Monumen Kapsul Waktu, Semangat Sinar Pembangunan Indonesia

Ide dari pembangunan Monumen bagian dari Gerakan Ayo Kerja yang digagas oleh Abdee Negara. Disetujui oleh Presiden Jokowi. Presiden berpandangan sebagai gerakan bangsa untuk mewujudkan mimpi dan harapan generasi muda menuju Indonesia Maju. Gerakan ini sebagai bagian dari gerakan civil society. Bangunan ini menarik, sangat luas, monumental dan megah. Sayang untuk dilewatkan dan wajib dikunjungi! 
Monumen Kapsul Waktu, Kapsul Waktu, Avenger di Merauke, Monumen Indonesia Baru, Pariwisata Merauke, Pariwisata Papua, Pariwisata Indonesia, Media PVK, Umi Kalsum, PVK Group, Media PVK Group, Destinasi Favorit di Merauke, Merauke, Papua, Avenger
Foto: DOK. KEMENTERIAN PUPR

PariwisataIndonesia.id – Jika sebelumnya redaksi merekomendasi jelajah wisata Anti Mainstream dengan trip ke Taman 1000 Musamus yang terletak di Jl. Pattimura, Salor Indah, Kurik, Kabupaten Merauke, Papua. Kali ini, yuk mengunjungi Monumen Kapsul Waktu dan masih di wilayah Merauke.

Monumen Kapsul Waktu, Monumen berbentuk logo Avengers. Landmark sejarah baru Indonesia. Monumen kumpulan mimpi dan harapan anak muda se-Indonesia. Dibawa estafet ke 34 Provinsi di Indonesia secara simbolis di tahun 2015. Disimpan selama 70 tahun. Baru dibuka pada tahun 2085. Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 16 November 2018 lalu.

Indonesia dikenal sebagai negara kaya dengan keanekaragaman. Dan kaya sumber daya alam. Walaupun masyarakatnya hidup dalam perbedaan. Hidup dalam warna kebhinnekaan. Memiliki lebih dari ribuan suku bangsa. Berbeda suku-suku, perbedaan ras. Perbedaan keyakinan dalam beragama, bahasa, dan kebudayaan. Perbedaan ini warna kebhinnekaan bangsa Indonesia. Tetapi, masyarakatnya rukun dan damai.

Indonesia, iya kita semua, hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Lewat semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika“ artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu. Bermukim di wilayah yang tersebar di ribuan pulau nun jauh di seberang. Tetapi kita semua tetap bersaudara. Kita semua ‘Indonesia’ terbentang mulai dari sabang sampai merauke. Dan dunia mengenal Kabupaten Merauke, salah satunya adalah lewat lagu dari Sabang sampai Merauke. 

Tersebar wisata-wisata indah di Bumi Merauke. Tidak cuma wisata, Merauke pun Kabupaten yang terletak di Ujung Timur Indonesia memiliki kuliner, peristiwa sejarah, dan kebudayaan seperti rumah adat, baju adat, tarian tradisional dan masih banyak lagi potensi serta keindahan Bumi Merauke. Menarik, eksotik dan sungguh memesona Bumi Merauke. 

Redaksi merekomendasi Merauke wajib Sobat Pariwisata kunjungi. Sudah mengunjungi, objek wisata seperti perbatasan SOTA, perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea? Taman Nasional Wasur, pun sudah? Taman Nasional ini menyimpan keindahan flora dan fauna khasnya Merauke. Dan salah satunya, ada wisata Taman 1000 Musamus, suguhkan Apartemen Rayap. (Wisata Anti Mainstream ke Taman 1000 Musamus. Setibanya di lokasi wisata Anti Mainstream, dijamin pasti takjub, dan terheran-heran).

Baca Juga:  Apartemen Rayap, Wisata Taman 1000 Musamus

Monumen Kapsul Waktu di bangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di lahan seluas 2,5 hektar dengan 1,5 hektar diantaranya adalah taman dan alun-alun. Pembangunan Tahap I selesai pada Juli 2017, pekerjaan berupa pondasi dengan anggaran Rp7 miliar. Dan Pembangunan Tahap II selesai pada November 2018 habiskan biaya sebesar Rp82,9 miliar. Nindya Karya selaku kontraktor telah berhasil dan sukses mewujudkan Monumen sejarah baru Indonesia.

View this post on Instagram

The Next Avengers #MonumenKapsulWaktu #Merauke #iLovePapua

A post shared by irvan (@irvanprawira) on

Lewat desain arsiteknya, Yori Antar Awal mengadopsi identitas budaya lokal. Monumen ditempatkan di bagian puncak. Diletakan di ujung timur yang merupakan tempat pertama jatuhnya sinar matahari Indonesia. Maknanya adalah simbol sinar pembangunan negeri ini. Dan berikutnya, bangunan tugu menginspirasi dari menara perang suku Dani, Papua. Ditambah lima pintu masuk sebagai representasi lima suku asli Merauke. Apa saja kelima suku tersebut, adalah Malind, Muyu, Mandobo, Mappi, dan Auyu. Diharapkan simbolis kelima suku asli Merauke tadi menjadi penjaga Monumen Kapsul Waktu. Luar biasa Bung Yori, keren!

