PPKM Darurat, Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Hadirkan Konten Kreatif

umi kalsum founder dan ceo media pvk group,DI TENGAH PPKM DARURAT MENPAREKRAF SANDI DORONG PELAKU EKRAF HADIRKAN KONTEN KREATIF,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF (MENPAREKRAF) DAN KEPALA BADAN PAWISATA DAN EKONOMI KREATIF (BAREKRAF),MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF SANDIAGA SALAHUDDIN UNO,PARIWISATA INDONESIA,PPKM DARURAT,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Dok.Humas Kemenparekraf)

Pariwisataindonesia.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku usaha khususnya di sektor ekonomi kreatif dapat menghadirkan konten kreatif di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Baca juga :  Menparekraf: 3 Juta Target Vaksinasi Per Hari Harus Dikolaborasikan Bersama Para Stakeholder

Menparekraf Sandiaga Uno, dalam acara NGANTRI (Ngobrol Bareng Mas Menteri) edisi “Yang DARURAT bukan cuma PPKM!!! Mas Menteri juga, siap-siap nih diroasting Marshel”, yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf, kutip Redaksi Pariwisata Indonesia, Jumat (16/7).

Lebih lanjut, sambungnya, di tengah pandemi COVID-19 ada beberapa sub sektor ekonomi kreatif yang menunjukkan peningkatan secara signifikan karena mampu beradaptasi dengan transformasi digital.

Terlebih lagi di masa PPKM Darurat yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah saja, membuat arus digitalisasi berkembang semakin besar. Hal tersebut, dikatakan Sandi berpotensi membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Untuk itu, di tengah PPKM darurat ini, pihaknya ingin agar seluruh masyarakat bisa saling mendukung sektor ekonomi kreatif, dengan menghadirkan konten-konten yang kreatif dan inovatif.

“Salah satunya adalah dengan menjadi entrepreneur (wirausaha) dan membuka lapangan kerja, seperti pada bidang yang kini sedang berkembang pesat di sektor ekonomi kreatif dan berkaitan dengan kreativitas seperti kuliner, fesyen, aplikasi, atau konten digital,” ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandi juga membeberkan data tahun 2019, katanya, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp1,105 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Dia menilai, dari data tersebut terungkap bahwa jika Amerika dikenal dengan Hollywood, dan Korea Selatan dengan K-Popnya, maka Indonesia didapuk peringkat ke tiga dengan sektor ekonomi kreatifnya.

“Di tengah situasi yang sulit ini, kita semua harus optimis ekonomi bangkit. Karena Indonesia alamnya indah, kreativitas tinggi dan memiliki keinginan tinggi untuk terus berinovasi demi menyelesaikan masalah secara gotong royong. Insya Allah kita bisa bangkit di saat sulit, menang melawan COVID-19, together, yes we can do it,” tutup Sandi.

Dalam kesempatan tersebut, Konten Kreator, Marshel Widianto juga membagikan kisahnya yang sempat dipandang sebelah mata. Tapi akhirnya sukses menciptakan sebuah karya dan menjadi pemenang kompetisi Stand Up Comedy.

Marshel juga sangat bangga karena dapat berkarier di dunia komedi yang merupakan salah satu bagian dari sektor ekonomi kreatif dan kiprah Marshel, kini semakin eksis di Indonesia.

“Melihat perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia terus lihat Mas Menteri tuh jadinya teringat UMKM, Untung Menterinya Kamu Mas,” roasting Marshel yang diiringi tawa Menparekraf Sandiaga. (Red)