Rumah Potong Limas Kepulauan Riau

Rumah Limas Potong

Untuk kamu yang belum tahu rumah adat yang ada di setiap provinsi di Indonesia, yuk simak rumah adat berikut yang kami sajikan dari berbagai sumber. Disebut rumah adat Rumah Potong Limas, yang merupakan salah satu dari tiga jenis bangunan tempat tinggal suku Melayu, selain Rumah Potong Kantor Kawat dan Rumah Potong Godang.

Rumah adat ini persebarannya di wilayah Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat. Istilah Potong Limas sendiri mengambil dari bentuk atap rumah tersebut yang berbentuk limas. Hal yang membedakan rumah tradisional ini adalah puncak atapnya yang memilki dua puncak atap.

Rumah Adat Kepri
Rumah Adat Kepri, foto: theinsidemag.com

Bentuk rumah potong limas sendiri mirip dengan bentuk rumah Limasan di Pulau Jawa. Rumah Potong Limas biasanya merupakan rumah yang ditinggali oleh perangkat kesultanan. Rumah ini merupakan rumah panggung yang bentuknya memanjang ke arah belakang. Rumah potong limas umumnya memilki ukuran yang lebih besar dan megah ketimbang rumah potong kawat ataupun rumah potong godang.

Selain itu, rumah potong limas juga memiliki teknik pembangunan yang khusus. Dari sisi jumlah, rumah potong limas jumlahnya sangat sedikit. Jumlah yang sedikit tersebut diakibatkan karena biaya pembangunan rumah potong limas yang cukup mahal. Oleh karenanya rumah ini biasanya dibangun oleh orang-orang dengan status sosial atau kekayaaan tertentu seperti, anggota keluarga kesultanan.

Dinding dari ini terbuat dari papan kayu yang membuatnya terlihat unik. Terdapat beberapa bagian ruangan seperti teras, ruang depan, ruang tengah, dan ruang belakang. Keunikan yang dimiliki oleh rumah ini adalah ukuran rumahnya menandakan tingkat kekayaan penghuni rumah. Semakin besar ukurannya maka semakin kaya pemilik rumahnya. Kalau kamu penasaran ingin melihat langsung rumah adat ini, kamu bisa mengunjunginya setelah wabah virus corona sudah hilang yaa!