5 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur

5 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur

Bikin perut kenyang hatipun senang, pikiran pun jadi tenang

Setiap daerah pasti mempunyai kuliner khas yang menawarkan kelezatan tersendiri. Serta kenikmatan dan bahkan memiliki cerita tersendiri lhoo.

Baca Juga:  Pariwisata Premium NTT, Buka 15 Juni 2020

Seperti di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT),  khusunya di Timur Tengah Selatan(TTS), yang juga mempunyai makanan khas yang bikin selera makan kamu bergelora. Kita intip satu persatu yuk, ada apa aja sih?

Pariwisata Indonesia, 5 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur

Foto: grid.id

1. Jagung Katemak
Jagung Katemak ini merupakan salah satu makanan khas NTT yang berbahan dasar jagung. Cara pengolahan jagung katemak direbus terlebih dulu sampai jagung tersebut terasa lembut. Lanjut itu, campur dengan daun pepaya, arbila, daun kelor dan bunga pepaya dan dimasak dengan cara direbus, setelah mateng keluarkan dan siap disantap. Yummy!

Pariwisata Indonesia, 5 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur

Foto: binus.ac.id

2. Jagung Bose
Gak beda jauh dari jagung katemak, yaitu sama-sama berbahan dasar dari jagung loh. Namun, bila jagung katemak harus terlebih dulu direbus, berbeda dengan Jagung Bose.

Baca Juga:   Baju Adat Nusa Tenggara Timur

Kamu harus tumbuk dulu sampai kulit jagung tersebut keluar. Setelahnya, Jagung Bose dibersihkan. Kemudian dimasak sampai mendidih. Jagung Bose juga biasanya dicampur bersama daun singkong dan kacang tanah. Paling cocok dimakan bersama dengan ikan dan sambal lu’at. Olala!

Pariwisata Indonesia, 5 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur

Foto: masakandapurku.com

3. Sambal Lu’at
Sambal ini perpaduan antara cabe merah kecil dan daun kemangi atau daun sipa yang kemudian digoreng bersama-sama sampai layu. Bumbu untuk sambal ini cukup mudah lhoo, yaitu garam dan penyedap rasa aja. Namun, rasa dan aromanya juara banget. Cobain, ya!

Pariwisata Indonesia, 5 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur

Foto : wadaya.rey1024.com

4. Jagung Titi
Kali ini berbeda dengan jagung bose dan jagung katemak meski sama-sama berbahan dasar jagung, namun cara pengolahannya yang berbeda.

Baca Juga:  Rumah Adat Musalaki dari NTT

Jagung Titi biasanya digoreng terlebih dulu sampai berwarna cokelat lalu dititi sampai penyet. Makanya disebut dengan Jagung Titi. Meski cara pembuatannya terbilang sangat mudah, namun rasa jagung ini sangat renyah dan original. Mau coba?

Pariwisata Indonesia, 5 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur

Foto: tokopedia.com

5. Daging Se’i
Merupakan makanan yang sangat terkenal di Timur Tengah Selatan. Rasa dan ciri khas dari Daging Se’i ini terkenal hingga ke luar negeri lhoo. Cara pembuatanya cukup mudah yaitu daging dipotong tipis dan memanjang kemudian diasapkan sampai daging tersebut berwarna kecokelatan. Daging Se’i ini mudah dijumpai bila kamu berkunjung ke daerah TTS  di provinsi NTT, bahkan bisa didapatkan saat kamu ada di Kupang.

5 Kuliner Khas NTT. Dari lima kuliner tadi, mana yang udah kamu makan? Wuenak, toooh. Iyalah, Indonesia memang sangat kaya, semua ada di negri ini, termasuk kuliner nusantaranya.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )