Berkarya untuk Majukan Pariwisata Indonesia di Dukung Kemenparekraf, Svara Sound of Nature Mentas Sukses dan Pecah Telor!

Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, Minggu (19/9/2020), mengatakan SVARA Sound Of Nature adalah pertunjukan wisata alam, pertunjukan budaya, dan pertunjukan seni yang digelar di alam terbuka. Pagelaran dengan tetap menjaga pelestarian alam dan kearifan budaya lokal. Para pelaku Pariwisata Indonesia sejatinya terus dapat melakukan kreativitas dan inovasi dengan memadukan pariwisata lewat pertunjukan. Terobosan perlu diciptakan di tengah pandemi.
Pariwisata Indonesia, Pagelaran Sound of Nature, Svara, Kemenparekraf, Media PVK, Umi Kalsum

PariwisataIndonesia.id – Pagelaran Svara Sound of The Nature berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 19 hingga 20 September 2020 bertempat di Puncak 9 Bukit Ngisis, NglinggoBarat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pementasan berlangsung ramai dan sukses Besar. Telah sekian lama terhenti pertunjukan teater tradisional, budaya, kesenian, dan pementasan musik maupun tari. Penyelenggara acara-acara outdoor dan indoor sepi job dampak pandemi. Tak terkecuali Svara Sound of The Nature. Acara ini bertujuan mendorong Pariwisata Indonesia kembali bertumbuh. Dan mengobarkan industri kreatif termasuk wisata alam yang terpuruk dampak pandemi covid-19 untuk kembali bangkit.

Memahami kerinduan yang menumpuk, Svara Sound of The Nature menciptakan inovasi lewat kreativitas seni. Terciptalah pagelaran bertema wisata alam, menyuguhkan budaya dengan memadukan pertunjukan seni menjawab kerinduan masyarakat Indonesia, khusunya menghibur warga Jogjakarta. Pentas Svara Sound of The Nature tak cuma sekedar kejar profit semata, tetapi bertujuan juga menjaga kelestarian alam dan mempromosikan kearifan budaya lokal. Mulai dari persiapan hingga pementasan, panitia berkomitmen penuh untuk ketat mengedepankan protokol kesehatan covid-19. Pementasan dialam terbuka. Semua crew dan pengisi acara termasuk penonton disiplin untuk patuh mengikuti aturan protokol kesehatan covid-19.

Hadir sebagai bintang tamu adalah Adinda Vidya, Zahara Annisa x Ujang Nia, Gaseng Om Wawes, Yudhy Doni Project, Elisha Orcarus, Jomblo X dan Rumbi Paramarsi. Selain itu, penampilan juga dimeriahkan Prince Husein. Keseruan pentas makin pecah, acaranya top abis karena menghadirkan pengalaman workout yoga, adventure tripvacantion, dan beragam pertunjukan seni diramu dalam satu paket pagelaran.

Penonton yang hadir disuguhkan pengalaman baru untuk menikmati pertunjukan seni budaya di alam terbuka. Bintang tamunya dan tak asing lagi, diisi oleh beberapa pelaku kreatif, yaitu Zahara Annisa dengan tarian doa untuk semesta, Elisha Orcarus dengan sinden millennial, dua legenda musik Yogyakarta Yudhi & Doni, serta musisi muda Dhyen Ganjar dan Prince Husein.

Selain itu, acara ini juga diisi oleh instruktur yoga, Rumbi untuk melakukan morning yoga workout. Lalu, pegiat wisata lokal yang dikelola masyarakat sekitar juga mengajak penonton SVARA menikmati pengalaman berwisata dan berpetualang menggunakan jeep di area hutan pinus dan kebuh teh Nglinggo, serta wisata edukasi mengolah teh dan meracik kopi.

Secara terpisah dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/ Baparekraf, Rizki Handayani, Minggu (19/9/2020), mengatakan SVARA Sound Of Nature merupakan kegiatan untuk memberikan ruang terhadap pertunjukan wisata alam, pertunjukan budaya, serta pertunjukan seni yang digelar di alam terbuka dengan tetap menjaga suasana asri alam serta kearifan budaya lokal. Para pelaku Pariwisata Indonesia sejatinya terus dapat melakukan kreativitas dan inovasi dengan memadukan pariwisata lewat pertunjukan. Terobosan perlu diciptakan di tengah pandemi.

“SVARA adalah event luar ruangan yang bertujuan untuk membangkitkan kembali industri kreatif serta wisata alam di masa adaptasi kebiasaan baru, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” sebut Rizki Handayani.

Perkembangan info terkait Pagelaran Svara Sound of The Nature bisa dipantau di Instagram @svara.soundofnature, @puncak9.bukitngisis, @princehusein, dan @kemenparekraf.ri. Dan acara ini disponsori oleh Bank BPD DIY@bpddiypromo.