Pemilihan Mas Mbak Wonosobo 2021, Ini Kata Ketum PAMMBOS Masa Bakti 2021-2023

umi kalsum founder dan ceo media pvk group,BUPATI WONOSOBO H. AFIF NURHIDAYAT S.AG.,DIAN AYU ANGGRAINI,DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN WONOSOBO,DUTA WISATA MAS MBAK KABUPATEN WONOSOBO,FATKHUL NURSAFAAH,HARI JADI WONOSOBO YANG KE-196 TAHUN,KEPALA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN WONOSOBO AGUS WIBOWO,MAS MBAK WONOSOBO 2021,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PAGUYUBAN MAS MBAK WONOSOBO (PAMMBOS),PARIWISATA INDONESIA,SITUS RESMI PARIWISATA INDONESIA,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA, Ketua Umum Paguyuban Mas Mbak Wonosobo (PAMMBOS) Ibnu Abdulloh
Ibnu Abdulloh selaku Ketua Umum Paguyuban Mas Mbak Wonosobo (PAMMBOS) Periode 2021-2023 (Foto: Istimewa)

PariwisataIndonesia.id – Redaksi Pariwisata Indonesia berkesempatan mewawancarai Ketua Umum Paguyuban Mas Mbak Wonosobo (PAMMBOS), Ibnu Abdulloh melalui sambungan telepon, pada Kamis (5/8).

Ditetapkan Jadi Pemenang Mas Mbak Wonosobo 2021, Fatkhul dan Dian Siap Emban Amanah Promosikan Wisata  <<< Sebelumnya

Mengawali percakapan, menanyakan soal penyelenggaraan pemilihan Mas Mbak Wonosobo Tahun 2021 yang sukses digelar di ballroom hotel Dafam Wonosobo, pada Selasa (3/8) lalu.

“Kita menjaring sebanyak-banyaknya anak muda yang mereka tersebut harus putra daerah dan tinggal di Wonosobo serta mau berjuang bersama-sama untuk memajukan dan mensejahterakan Wonosobo,” kata Pria single borzodiak Aquarius.

Selain itu, Ibnu juga membocorkan organisasi yang ia komandoi berada di bawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo.

Dirinya terpilih menjadi Ketum PAMMBOS pada tanggal 21 maret 2021, sambungnya, “Ajang ini untuk menganugerahi gelar sebagai ‘ikon positif’ pemuda pemudi yang bertanggung jawab dan amanah dalam memajukan pariwisata di Wonosobo,” tambahnya.

Menelisik tema “Ayo Bangkit” menurutnya, semacam slogan untuk memotivasi dan penyemangat seluruh elemen agar bangkit bersama meski di tengah situasi pandemi.

Saat ditanyakan pasangannya, jebolan dari kampus Politeknik Dharma Patria Kebumen merahasiakan siapa nama kekasihnya.

Dalam wawancara terungkap pula kalau Ibnu gemar travelling, suka berorganisasi dan memaknai nilai kejujuran di segala kehidupannya. Prinsip tersebut senantiasa dipegang teguh dan dijunjung tinggi.

Ibnu adalah sosok pemuda berjiwa sosial dan memiliki rasa percaya diri yang begitu besar. Wajar saja banyak pihak menaruh harapan kepadanya atas kepemimpinannya di PAMMBOS.

umi kalsum founder dan ceo media pvk group,BUPATI WONOSOBO H. AFIF NURHIDAYAT S.AG.,DIAN AYU ANGGRAINI,DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN WONOSOBO,DUTA WISATA MAS MBAK KABUPATEN WONOSOBO,FATKHUL NURSAFAAH,HARI JADI WONOSOBO YANG KE-196 TAHUN,KEPALA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN WONOSOBO AGUS WIBOWO,MAS MBAK WONOSOBO 2021,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PAGUYUBAN MAS MBAK WONOSOBO (PAMMBOS),PARIWISATA INDONESIA,SITUS RESMI PARIWISATA INDONESIA,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA, Ketua Umum Paguyuban Mas Mbak Wonosobo (PAMMBOS) Ibnu Abdulloh
Ajang Pemilihan Mas Mbak Wonosobo 2021 Sukses Digelar (Foto: Syntesa Studio/Khasbiantoro)

Wawancara berlanjut ke seputar pelaksanaan pemilihan “Mas Mbak Wonosobo Tahun 2021” yang terlihat sedikit berbeda dari biasanya. Kali ini, diselenggarakan dengan sistem luring dan daring dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Mengomentari hal tersebut, diungkapkannya, babak grand final pemilihan Duta Wisata Mas Mbak Kabupaten Wonosobo adalah puncak acara yang seru dan mengasyikkan serta berhasil menetapkan Fatkhul Nursafaah dan Dian Ayu Anggraini sebagai pemenang di ajang “Mas Mbak Wonosobo 2021” pada Selasa (3/8) lalu.

