luar pulau Kalimantan, dapat menggunakan pesawat dengan tujuan pendaratan di Bandara Kalimarau, Kota Berau. Namun rute pesawat yang menuju Kota Berau biasanya transit terlebih dahulu di Bandara Balikpapan. Namun tidak perlu khawatir karena transit ini biasanya tidak memakan waktu yang lama, dan pesawat akan segera berangkat lagi langsung menuju Bandara Kalimarau, Kota Berau. Setelah tiba di bandara, sobat pariwisata dapat menggunakan jasa Travel untuk langsung menuju lokasi Danau Labuan Cermin. Perjalanan dari bandara menuju lokasi memakan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )