RIP Tan Siok Tjien di Usia ke-91, Pabrik Rokok ‘GP’ Berkabung

Selamat jalan Tan Siok Tjien, istri pendiri PT Gudang Garam Tbk. Dan selamat datang Sang Raja, pemimpin masa depan Rokok Gudang Garam yang visioner. Baca ulasan lengkapnya!
Keluarga Surya Wonowidjojo, Kisah Sukses Rokok Gudang Garam, Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo, PT Gudang Garam Tbk, RIP Tan Siok Tjien, Selamat Datang Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Rokok Tjap Gudang Garam, Inghwie Inghwie, pariwisata indonesia, media pvk, umi kalsum founder pvk, Feni Olivia atau Tan Siok Tjien, RIP Tan Siok Tjien
Foto: RIP Tan Siok Tjien

Rest In Peace(RIP) Tan Siok Tjien, meninggal dunia usia 91. Kabar duka datang dari Keluarga Surya Wonowidjojo, pendiri rokok PT Gudang Garam Tbk, perusahaan yang akrab dikalangan milenial zaman now menyebutnya dengan rokok ‘GP’ atau Garpit. Sosok almarhumah yang ulet dan luar biasa adalah salah satu tokoh nasional yang diperhitungkan di dunia bisnis. Sepeninggal suami pada 29 Agustus 1985, tonggak komando Gudang Garam berpindah ke mendiang Tan Siok Tjien.

Sejak Feni Olivia atau Tan Siok Tjien menahkodai, laju perusahaan Gudang Garam terus berjaya dan menjadi perusahaan rokok terkemuka di Indonesia. Kepemimpinannya berbuah manis, mengantarkan satu-satunya wanita Indonesia masuk ke dalam daftar 500 orang terkaya di dunia versi Bloomberg. Mendiang Tan Siok Tjien menduduki peringkat 364 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg. Nilai harta mendiang ditaksir sebesar US$ 6 miliar atau sekitar Rp 87,6 triliun. Sementara di tanah air, didapuk sebagai Miliarder Indonesia urutan ketiga.   

Peran nahkoda tak sendirian, kesuksesan Gudang Garam dilapisi generasi kedua yang turut memperkuat pada jajaran direksi perusahaan. Dibantu anak ketiganya Susilo Wonowidjojo yang menjabat sebagai Presiden Direktur. Berikutnya lagi, sosok Juni Setiawati Wonowidjojo diposisi Presiden Komisioner. Generasi yang mewarnai almarhumah sukses menahkodai Gudang Garam.

Redaksi mengutip keterangan keluarga Wonowidjojo, Rabu (28/10/2020), Jenazah meninggal pada Minggu 25 Oktober lalu di Kediri, Jawa Timur dan dimakamkan di makam keluarga, kompleks pabrik PT Gudang Garam Tbk, Selasa 27 Oktober 2020, pukul 11.00 WIB.

Dalam keterangan resminya, “Sepanjang hidup, almarhumah telah memberikan teladan terbaik tentang nilai-nilai perusahaan yang terus dilestarikan hingga kini. Sebagaimana yang telah dicontohkan pula oleh pendiri perusahaan Bapak Surya Wonowidjojo,” redaksi pariwisataindonesia.id mengutip dari keterangan resmi keluarga Wonowidjojo, Rabu (28/10/2020).

Keluarga Surya Wonowidjojo, Kisah Sukses Rokok Gudang Garam, Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo, PT Gudang Garam Tbk, RIP Tan Siok Tjien, Selamat Datang Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Rokok Tjap Gudang Garam, Inghwie Inghwie, pariwisata indonesia, media pvk, umi kalsum founder pvk, Tan Siok Tjien atau Feni Olivia
Foto: Tan Siok Tjien atau Feni Olivia, Istri pendiri perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk.

Ditambahkan lagi, “Karena itu, segenap pimpinan dan karyawan PT Gudang Garam Tbk akan terus melanjutkan nilai-nilai tersebut. Yaitu, dengan senantiasa bekerja keras demi kemajuan perusahaan serta kesejahteraan bersama.  Keluarga Besar Almarhumah juga berterima kasih atas segenap perhatian, bantuan, serta penghormatan yang diberikan semua pihak hingga pemakaman almarhumah Ibu Tan Siok Tjien yang kami cintai bersama,” bunyi lanjutan di dalam keterangan resmi keluarga.

