Targetkan Wisatawan Asia, 5 Bali Baru Dipamerkan di Thailand

sumber foto : kemenparekraf

Pariwisata Indonesia–Hai Gaaees!

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Asia ke Indonesia dari pameran dan bursa pariwisata Thai International Travel Fair (TITF) yang berlangsung di IMPACT, Bangkok, Thailand pada 16-19 Januari 2020 pekan lalu.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran 1 Regional 1 Kemenparekraf Dessy Ruhati mengatakan, Kemenparekraf memfasilitasi 7 pelaku usaha pariwisata dari berbagai daerah di Tanah Air berpartisipasi dalam Thai International Travel Fair (TITF).

Pameran pariwisata B to C (business to consumer) terbesar di Thailand ini diikuti sekitar 300 industri pariwisata dan NTO (National Tourist Organization). Sebagian besar dari Asia (terbanyak dari Jepang). Dalam pameran tersebut, booth Wonderful Indonesia gencar mempromosikan produk pariwisata di sejumlah destinasi unggulan.

Di antaranya Bali dan 5 destinasi super prioritas seperti Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Selama 4 hari berlangsung pameran, pelaku bisnis pariwisata Indonesia mendapat 192 appointment dengan 510 potential pax senilai Rp2,6 miliar.

Booth Wonderful Indonesia yang menempati lahan seluas 60 meter persegi (untuk 10 booth) dilengkapi dengan fasilitas refreshment corner serta penukaran hadiah. Selain melakukan transaksi bisnis, tim Kemenparekraf gencar memberikan pelayanan informasi pariwisata kepada para pengunjung pameran.

Pada penyelenggaraan TITF tahun ini peserta yang berpartisipasi kurang lebih 300 industri pariwisata dan NTO yang sebagian besar adalah peserta dari negara-negara Asia di mana Jepang merupakan peserta terbanyak. Sementara selama 4 hari pameran jumlah pengunjung yang hadir diperkirakan mencapai 225.000 orang.

Selama 4 hari pameran, booth Wonderful Indonesia banyak dikunjungi pengunjung pameran. “Para pengunjung sebagian besar kaum muda dengan usia 20 – 40 tahun berasal dari Thailand, Malaysia, dan Singapura. Mereka berprofesi sebagai pegawai negeri, profesional, wiraswasta, mahasiswa, dan pelajar,” kata Dessy.

Sebagian besar mereka pernah berkunjung ke Indonesia dengan lama tinggal 4-7 hari. Destinasi wisata yang menjadi favorit bagi para pengunjung pameran adalah Bali, Jakarta, Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang), dan Lombok. Sedangkan aktivitas yang mereka gemari adalah adventure, culture, dan shopping.

Industri pariwisata dari Indonesia yang berpartisipasi di Thai International Travel Fair 2020 yakni Anema Wellness & Resort Lombok (NTB), Just Holiday Tour & Travel (Jawa Barat), Oakwood Hotel & Residence (Jawa Timur), Padma Tour (Bali), Toya Devasya (Bali), Bepe Tours (DIY), dan Index Wisata Tours (DIY).

Follow: @pariwisataindonesiaofficial, #pariwisataindonesiaofficial