Baju Adat Bulang Burai King

Baju Adat Bulang Burai King

Salah Satu Pakaian Adat dari Provinsi Kalimantan Timur

Dari sekian banyak kesenian dan kebudayaan yang ada di setiap daerah di Indonesi, kini giliran kebudayaan yang ada di provinsi Kalimantan Timur yang kita intip. Dari kesenian dan kebudayaan lokal yang cukup menarik jika ditelusuri seperti lagu daerah, seni suara, seni berpantun, seni musik, tarian adat hingga baju adat serta senjata tradisional. Salah satu yang menarik untuk diulas berikut ini berupa pakaian adat yang ada di provinsi ini. Dimana, pakaian adat Kalimantan Timur adalah merupakan salah satu yang menjadi daya tarik di provinsi ini.

Pakaian Adat Bulang Burai King

Pakaian Adat Bulang Burai King, foto guratgarut.com

Seperti yang sobat pariwisata ketahui Provinsi Kalimantan Timur merupakan rumah bagi berbagai macam suku yang memiliki latar belakang budaya dan keanekaragamanya masing-masing. Tentu saja busana adat yang digunakan pada setiap suku tersebut ada yang sama dan juga yang berbeda. Salah satu pakaian adat yang adat di provinsi ini adalah Pakaian Adat Bulang Burai King.

Pakaian adat ini seringkali digunakan pada saat upacara adat, acara perkawinan dan acara-acara lainya. Selain itu pakaian adat Kalimantan Timur mempunyai corak yang menunjukan atau menandakan status sosial seseorang, seperti corak tumbuhan yang menunjukan corak bagi orang biasa.

Pakaian Adat Bulang Burai King

Pakaian Adat Bulang Burai King, foto borneos.id

Pakaian adat ini merupakan busana adat yang berasal dari suku Dayak yang paling terkenal. Hampir seluruh anggota keluarga masyarakat suku Dayak mempunyai pakain adat satu ini, karena merupakan busana wajib digunakan pada saat upacara adat.

Yang membuat pakaian tradisional ini unik adalah cirinya yang terlihat mencolok. Ciri khas ini terletak pada manik-manik dan juga bulu burung. Bulu Burung ini akan dikenakan pada bagian kepala dan ditata dengan rapi. Ini akan membuat baju adat Bulang Burai King terlihat lebih indah dengan perpaduan manik-manik khas dan juga bulu burungnya.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )