Inspirasi Sukses dari Restu Zulfikar Lewat Mie Ayam

Restu Zulfikar

Restu Zulfikar, 26 tahun, pemilik Mie Ayam Marta viral di jagat media sosial. Mie ayam Marta hangat dan jadi buah bibir. Restoran ini terletak di lantai dasar Lotte Mart Fatmawati, Jl. RS. Fatmawati Raya No.15.

Apa bisnis Zulfikar, ia founder tiga restoran, Nami Drill, Gudeg Marta dan Mie Ayam Marta. Juga memiliki usaha jus. Dan distributor daging serta gula aren.

Zulfikar menuturkan aktivitas sosial, makan mie ayam bayar semampunya baru lima hari dijalani. Berita ini sontak ramai, kabar di dapat redaksi dari cuitan Restu Zulfikar lewat akun twitter. Usai memposting mirip efek domino, langsung menjadi trending, dan viral.

Bagi Zulfikar, kebiasaan berbagi kepada sesama bukan hal yang baru. Pria handsome asal Pontianak rupanya selalu sisihkan 20 persen hasil keuntungan bersih dari salah satu restoran miliknya, disumbangkan untuk para duafa.

Kisah sukses Zulfikar tak bisa lepas dari sosok sang ibu. Marta, 55, sang ibu berhasil membesarkan anaknya hingga jati diri Zulfikar seperti saat ini, penuh membanggakan. Sejak kecil Zulfikar telah di ajarkan nilai-nilai kehidupan berguna dan bermanfaat buat banyak orang. Berbuat baik dan berbagi sesama. Kisah pahit kehidupan dulu mengandalkan jerih payah dan hasil keringat sendiri tanpa meminta minta. Kini berbuah manis.

Dalam proses wawancara, tak mudah membongkar dan mendapatkan banyak informasi tentang alasan aksi sosial Mie ayam Marta, Restu Zulfikar enggan ditanyakan soal ini. Pada akhirnya dengan pendekatan semangat menyebar kebaikan maka dipandang perlu, menurut hemat redaksi perbuatan baik Zulfikar disebarluaskan.

Semoga menginspirasi lagi, Zulfikar Zulfikar berikutnya. Akhirnya terkuak, redaksi berhasil dalam liputan beberapa menit mengulas sosok pribadi Restu Zulfikar.

“Saya punya tiga ‘tenant’, yang pertama Nami Grill (restoran Korea), sejak awal buka satu tahun dua bulan, saya sudah alokasikan 20 persen dari hasil keuntungan bersih. Keuntungan tadi dibagikan untuk mereka yang duafa. Alhamdulillah!,” sebut Zulfikar malu-malu.

Tersebar beritanya dan viral di media sosial. Mie ayam Marta hangat dan jadi buah bibir. Silakan pengunjung datang ke gerai mie ayam, boleh sesukanya pesan. Bayar seikhlasnya. Luar biasa!

“Semoga dapat menjadi amal dan kebajikan keluarga. Sudah sepatutnya dalam situasi sulit seperti saat ini, kita saling menolong dan meringankan sesama. Saya pun merupakan anak tunggal dari orang tua tunggal. Paham benar kesulitan masyarakat Indonesia dan kondisi ekonomi bangsa,” sebut Restu Zulfikar saat ditemui redaksi Pariwisata Indonesia di Jakarta, pada Sabtu(18/7).

Restoran Zulfikar terbilang cukup mewah, dan berlokasi di wilayah Cipete-Fatmawati, Jakarta Selatan. Disini menjajakan Mie Ayam Marta, berkonsep bayar seridho-ridhonya. Berada di lantai dasar pusat perbelanjaan Lotte Mart. Sewanya pasti tidak murah. Bahkan bila diperhatikan interior restoran, jauh dari konotasi gembel atau jorok.

Istimewa buat kamu yang mau datang dan membeli, jangan kaget tidak ada kasir. Usai menyantap, pengunjung cukup masukkan uang ke dalam kotak amal, bayar semampunya tidak dipaksakan.

Zulfikar menuturkan, sejak kecil hidupnya bertumbuh sebagai anak yang cuma dibesarkan dari kasih ibu sekaligus kepala keluarga.

Dulu ia membantu ibunya berjualan di kawasan Blok M, sejak tahun 2016-2017. Dari pengalaman berjualan, Zulfikar bertekad harus memberdayakan ibu-ibu kepala keluarga lewat donasi yang dikumpulkan melalui usaha mie ayam makan sepuasnya bayar cuma seikhlasnya.

“Dalam hati saya dulu, pernah berkata, kalau sukses nanti saya ingin sekali bisa membantu orang lain, lebih khusus ibu-ibu kepala keluarga,” tutup Zulfikar sedih.

Satu lagi, inspirasi sukses datang dari Restu Zulfikar lewat Mie Ayam jelang semarak HUT Kemerdekaan RI ke 75. Saat Jakarta putuskan perpanjang 14 hari PSBB(Pembatasan sosial berskala besar) oleh H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. selaku Gubernur DKI Jakarta. Restu Zulfikar tampil mengisi kemerdekaan dengan kebajikan, berbagi pada sesama di tengah PSBB.

Giat ekonomi turut berdampak akibat kembali diperpanjang masa PSBB. Semoga dari kondisi prihatin saat ini, lahir Zulfikar Zulfikar lainnya.