Maria Wawo, Wisata Baru Pilihan Sandiaga Uno

PariwisataIndonesia.ID – Maria Wawo belakangan ini dipilih Kemenparekraf dalam kegiatan sosialisasi. Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno pun membeberkan mengapa desa wisata ini yang ditunjuk.

Menurut Sandiaga, Desa Wisata Maria Wawo terkenal dengan wisata adat budayanya. Seperti Uma Lengge yang merupakan bangunan tradisional Suku Mbajo.

“Ini yang kita dorong, serta saya juga menginstruksikan kepada jajaran Kemenparekraf untuk memberikan pendampingan terkait homestay dan perlengkapan kebersihan di sini,” ujar dia dalam keterangan pers yang Kompas.com terima, Senin (14/6/2021).

Lantas, seperti apa daya tarik yang dimiliki Desa Wisata Maria yang membuat Menparekraf Sandiaga Uno sampai meminta jajarannya untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat di sana?

Desa wisata Maria Wawo memiliki keunikan daya tarik wisata Budaya Uma Lengge yaitu bangunan yang dipakai untuk menyimpan padi, jagung dan hasil bumi lainnya.

Desa wisata maria merupakan pusat kegiatan budaya Suku Mbojo yang dikenal Festival Uma Lengge dengan kegiatan budaya andalan Sanggele dan Makatua yaitu event wisata budaya tahunan yang dilaksanakan Pengurus desa wisata, Bumdes dan Kelompok Sadar wisata.

Desa wisata Maria memiliki kedekatan hubungan desa maria Utara wisata agro kopi dan kemiri.

Begitu pula kedekatan dengan wisata budaya Ntumbu desa Ntori dan dan Desa Riamau yang memiliki air terjun sehingga integrasi paket wisata sangat menarik.

Desa Wisata Maria juga memiliki hubungan yang baik dengan desa wisata agro bawang merah di desa wisata Sari Kecamatan Sape, Desa wisata Kuliner Bugis Kecamatan Sape, Desa wisata Soro pantai membelah Laut dan desa wisata Lambu Pantai Pink dan Pulau kelapa.