Pariwisata Indonesia: Mengenal Baju Adat Jambi

Aksesoris yang melekat di baju adat Jambi, penampilannya begitu cantik dan mewah. Berikut ulasannya.
PariwisataIndonesia.MengenalBajuAdatJambi
Baju Pengantin Adat Jambi / Ilustrasi foto: Tangkapan Layar YouTube

PariwisataIndonesia.ID – Sebagai salah satu provinsi yang mendapat pengaruh budaya Melayu, Jambi memiliki baju adat yang hampir mirip dengan baju Melayu lainnya. Namun, baju adat Jambi memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda.

Sobat Pariwisata Indonesia, atasan baju adat pria dan wanita Jambi secara kasat mata, potretnya hampir sama, yakni berbentuk baju kurung tanggung.

Dinamakan baju kurung tanggung, karena baju ini memiliki panjang di bagian lengan yang tanggung.

Persisnya, di bawah siku tapi tidak sampai menutupi pergelangan. Ini yang menjadi pembeda dari baju khas Melayu lain yang biasanya menutup hingga bagian pergelangan.

Sobat Pariwisata Indonesia, lengan tanggung dalam baju adat pria ternyata memiliki nilai filosofis tersendiri, loh! Hal ini bermakna bahwa pria Jambi harus tangkas dan cekatan dalam melakukan pekerjaan, serta bisa diandalkan untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan.

Baju kurung tanggung yang digunakan untuk upacara adat dan pernikahan, biasanya terbuat dari bahan beludru, berwarna merah bertabur sulaman benang emas dengan motif bunga tagapo atau bunga bertabur, kembang berangkai, dan kembang melati.

Warna emas pada sulaman ini sangat kental dengan budaya Melayu, yang memiliki makna bahwa tanah Melayu subur dan kaya. Selain itu, juga melambangkan kesejahteraan.

Pada baju adat wanita, bagian bawahnya akan dilengkapi dengan kain songket panjang yang dililit hingga membentuk rok. Kain ini memiliki motif khas, seperti bunga melati, pucuk rebung, dan bunga tagapo.

Bersambung ke halaman berikutnya
Ciri khas baju adat wanita Jambi .. “