Pewaris tahta Gudang Garam pernah dijalani putera mahkota. Karena tahun 2000, Susilo Wonowidjojo menggantikan kakaknya Rachman Halim atau Tjoa To Hing (anak pertama Surya Wonowidjojo) sebagai pimpinan Gudang Garam yang meninggal pada 27 Juli 2008 di usia 60 tahun, didera penyakit jantung.

Kisah Sukses Perusahaan Rokok Garpit

Sejarah perusahaan rokok raksasa di Indonesia didirikan oleh Surya Wonowidjojo di Kediri tahun 1958. Sebelum sukses seperti sekarang, salah satu perusahaan rokok terkemuka dan legend ini, dulunya berawal dari industri rumahan.

Dulu suami Tan Siok Tjien, imigran dari negara tirai bambu. Datang dari Fujian merantau dan mengadu nasib ke Indonesia, lalu menetap di Sampang, Madura sejak 1926. Sang master peace dan Founder Gudang Garam mulai debut sebagai pedagang keliling. Dia pekerja keras dan tangguh, tidak malu mengawali usahanya sebagai pedagang.

Keluarga Surya Wonowidjojo, Kisah Sukses Rokok Gudang Garam, Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo, PT Gudang Garam Tbk, RIP Tan Siok Tjien, Selamat Datang Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Rokok Tjap Gudang Garam, Inghwie Inghwie, pariwisata indonesia, media pvk, umi kalsum founder pvk, Tan Siok Tjien atau Feni Olivia, Melinda Setyo
Foto: Surya Wonowidjojo, Founder PT Gudang Garam Tbk

Nasib berkata lain, dan mengubah segalanya menjadi indah. Sang paman, Tjoa Kok Tjiang meminta pindah ke kota Kediri untuk membesarkan pabrik rokok NV Tjap 93 yang merupakan salah satu pabrik rokok terkenal di Jawa Timur saat itu. Berkat dedikasi dan kerja kerasnya, Surya dipromosikan dan menduduki jabatan direktur di perusahaan.

Tahun 1956, tabir bahagia mulai terbuka luas. Nasib dan kehidupan di negeri perantauan terus membaik. Usia 35 tahun, Surya berhasil membuktikan diri. Memutuskan mandiri dalam momentum yang tepat. Kisah berikutnya mengantarkan pada cerita sukses selanjutnya. Pada 26 Juni 1958 mencoba peruntungan baru bersama 50 mantan karyawan pamannya, membuat rokok kretek dari kelobot dengan merk Inghwie di atas lahan seluas 1000 meter persegi milik Bapak Muradioso. Dua tahun berjalan berubah menjadi Rokok Tjap Gudang Garam hingga kemudian tanah dibeli perusahaan.

Setelah sang master piece Rokok Tjap Gudang Garam tutup usia, putra mahkota Tjoa To Hing atau Rachman Halim (kakak Susilo) melanjutkan kepemimpinan pabrik rokok keluarga. Kematian tidak mengenal usia. Baik yang masih muda atau sudah tua, umur tidak bisa menjadi jaminan. Sang putera mahkota wafat pada 27 Juli 2008 digantikan sang adik, Susilo Wonowidjojo. Kala itu, Susilo sejak 1976 hingga 1990 sudah menjabat dalam jajaran direktur, sebagai wakil presiden direktur. Kemudian ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk., menggantikan kakaknya menguatkan bisnis keluarga untuk membantu ibunda, Tan Siok Tjien.

Sebelum kematian sang putera mahkota, Rachman Halim mencatatkan sejarah sukses. Putera mahkota mengantarkan bisnis keluarga tahun 1990 sebagai perusahaan go publik. Gudang Garam mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Semula statusnya perusahaan keluarga, bertransformasi menjadi perusahaan terbuka. Namun dibalik sukses dan membesarkan Gudang Garam tak bisa lepas dari kehadiran Susilo Wonowidjojo. Dia berperan utama dan memiliki andil besar.

Sepak terjang Susilo, out of the box. Tercipta ide-ide besar, dan selalu baru juga menarik perhatian. Inovasi besar yang tak kalah keren dari sang pendahulu. Beragam terobosan berhasil dia lakukan dan Susilo sukses mengembangkan mesin khusus untuk memproduksi rokok kretek. Tahun 2002, rokok kretek mild tercipta lewat tangan dingin buah pikiran Susilo. Gudang Garam menciptakan pertama kali, terobosan rokok dengan kandungan nikotin berkadar tar lebih rendah.

