Destinasi Wisata di Kalimantan Barat

Destinasi Wisata di Kalimantan Barat

Berwisata ke Taman Nasional Danau Sentarum, Yuk!

Destinasi wisata alam yang ada disetiap provinsi di Indonesia, memiliki pesona keindahan dan kecantikan alam yang begitu menajubkan. Seperti satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Terdapat tempat wisata yang dikenal dengan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS).

Taman nasional ini adalah merupakan salah satu surga tersembunyi lainnya yang berada di Kalimantan Barat yang layak kamu kunjungi saat liburan nanti tentu setelah Pandemi Covid-19 ya! Untuk menuju ke Danau Sentarum ini benar-benar menguras tenaga dan dompet, karena untuk bisa mencapai Danau Sentarum, dibutuhkan waktu 14 jam dari Kota Pontianak untuk perjalanan darat dan air dengan rute Pontianak-Sintang-Semitau.

Danau Sentarum Kalimantan Barat, Pariwisata Indonesia

Danau Sentarum Kalimantan Barat / Foto: pesonaindo.com

Kemudian dari Semitau menuju ke lokasi menggunakan perahu motor jurusan Lanjak (Biaya sewa perahu sekitar 1juta/hari perahu bisa diisi 6 orang). Atau bisa pula dengan jalur udara melalui Pontianak-Putussibau sekitar 2(dua) jam dan dari Putussibau ke Nanga Suhaid dengan longboat sekitar tujuh jam. Taman Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Taman Nasional Danau Sentarum ini memiliki peran penting bagi kehidupan di sepanjang jalur sungai. Mengalir darinya beragam kehidupan sehingga menjadikan taman nasional ini diakui sebagai salah satu situs Ramsar, yaitu sebuah perjanjian internasional untuk melindungi konservasi alam yang berharga ini. Selain itu Danau Sentarum ini sangat unik karena sejatinya Danau Sentarum adalah danau musiman yang menjadi gentong air raksasa saat musim hujan. Pemandagan alamnya akan tampak begitu indah saat menjelang matahari terbenam lhoo!

Wisata-Danau-Sentarum,Kalimantan Barat, Pariwisata Indonesia

Wisata Danau Sentarum,Kalimantan Barat / Foto: borneochannel

Panasnya sinar matahari membuat danau ini berubah menjadi lapangan kering saat musim kemarau tiba. Dan pada saat musim hujan, danau ini berfungsi sebagai daerah tadah air hujan bagi Sungai Kapuas dan di saat musim kemarau air danau akan berpindah untuk mengisi kekurangan debit air di Sungai Kapuas sehingga mengubah danau raksasa Sentarum menjadi lapangan kering.

Panorama Taman Nasional Danau Sentarum akan sangat memukau di musim hujan tentunya, luasnya danau dengan pulau-pulai kecil disekitarnya serta pepohonan lebat memberikan kedamaian dan keindahan yang bisa memberikan pengalaman eksotis yang tak terlupakan saat mengunjungi tempat ini.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )