Upacara Serah Terima Jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Wishnutama berharap Sandiaga dapat mengatasi dampak pandemi Corona pada sektor parekraf
Berita Menparekraf, Berita Menteri Sandi, Wishnutama Mantan Kemenparekraf, Pariwisata Indonesia, Explore Indonesia, Berita Pariwisata, Halo Indonesia, Indonesia Tourism and Investment, Pariwisata Indonesia, Berita Menparekraf, Berita Menteri Sandi, Wishnutama Mantan Kemenparekraf, Pariwisata Indonesia, Explore Indonesia, Berita Pariwisata, Halo Indonesia, Indonesia Tourism and Investment, Media Online Pariwisata Indonesia, Situs Pariwisata, Bali, Indonesia
Foto : Dok.Biro Komunikasi Kemenparekraf

PariwisataIndonesia.id – Rabu 23 Desember 2020, Upacara serah terima jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, yang berlangsung di di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta.

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 133/P/Tahun 2020, Tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Memutuskan dan Menetapkan Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam sisa jabatan periode 2019-2024 menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Acara serah terima jabatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan naskah serta dokumen kepada Sandiaga Uno sebagai Menparekraf yang baru periode 2020-2024.

Pariwisata Indonesia, Berita Menparekraf, Berita Menteri Sandi, Wishnutama Mantan Kemenparekraf, Pariwisata Indonesia, Explore Indonesia, Berita Pariwisata, Halo Indonesia, Indonesia Tourism and Investment, Media Online Pariwisata Indonesia, Situs Pariwisata
Foto : Istimewa

Naskah dan dokumen yang diterima Sandiaga Uno terdiri atas rencana strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2020-2024 serta peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif nomor 1 tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Dalam pidato terakhirnya Wishnutama mengucapkan selamat dan memberikan pesan-pesan untuk Sandiaga Uno. “Beliau ini (Sandiaga Uno) orang yang saya kagumi sejak lama dan saya yakin di bawah kepemimpinan beliau, pariwisata dan ekonomi kreatif akan jauh lebih baik ke depan,” kata Wishnutama.

“Setahun belakangan ini kita menghadapi pandemi yang sangat besar sekali khususnya yang menghantam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini adalah tantangan yang luar biasa dan tentunya akan menjadi tantangan yang juga luar biasa bagi Bang Sandi ke depannya,” ungkap Wishnutama.

Wishnutama menjelaskan, sebanyak 13 juta orang yang bekerja di sektor wisata terdampak pandemi COVID-19. Begitupun dengan di sektor ekonomi kreatif yang jumlahnya nyaris 20 juta orang. Inilah nantinya yang akan menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaikan Sandiaga Uno sebagai Menparekraf.

“Saya tetap yakin di bawah kepemimpinan Bang Sandi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kita bisa bangkit dan jauh lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Wishnutama lagi.

Sebelumnya, Sandiaga Uno telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Dalam pelantikan itu, ia sempat bercerita mengenai perjuangannya untuk sembuh dari COVID-19. Dalam sambutannya ia mengungkapkan beberapa hal. Diantaranya betapa pentingnya sisi kesehatan pada masa pandemi Covid-19 ini. “Kita harus betul-betul jaga protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Saya ingatkan sekali lagi bahwa 3M itu sangat penting,” kata Sandiaga

Sandiaga juga menyebut soal pentingnya protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) yang diterapkan di sektor pariwisata. “Kita harus pastikan bahwa kita bisa mengatasi sisi kesehatan sebelum kita bicara sektor-sektor kebangkitan ekonomi kita terutama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” sambung dia.

Kolaborasi, kata Sandiaga, jadi hal yang sangat penting agar bisa bersama-sama memulihkan kesehatan bangsa. Termasuk agenda pembangunan, ekonomi, dan tentunya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Harapan Sandiaga Uno untuk Wishnutama Selain menyampaikan pentingnya sisi kesehatan, ia juga mengungkapkan harapannya untuk Menparekraf sebelumnya, Wishnutama Kusubandio. “tentunya saya ingin mengucapkan penghargaan tertinggi terhadap mas menteri, mas Tama.

Talenta terbaik yang dimiliki masa ini. Tentunya kita doakan beliau tidak berhenti berkarya tapi terus memberikan sumbangsih terbaik,” papar Sandiaga. Ia juga berharap Wishnutama untuk tidak benar-benar pergi dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan menjadi mentor untuk Kemenparekraf untuk kegiatan-kegiatan yang sangat penting.

Sandiaga juga menyampaikan beberapa pesan dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Ia mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi memberikan waktu yang satu tahun untuk ia kembali fokus mempersiapkan lima destinasi super prioritas.

Selain soal destinasi super prioritas, ada pula Calendar of Events dan juga inovasi produk wisata yang perlu dilakukan selama satu tahun ke depan. “Wapres menambahkan tentunya menjalankan protokol Covid dengan disiplin. Beliau mengingatkan sektor ekonomi kreatif sebagai penghela ekonomi kita, pencipta lapangan kerja supaya mendapatkan pendekatan yang betul-betul holistik,” imbuh dia.

Di akhir sambutannya, ia mengungkapkan waktu yang dimiliki memang tidak banyak untuk menyusun rencana dan strategi ke depan. Dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara.