Rumah Adat Betang dari Kalimantan Tengah

Rumah Adat Betang dari Kalimantan Tengah

Cinta Tanah Air dengan Mengenal Rumah Adat Nusantara

Buat Sobat Pariwisata semua, melanjutkan ulasan sebelumnya. Kita sudah menceritakan tentang kekayaan alam dan destinasi wisata di Kalimantan Tengah(Kalteng) cantik dan memesona. Termasuk budaya dan seni di Provinsi Kalteng juga sudah di ulas dalam edisi sebelumnya.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Indah di Kalimantan Tengah

Saatnya mengintip rumah adat di provinsi ini. Terkenal dengan sebutan rumah adat Betang. Apa sih, istimewa dan jadi kelebihan, rumah adat Betang? Keunikan tampak terlihat dan mencolok. Ukuran rumahnya begitu besar. Dapat menampung banyak penghuni untuk tinggal disini. Rumah adat Betang jadi ikon budaya provinsi Kalteng.

Ciri lain yang jadi khasnya rumah adat Betang, berbentuk seperti rumah panggung. Dan memanjang. Panjang rumah mencapai kurang lebihnya, 30-150 meter. Lebar antara 10-30 meter. Dan memiliki tiang setinggi antara 3-5 meter. Besarnya rumah adat ini, mampu menampung 10-15 kepala keluarga. Perhitungan tepatnya, penghuni yang tinggal diperkirakan bisa ditinggali sebanyak 100-150 jiwa. Wouw, luar biasa!

Rumah Adat Betang, Pariwisata Indonesia

Rumah Adat Betang, foto: andhinaimagination.blogspot.com

Rumah adat Betang dapat dikatakan bukan rumah adat biasa, keunikan dan kelebihan yang dimiliki dari rumah ini akhirnya jadi ikon dan memberikan pesan kehidupan masyarakat Kalteng sangat komunal. Rasa kekeluargaannya begitu tinggi. Hubungan inter personal sesamanya kuat. Di masa lalu, mereka hidup dan tinggal disini bersama-sama.

Tiang yang tinggi pada bangunan menjelaskan rumah ini memang berkonsep rumah panggung. Sudah barang tentu, bagi sobat pariwisata yang berkunjung ke rumah adat Betang, saat memasukinya harus menaiki tangga. Jumlah anak tangga, berjumlah ganjil lhoo!

Ada lagi yang jadi ciri khas dan membedakan dari rumah adat nusantara ini. Hulu rumah, hadapnya ke arah timur. Hilirnya hadap ke arah Barat. Adapun dindingnya terbuat dari kayuan berukir. Atap rumah bentuknya pelana memanjang. Pada saat sobat pariwisata sudah berada di dalam rumah, terdapat ruangan yang disekat-sekat menjadi beberapa bagian. Tiap ruangan sesuai kegunaan dan punya fungsi masing-masing.

Baca Juga:  Tari Manasai dari Kalimantan Tengah

Saat memasuki rumah ini, di pintu masuk terdapat sebuah patung (totem). Patungnya ini dinamakan rancak. Konon patung dihadirkan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur. Patung persembahan yang ditujukan untuk nenek moyang suku Dayak. Pada bagian tengah rumah, dihuni oleh Pembakas Lewu, Tertua Adat.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Indah di Kalimantan Tengah

Gimana sobat pariwisata? Masih penasaran akan rumah adat ini? Saat nanti sobat berkunjung ke Provinsi Kalimantan Tengah, jangan lupa untuk singgah ke Rumah adat Betang untuk menikmati keunikan dan kelebihan tersendiri rumah adat ini ya!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )