Jokowi Sapa Masyarakat di Kawasan Malioboro, Walhasil Bantuan Tunai Bagi PKL Menggelontor

Joko Widodo, Umi Kalsum Founder dan CEO Media PVK Group,Berita Kemensetneg,Jokowi Sapa Masyarakat di Kawasan Malioboro,Media PVK Group,Media PVK Group dengan 10 Situs Pariwisata dan E Magazine,Media Resmi Pariwisata Indonesia,Pariwisata Indonesia,Presiden Joko Widodo,Program Bantuan Tunai Bagi PKL dan Pelaku Usaha Warung-warung Kecil Digelontorkan dan Resmi Brlaku se Indonesia Dimulai dari Malioboro,Website Resmi Pariwisata Indonesia
Presiden RI Joko Widodo menyapa warga saat mengunjungi kawasan Malioboro, Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021) / Foto: Akun Resmi Presiden Republik Indonesia.

DIY, PariwisataIndonesia.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan kerja ke Daerah Istimewa Yogyakarta (disingkat DIY), sekaligus menyempatkan untuk menyapa warga di kawasan Malioboro yang populer dengan sebutan Kota Gudeg.

Dalam keterangan resminya itu, agenda kerja Jokowi  mengamini program bantuan tunai untuk pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku usaha warung-warung kecil yang pertama kali digelontorkan dan resmi berlaku se Indonesia (kebijakan Pemerintah itu, red) dimulai dari Malioboro.

“Bantuan ini dimulai pertama kali di kawasan Malioboro,” kata Jokowi seperti yang disiarkan melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, pada Sabtu (9/10).

“Dengan mengucap ‘Bismillahirrahmanirrahim’ bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung-warung kecil lewat TNI dan Polri saya nyatakan dimulai,” sambungnya.

Terkait hal itu, redaksi menyertakan potret kesederhanaan Kepala Negara di medsos @Jokowi sebagai foto headline PariwisataIndonesia.ID yang menampilkan momen Presiden mengenakan kaos putih berlengan panjang.

Di gambar tersebut, sembari berjalan kaki, Presiden juga melambaikan tangan kepada para pedagang dan pengunjung di Jalan Malioboro, Yogyakarta, dan terlihat di sebelah Jokowi, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Bantuan tunai tersebut, lanjut Jokowi, nantinya akan disalurkan kepada 1 juta PKL dan pelaku usaha warung-warung kecil di Indonesia dengan besaran bantuan masing-masing senilai Rp1,2 juta.

Di tengah sambutan Presiden, Jokowi bertanya kepada para pelaku PKL, “kurang endak?”, lantas terdengar sorak sorak gembira, bisa jadi, sebagai tanda ‘klop’ alias setuju.

Sambung Kepala Negara lagi, “Rp1.200.000 menurut itungan kita cukup,” sebut Jokowi.

Mantan walikota terbaik dunia “World Mayor Project 2012” yang dinobatkan oleh The City Mayors Foundation adalah sebuah yayasan walikota dunia berbasis di Inggris ikut marasakan bahagia, semoga paket kebijakan ini dapat meringankan beban mereka.

Ketua Koperasi Paguyuban PKL Malioboro Tri Dharma, Rudiarto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pak Jokowi.

“Kami atas nama segenap komunitas PKL, andong, becak yang ada di kawasan Malioboro sangat bersyukur dan sangat-sangat terima kasih,” kata Rudiarto.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Wali Kota Yogyarakarta Haryadi Suyuti. (eh/Muslimin)