Rumusan metode memproduksi filter rokok Gudang Garam bersaring tersebut mendapatkan hak paten tahun 2002 di Amerika Serikat. Kemudian pada 2013, Gudang Garam memperluas daerah produksinya. Kawasan perusahaan semula seluas 1.000 meter persegi, berkembang menjadi sekitar 208 hektare yang terletak di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri serta di wilayah Pasuruan.

Dikutip dari Bloomberg, rokok Garpit ini menguasai seperlima pasar tembakau di tanah air dan memiliki 36.000 pekerja. Perusahaan ‘GP’ ini mengharumkan nama bangsa karena sukses mengekspor ke mancanegara. Perusahaan berlogo lima bangunan gudang tampak berjejeran berlatar rel kereta api Kertosono-Bangil sukses memproduksi 70 miliar batang rokok tiap tahun. Inilah salah satu faktor yang membuat saham Gudang Garam naik dan mengangkat keluarga Wonowidjojo di papan atas dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Pewaris perusahaan ‘GP’ akan dipimpin Sang Raja visioner. Pemimpin baru, Susilo Wonowidjojo telah lama menjabat di deretan Direkur. Pria sukses berzodiak Scorpio ini dilahirkan di Kediri, Jawa Timur, berusia 64 tahun. Bulan depan, calon Raja dari perusahaan raksasa rokok terkemuka di Indonesia akan berulang tahun.

Selamat Datang Pemimpin Baru Rokok ‘GP’

Kini Susilo Wonowidjojo ((蔡道平 / Cai Daoping) sebagai pewaris tahta kerajaan Gudang Garam. Bisnis harus terus berjalan, namun derap pemimpin masa depan prestasinya tidak perlu disangsikan. Berbekal segudang prestasi telah banyak ditorehkan. Sosok nahkoda yang akan membawa ‘Garpit’ melesat lebih tinggi. Sepak terjang pemimpin baru ini punya kiat tersendiri agar bisnis menjadi hebat dan terdepan. Susilo Wonowidjojo berpikiran out of the box dan visioner dalam menangkap semua peluang.

Keluarga Surya Wonowidjojo, Kisah Sukses Rokok Gudang Garam, Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo, PT Gudang Garam Tbk, RIP Tan Siok Tjien, Selamat Datang Pemimpin Baru Rokok Gudang Garam, Rokok Tjap Gudang Garam, Inghwie Inghwie, pariwisata indonesia, media pvk, umi kalsum founder pvk, Tan Siok Tjien atau Feni Olivia, Melinda Setyo
Foto: Susilo Wonowidjojo Penerus Tahta Perusahaan Rokok Gudang Garam

Profil bos Gudang Garam, dari pernikahan bersama Melinda Setyo, Susilo dikaruniai empat orang anak. Beliau lahir pada tanggal 18 November 1956 di Kediri. Nama Susilo Wonowidjojo tersohor di tanah air sebagai pengusaha sukses. Dia yang akan menggantikan nahkoda perusahaan rokok terkemuka. Walaupun disebut sebagai konglomerat, pribadinya rendah hati dan sosok yang ramah serta menyenangkan.

Menurut Majalah Forbes edisi tahun 2019, mendapuknya sebagai orang terkaya keempat di Indonesia dengan nilai kekayaan mencapai USD 6,6 miliar. Sang Miliader Indonesia yang tidak suka menganggap remeh orang lain, sifat lain dari profil bos baru Gudang Garam yang sangat sukses ini gemar mendengar dan menghargai sesama.

Selamat jalan Tan Siok Tjien, istri pendiri PT Gudang Garam Tbk. Dan selamat datang Sang Raja, sosok pemimpin perusahaan rokok ‘GP’ yang visioner.

PT Gudang Garam Tbk
Head Office:
Jl. Jenderal A. Yani 79 Jakarta 10510, Indonesia
Tel : (+6221) 2955.7000
Fax : (+6221) 2955.7009

Redaksi sertakan alamat lain, PT Gudang Garam Tbk terbesar di Jawa Timur. Ikuti panduan mudahnya!