Plataran Menjangan Bali Dinilai Jadi Destinasi Pariwisata dengan Resort Terbaik di Dunia

PARIWISATAINDONESIA.ID – Bali sebagai salah satu destinasi populer di dunia. Daerah tersebut memiliki satu lagi aset wisata yang telah dinobatkan sebagai Resort Terbaik dari Best of the Best di Tripadvisor Traveler’s Choice dalam kategori World’s Top Safari Stays.

Penghargaan ini diberikan kepada Plataran Menjangan yang berlokasi di Bali barat sebagai satu-satunya destinasi di Indonesia. Lalu, satu dari dua destinasi di Asia yang mendapat penghargaan dalam kategori ini.

Selain itu, Plataran Menjangan juga telah menerima beberapa penghargaan dunia lainnya, diantaranya tempat kedua dalam ‘Best of Asia Pacific’ dari Top 100 Tujuan Berkelanjutan 2018 oleh Green Destinations, pemenang Forum Global tentang Permukiman Manusia tentang Perencanaan dan Desain, serta pemenang Emas penghargaan Tri Hita Karana.

Masterplan Plataran Menjangan dirancang oleh Hitesh Mehta dari HM Design yang dianggap sebagai salah satu otoritas, praktisi, dan peneliti terkemuka dunia dalam perencanaan fisik pariwisata/ekowisata berkelanjutan dan aspek arsitektur lanskap ecolodges.

Pada 2006, Hitesh Mehta dinobatkan oleh National Geographic sebagai salah satu dari Lima Pelopor Pariwisata Berkelanjutan di dunia.

Dengan dibukanya pasar wisatawan internasional, banyak wisatawan yang ingin kembali berwisata ke Bali dan memerlukan ide perjalanan baru.

Bila sebelum pandemi, Bali Selatan adalah destinasi utama bagi para wisatawan asing, kini daerah tersebut memiliki Plataran Menjangan yang dapat menjadi pilihan baru untuk berwisata.

Para tamu dapat menikmati ekosistem hutan hujan dataran rendah, hutan bakau yang berusia lebih dari ratusan tahun, pantai, terumbu karang, serta mengamati jalak Bali yang terancam punah. Sekaligus berinteraksi dengan masyarakat sekitar melalui program kegiatan yang telah disediakan Plataran Menjangan.

Sebagai ikon dan pionir ekowisata, Plataran Menjangan yang terletak di hutan seluas 382 hektar ini memiliki 175 jenis flora and 167 jenis fauna, menyediakan fasilitas resort kelas atas dan pengalaman mewah termasuk 19 vila; ocean club; spa center; restoran eksklusif 3 private phinisi dan yacht dengan pemandangan eksotis dari Pulau Menjangan; dan 4 gunung yang mengelilinginya.

Wisatawan juga dapat melakukan beberapa kegiatan alam yang cocok untuk pasangan, keluarga, atau bahkan pelancong solo karena aktivitas tamu dapat dibuat customized sesuai dengan keinginan.

Ragam aktivitas seperti berjalan pagi menyusuri hutan dan garis pantai dalam program Trail of Life yang dapat memberikan makna lebih dalam tentang kehidupan juga dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Aktivitas ini juga dapat dikombinasikan dengan sesi safari picnic yang dilengkapi dengan sesi berfoto untuk mengabadikan momen.

Kegiatan lain yang tidak kalah menariknya adalah aktivitas air seperti snorkeling, kayaking, diving, dan berlayar ke Pulau Menjangan menggunakan private yacht atau private phinisi yang mewah milik Plataran Menjangan.

“Selain itu, ada juga keunikan ekowisata di Plataran Menjangan,” ujarnya.

Wisatawan tidak hanya berinteraksi dengan alam, namun juga dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat melalui program piknik di kebun anggur ataupun kelas memasak di rumah penduduk setempat dengan bahan baku yang segar dan diambil langsung dari laut sekitar.

Plataran Menjangan juga telah memiliki sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Sehingga para wisatawan yang berkunjung tidak perlu merasa khawatir dengan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan di masa sekarang ini,” tuturnya. (Ben)