Dia menerangkan, di puncak acaranya tersebut tidak menghadirkan penonton hanya ada sejumlah dewan juri, peserta finalis, panitia dan jajaran petinggi di lingkungan Disparbud Kabupaten Wonosobo serta kameraman, karena katanya, disiarkan secara langsung.

Kemudian, katanya, seluruh finalis, panitia, dan pengisi acara sudah melaksanaan self assesment covid-19, vaksinasi, dan Swab Antigen dengan hasil negatif.

Ibnu menambahkan, “turut dihadiri secara virtual oleh Bupati Wonosobo, H. Afif Nurhidayat, S.Ag. beserta istri melalui video conference zoom meeting dari Pendopo Kabupaten Wonosob,” imbuhnya.

Ia juga membeberkan seluruh nama yang bertindak sebagai dewan juri pada pemilihan Duta Wisata Mas dan Mbak Kabupaten Wonosobo, antara lain:

  1. Sri Rahayu, S.Sos., M.I.Kom Dosen dan Akademisi di Universitas Sains Alquran Jawa Tengah di Wonosobo
  2. Eunike Martanti, S.Sos. Owner Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant, Pemerhati Wisata, dan Mbak Jawa Tengah 1990
  3. Endang Lisdyaningsih, S.Hut., M.M. Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo
  4. Arma Deni Kurniawan, S.Kom. Creativeprenuer, Content Creator, Founder @aroundme
  5. Adesti Apriani, Puteri Indonesia Kepulauan Riau, Puteri Indonesia Favorit Kepulauan Sumatera
  6. Choirul Anwar, Anggota Dewan Pembina PAMMBOS, Ketua HIPMI Wonosobo, Founder JBI
  7. Abdurrahman Rifai, S.E., Mas Wonosobo 2015, Anggota Dewan Pembina PAMMBOS, Sekretaris PKK Kabupaten Wonosobo
  8. Ibnu Abdulloh, Ketua PAMMBOS, Mas Wonosobo 2016, Mas Jawa Tengah Runner Up 3 2016
  9. Milenia Fisabilillah Santoso, Wakil Ketua PAMMBOS, Mbak Wonosobo 2018, Mbak Jawa Tengah Runner Up 1 2018
  10. Ahmad Falah, S.Akun., Ketua PAMMBOS Periode 2018-2021
  11. Ali Khasyful Gita, Mas Wonosobo 2017, 10 Besar Mas Jawa Tengah 2017

Selanjutnya, Ibnu menceritakan kurun waktu pelaksanaan pemilihan Duta Wisata tersebut dari awal sampai puncak acara.

“Sejak pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Mei hinga 30 Juni 2021, terjaring peserta sebanyak 127 orang,” ujarnya.

Dia mengatakan, mereka yang lolos dari seleksi pertama baru bisa berlanjut ke tahapan lomba.

“Sebelumnya, musti memenuhi persyaratan utama, seperti usia 17 sampai 25 tahun, belum menikah, pendidikan minimal SLTA, dan peduli untuk memajukan Wonosobo. Pada seleksi pemberkasan tersebut dilakukan secara online sampai tanggal 10 Juli,” ucapnya.

Di babak penyisihannya, menjaring 60 peserta untuk mendapatkan 30 kategori ‘”Mas” dan 30 “Mbak”, mereka tersebut mendapatkan pembekalan dan di tes 70% yang meliputi seperti brain, beauty, behavior, dan brave. Dilanjutkan dengan wawancara mendalam dari dewan juri, dan sisa 30% diuji pada saat grand final.

Tak lupa pula, Ketum PAMMBOS mengajak masyarakat yang peduli pariwisata dan kebudayaan di Indonesia untuk turut serta meramaikan podcast “aku cintagram” dan akan disiarkan langsung melalui instagram wonosobozone, pada Sabtu (7/8) besok.

Di acara tersebut, “Fatkhul Nursafaah dan Dian Ayu Anggraini yang dinobatkan menjadi pemenang dalam ajang Mas Mbak Wonosobo 2021 tampil mengudara dan menyapa warga Wonosobo. Mari ramaikan acaranya,” pinta Ibnu.

Di akhir wawancara, Ketum PAMMBOS menuturkan, acaranya berlangsung sukses. Sekaligus menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak, terutama Dewan Pembina PAMMBOS.

Terlebih lagi kepada Kedisparbud dan Bupati serta jajarannya maupun seluruh sponsor yang sudah mendukung acara tersebut. (Mariana Au/Soet/Eh)