5 Candi Gratis di Magelang

Beberapa Diantaranya tidak Mematok Tiket Masuk alias Gratis-tis
Pariwisata Indonesia

Magelang memang terkenal dengan Candi Borobudurnya. Meskipun tidak lagi masuk dalam tujuh keajaiban dunia, Borobudur tetap menjadi salah satu karya sejarah yang membanggakan bangsa Indonesia. Namun selain Borobudur, Magelang ternyata memiliki banyak candi lain, loh. Bahkan beberapa diantaranya tidak mematok tiket masuk alias gratis-tis. Penasaran dimana saja lokasinya? Berikut 5 candi di Magelang yang bisa dinikmati gratis.

Pariwisata Indonesia

1.Candi-candi Sengi

Kompleks Candi Sengi yang terdiri dari tiga candi, Candi Asu, Candi Pendem, dan Candi Lumbung, berada di dua kecamatan yang berdekatan di Magelang. Candi Asu dan Candi Pendem hanya berjarak 300 meter dan terletak di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Magelang. Sementara untuk menuju lokasi Candi Lumbung yang ada di Dususn Tlatar, Desa Krgowanan, Kecamatan Sawangan, Sobat Pariwisata harus menyeberang jembatan dan menempuh perjalanan sekitar 800 meter.

Ketiga candi ini diperkirakan dibuat pada abad ke-9 hingga ke-10 masehi di masa Kerajaan Mataram Kuno.

Pariwisata Indonesia

2.Candi Retno

Candi ini terletak di Dukuh Bandungan, Desa Candiretno, Kecamatag Secang, Magelang. Candi Retno ini tidak lagi menyisakan bangunan utuh, hanya pondasi dan batu yang berserakan. Di candi ini Sobat Pariwisata bisa menemukan sebuah Yoni yang cukup besar serta sebuah arca Nindi.

Lokasi Desa Candiretno sendiri diduga menjadi permukiman pada masa Mataram Kuno karena banyaknya benda cagar budaya yang ditemukan di daerah ini.

Pariwisata Indonesia

3.Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari terletak di Desa Ngasem, Kelurahan Gulon, Kecamatan Salam, Magelang. Candi ini disebut-sebut sebagai sesepuh candi-candi yang ada di Pulau Jawa karena perkiraan usianya yang sudah tua. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-6 sampai ke-8.

Letaknya yang berada di atas bukit, membuat candi ini menawarkan pesona tersendiri. Berada di sini, jauh dari keramaian, rasa-rasanya kembali ke zaman nenak moyang.

Pariwisata Indonesia

4.Candi Losari

Candi Losari pertama kali ditemukan pada 12 Mei 2004 di kebbun salak salah satu warga. Candi yang berasa di kedalaman 4 hingga 5 meter ini berada di Dusun Losari, Desa Salam, Kecamatan Salam Magelang. Meski pernah tertimbun lahar dingin, candi ini masih tetap utuh, loh. Lokasinya yang tertata serta bangunannya yang terawat membuat Candi Losari menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi para wisatawan.

Pariwisata Indonesia

5.Candi Gunung Wukir

Candi Gunung Wukir, Candi Canggal, atau Candi Shiwalingga berada di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Magelang. Beradasarkan prasasti Canggal yang juga ditemukan di lokasi ini, Candi Gunung Wukir diperkirakan dibangun oleh Raja Sanjaya pada tahun 732 Masehi.

Candi yang terletak di bukit belakang dusun penduduk ini memiliki mitos unik, loh. Jika pengunjung datang bersama pasangan maka mereka akan berjodoh.

Meskipun tidak dipungut tiket masuk, ada baiknya Sobat Pariwisata menyisihkan sedikit uang untuk biaya pemeliharaan candi-candi tersebut, agar mereka tetap terawat sebagai situs peninggalan sejarah yang bisa kita banggakan. Setuju?(RPI/Nita)