Tiga Tempat Menarik di Aceh untuk Belajar Budaya dan Sejarah

Pariwisata Indonesia, Museum Tsunami Aceh

PariwisataIndonesia.ID – Aceh memiliki beragam tempat wisata yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pengetahuan. Selain itu, juga menjadi pintu gerbang ke daratan Sumatra yang membuat tempat ini banyak terpengaruh dengan beragam budaya.

Salah satu budaya yang sangat berpengaruh di Aceh adalah Islam. Karena dari sinilah pintu penyebaran agama Islam masuk ke Nusantara.

Atas alasan tersebut, rasanya sangat sia-sia bila Sobat Pariwisata Indonesia ketika tengah mengunjungi Aceh, namun belum sempat untuk ke berbagai lokasi bersejarah di provinsi ini, berikut rekomendasinya:

1. Museum Tsunami Aceh

Museum ini berada di Kota Banda Aceh, sebagai pengingat dan monumen berharga bagi mereka yang sudah selamat untuk berjuang bertahan hidup saat tsunami tepatnya 25 Desember 2004. Tempat ini juga disebut sebagai pengingat bagi para korban atau yang hilang akibat bencana itu.

2. Taman Sari Gunongan

Tempat ini dianggap sama seperti Taj Mahal, Taman Sari Gunogan memang termasuk simbol cinta raja yang dipersembahkan untuk permaisurinya. Konon katanya, tempat ini adalah hadiah dari Sultan Iskandar Muda kepada permaisurinya, yakni Putri Kamallah yang berasal dari Malaysia.

3. Monumen Pasee

Menyusuri Monumen Pasee atau Monumen Samudra Pasai adalah jejak kerajaan Islam pertama di Indonesia yang bangunannya berdiri menjulang dan megah di tengah-tengah persawahan hijau.

Meskipun dalam proses pengerjaannya belum sepenuhnya rampung, namun kemegahan aristektur bangunan ini sudah tampak terlihat. Lokasinya sendiri tak jauh dari kompleks Pemakaman Sultan Malikussaleh sebagai pendiri Kerajaan Islam. (Rizky)