Pemerintah Serius Percepat Pemulihan Pariwisata Indonesia, Presiden Apresiasi Kemenparekraf Simulasi Protokol 3K

Berita Pariwisata, Pariwisata Indonesia, Media Pariwisata Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Wishnutama Kusubandio, Pariwisata di Indonesia, Presiden Joko Widodo Protokol 3, Pariwisata Indonesia, Website Pariwisata Indonesia, Pariwisata,
Presiden Jokowi memberikan sambutan secara virtual dalam simulasi Protokol 3K

PariwisataIndonesia.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir dalam simulasi Protokol (Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan) atau Protokol 3K di Labuan Bajo, NTT(12/11). Ia mengusulkan ke Kementerian Keuangan untuk memberikan anggaran subsidi kepada maskapai penerbangan yang melayani 13 destinasi wisata di Indonesia. Labuan Bajo ditetapkan sebagai lokasi pertama gelar simulasi Protokol 3K.

“Subsidi itu menjadi penting. Semua stakeholder setuju termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Karena itu, kami akan menghadap Menteri Keuangan untuk subsidi diberikan kepada 13 destinasi wisata,” katanya pada kegiatan simulasi Protokol 3K mendukung Kemenparekraf di Labuan Bajo, NTT, Kamis(12/11).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, menggelar kegiatan simulasi Protokol 3K untuk kemajuan pariwisata dan dilakukan secara terintegrasi bersama kementerian dan lembaga terkait, demi menciptakan rasa nyaman.

“Jadi memang untuk membuat pariwisata itu maju, bukan hanya keindahan alam, infrastruktur, budaya, dan masalah pemasaran, tetapi juga kita harus menciptakan rasa aman dan rasa aman bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, rasa aman menjadi hal yang sangat penting menuju kemajuan pariwisata,” kata Menteri Wishnutama, di Labuan Bajo, Kamis(12/11).

Ditambahkan, “Kegiatan simulasi ini tidak mungkin terwujud tanpa dukungan dari semua pihak. Dan saya rasa ini merupakan hal yang penting untuk menuju pariwisata Indonesia yang jauh berkualitas,” terima kasih Menparekraf.

Presiden Joko Widodo(Jokowi) turut memberikan sambutan secara virtual dan mengapresiasi langkah Kemenparekraf menggelar simulasi Protokol 3K di destiasi wisata super prioritas, Labuan Bajo, NTT.

Peserta virtual ini juga dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Berikutnya juga ada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Kepala Badan Nasional dan Pertolongan Bagus Puruhito.

Hadir juga secara virtual ada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Doni Monardo, Kepala BMKG Prof. Dwikorita Karnawati, Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira, dan Dirut BOPLBF Shana Fatina.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan agar simulasi Protokol 3K juga dilaksanakan di destinasi pariwisata Mandalika, NTB, sebagai persiapan GP Mandalika.

“Nanti persiapan Moto GP di Mandalika, kita perlu melakukan simulasi seperti ini. Karena berdasarkan pengalaman saya kalau kita rutin melakukan simulasi, maka akan memperkecil kemungkinan terjadi kesalahan, karena semua tahu siapa berbuat apa, dan risikonya dapat dihitung dengan baik,” tutur Menteri Luhut yang hadir dalam kegiatan simulasi protokol 3K di Labuan Bajo, NTT, Kamis(12/11).

Menteri Luhut berpendapat bahwa Indonesia saat ini telah berubah menuju lebih baik, “Indonesia secara keseluruhan makin tertib dan padu. Dengan simulasi ini pula pemerintah menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia siap menerima wisatawan kembali.” kata Menteri Luhut.

Follow: @pariwisataindonesiaofficial, pariwisataindonesiaofficial