Belum cukup sampai disitu. Ternyata Kapsul Waktu dibangun dengan komposisi angka-angka cantik. Lebar 8 meter, tinggi 8 meter, dan panjang 45 meter. Jika dilihat dari atas, monumen tampak berbentuk huruf A mirip lambang Avengers. Banyak orang menyebutnya sebagai Markas Avenger. Yori Antar Awal bahkan masih menambahkan sentuhan warna agar makin menarik. Ada warna abu-abu, memberi kesan elegan. Wisatawan ramai berdatangan. Mereka ingin berswafoto, lokasi ini jadi tempat foto favorit.

https://www.instagram.com/p/B7Voy1bFBwO/

Sobat Pariwisata bisa ‘cekrekcekrek’ di beberapa tempat yang ada di dalam Kapsul Waktu. Lokasi yang disarankan seperti: Jembatan, Jalanan Melingkar, dan Pinggiran Kolam, maupun di Tangga yang menuju Puncak Monumen. Dijamin bikin Sobat Pariwisata gak sabar lagi untuk posting ke media sosial. Latar belakang foto-fotonya menghasilkan gambar sempurna. Perfecto!

View this post on Instagram

VLOG MERAUKE? . Jadi ya, saat ke Merauke beberapa waktu lalu itu, saya extend dan ikut shooting bareng teman-teman @kreatornongkrongofficial. Biar diakui jadi anak kreator nongkrong sama kakak @mcammho @amykamila @papihbond dan kakak @jerry_hehanussa, maka selama di sana saya ikut merekam ala vlog gitu lah. Tujuannya ya memang mau dibuat vlog nya nanti. (((Iyaa nanti))))! 😆 . Terus, pas lihat cuplikan video ini… Duh, belibet banget! Udara saat itu lagi panas banget, plus udah mulai lelah karena jalan dari jam 5 subuh waktu Merauke, which is jam 3 subuh Jakarta, ya. Belum lagi, mata silau, belum lagi eyelash di mata rada-rada gatal, yang mengakibatkan in frame banget itu benerin eyelash, ya. 😆😅 . Ternyata jadi vlogger itu, effort-nya gede guys. Ini aja saya baru jadi talent video, lumayan melelahkan. Tapi Alhamdulillah, jadi pengalaman berharga banget jalan sama mereka, dan pengalamannya. Siapa tau abis ini, nanti ada yang ngajak shooting layar lebar gitu yaa. Yakali..! . Eh, tapi. Ada video beneran yang sudah jadi kok, oleh-oleh dari Merauke. Ada di youtube. Cari aja akun yt-nya Mira Sahid. Minimal ada hasil vlog-nya, meskipun edit sebisanya juga. Yang penting mah, coba aja dulu. Iya, enggak? 😆😋 . . . . #MuseumAvengers #kreatornongkrong #siberkreasi #emakblogger #bloggerindonesia #travelenthusiast #jalan2makmir #merauke #monumenkapsulwaktu #meraukehits #wisatamerauke #youtuberindo #digitalmom

A post shared by Mira Sahid (@mirasahid) on

Lanjutkan menuju puncak monumen dengan berjalan menaiki anak tangga. Inilah lokasi Monumen Kapsul Waktu. Dan adanya di tengah-tengah. Pada bagian dalam monumen dihiasi relief tentang perjalanan Indonesia, Pancasila, dan kebudayaan Papua. Sobat Pariwisata juga bisa menikmati pemandangan cantik dan indah dari puncak. Minta bantuan tour guide untuk mendapatkan penjelasan. Jangan sungkan untuk bertanya. Pastikan jepret-jepret, dan sebanyak-banyaknya. Kapsul Waktu juga, salah satu spot favorit berburu sunset. Pesona Monumen Kapsul di malam hari, warna warni. Tapi sayang, cuma bisa dinikmati dari luar. Alun-alun buka dari pukul 09.00 s.d 17.00 wit.

Sekeliling Monumen ada kantor Bupati. Dan Sobat Pariwisata akan sering bertemu penduduk asli Papua yang ramah-ramah dan murah senyum. Jika berkunjung pas sore hari. Sobat Pariwisata mendapati aktivitas mirip pasar tradisional. Disini ada transaksi jual beli, juga terdapat toko-toko yang jual cinderamata. Dijamin Sobat akan tertarik. Jangan lupa untuk berbelanja. Mari turut membantu ekonomi masyarakat setempat. Sobat Pariwisata bisa beli kebutuhan bahan pangan khasnya Merauke. Beli aksesoris tradisional khas Merauke, seperti tas noken, ikat kepala yang terbuat dari burung Kasuari. Buah tangan untuk dibawa pulang. Souvenir untuk dibagikan kepada keluarga maupun kerabat. Jam buka hingga pukul tujuh malam waktu Indonesia Timur.

Akses ke Monumen Kapsul Waktu, mudah. Tidak terlalu jauh dari Bandar Udara Mopah Merauke. Cukup 10 menit ke Monumen tanpa macet. Jika pesawat Sobat Pariwisata mendarat, bisa terlihat. Dan tarif masuk pun terjangkau. Monumen Kapsul Waktu, simbol sinar pembangunan negeri ini. Ide dari pembangunan Monumen bagian dari Gerakan Ayo Kerja yang digagas oleh Abdee Negara. Disetujui oleh Presiden Jokowi. Presiden berpandangan sebagai gerakan bangsa untuk mewujudkan mimpi dan harapan generasi muda menuju Indonesia Maju. Gerakan ini sebagai bagian dari gerakan civil society. Bangunan ini menarik, sangat luas, monumental dan megah. Sayang untuk dilewatkan dan wajib dikunjungi!  (Nita/Kusmanto)