Industri Pariwisata Lesu Akibat Covid-19

sumber foto: sumbar.antaranews.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Semakin meluasnya wabah Virus Corona di Indonesia membuat perekonomian dan sektor usaha mengalami penurunan, termasuk di sektor Industri Pariwisata. Wabah ini menyebabkan kepanikan di tengah masyarakat dan lebih banyak menahan diri untuk gak bepergian karena takut tertular virus corona.

Penurunan pada sektor pariwisata memberikan efek domino terhadap sektor lainnya. Sektor transportasi turut terkena imbasnya, baik perjalanan dalam negeri maupun mancanegara. Kekhawatiran akan tertularnya virus, membuat masyarakat enggan bepergian.

sumber foto: sijoritoday.com

Hal ini juga berdampak pada kelangsungan usaha bisnis tour and travel. Pembatalan perjalanan wisata, bisnis, dan umroh membuat usaha ini kian lesu. Pemerintah memerintahkan maskapai untuk menurunkan tarif penerbangan ke beberapa destinasi wisata untuk mendongkrak kelesuan sektor pariwisata ini.

Gak hanya memukul bisnis berskala besar, dampak virus corona juga mempengaruhi Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM). Sektor penunjang pariwisata lainnya seperti penyedia makan minum, cenderamata, oleh-oleh juga terkena dampaknya. Padahal UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia dalam menyerap tenaga kerja.

UMKM harus dapat mencari kesempatan, peluang usaha baru karena tengah terjadi pembatasan impor, khususnya dari China yang selalu membanjiri pasar dalam negeri. Bila wabah virus corona gak segera usai, hal ini sangat mempengaruhi stabilitas perekonomian dalam negeri.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat merosot sejalan dengan keadaan di China dan Dunia. Semoga semua ini cepat segera berlalu, dan tetap jaga kebersihan dan kesehatan serta jangan keluar rumah dulu kalo gak penting-penting bangetzz ya Gaaees!

#LawanCorona #JagaKesehatan #JanganPanik

#PariwisataIndonesia #CintaIndonesia