Wisnu Bawa Tarunajaya Upayakan Pramuwisata dan Pengelola Desa Wisata Se Indonesia Bangkit, Begini Katanya.. “

Menggelar Pelatihan Tur Virtual, Bertransformasi ke Digital
Kemenparekraf Gelar Pelatihan Virtual Tur Digital, Pariwisata Indonesia, Media PVK, PVK Group, Umi Kalsum
Salah satu destinasi tujuan wisata di Indonesia / Foto.Dok.Kemenparekraf

PariwisataIndonesia.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar pelatihan pembuatan tur virtual kepada para pemandu wisata atau pramuwisata dan pengelola desa wisata sebagai upaya percepatan adaptasi dan pemanfaatan peluang di masa pandemi COVID-19 sekaligus mendorong percepatan transformasi SDM pariwisata berbasis digital.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya, pada Jumat (28/8/2020), mengatakan, pandemi COVID-19 menuntut SDM pariwisata untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru dan bertransformasi ke arah digital, salah satunya saat memandu wisata.

“Maka, sebagai upaya percepatan adaptasi baru, untuk bertransformasi dari manual menjadi digital, diperlukan peningkatan pemahaman dan pembekalan dalam penguasaan teknologi bagi para pramuwisata dan pengelola desa wisata, agar mereka tetap produktif dan dapat bersaing secara digital,” kata Wisnu Bawa Tarunajaya.

Wisnu membuka pelatihan tersebut secara resmi pada Rabu (26/8/2020).

Pelatihan tur virtual ini dilakukan secara daring, kemenparekraf, media pvk, pariwisata indonesia
Pelatihan Tur Virtual secara Daring / (Foto: Humas Kemenparekraf)

Pelatihan tur virtual ini dilakukan secara online/daring dan terbagi dalam dua tahap berdasarkan wilayah regional. Yaitu regional I (Sumatera dan Jawa) dan regional II (Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat).

Untuk tahap I, diberikan bagi pramuwisata dan pengelola desa wisata wilayah Regional II, dengan durasi waktu selama 10 hari untuk masing-masing Batch (4 Batch). Pelatihan untuk tahap I ini berlangsung dari 26 Agustus hingga 25 September 2020.

Yuk dibaca ke halaman selanjutnya.. “