White House Enam Juta Gulden

White House Enam Juta Gulden

Temukan saat Berkunjung ke Ikon Kota Kembang

Mendengar nama Gedung Sate, Sobat Pariwisata pasti akan teringat Kota Bandung, Ya! Gedung Sate memang sangat ikonik Kota Kembang itu. Gedung yang disebut sebagai ‘White House Bandung’ ini menjadi salah satu tujuan wisata karena keindahan serta nilai sejarah dan budayanya.

Kenapa, sih, dinamakan Gedung Sate? Ternyata, hal ini karena ornamen penangkal listrik berbentuk 6 tusuk sate yang terdapat di menara utamanya. Enam tusuk sate tersebut melambangkan biaya 6 juta gulden (pada saat itu) yang dihabiskan untuk membangun gedung.

Gedung Sate

Gedung Sate, foto: Medcom,id

Ornamen tusuk sate ini menjadi ciri khas gedung yang berada di Jalan Diponegoro No.22 Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Gedung yang memiliki sejarah panjang ini, sekarang berfungsi sebagai Kantor Gubernur Jawa Barat. Selain sebagai kantor pemerintahan, di gedung ini juga terdapat museum yang baru dibuka pada tahun 2017.

Gedung yang dibangun pada 27 Juli 1920 ini, mengusung arsitektur bergaya hindia Baru, ratiolism, Art Deco, dan Hindu Architecture. Johanna Catherina Cops, putri sulung Walikota Bandung saat itu, berperan sebagai peletak batu pertama. Dalam proses pembangunannya, gedung ini melibatkan sekitar 2.000 pekerja, termasuk 150 pemahat batu dan pengukir kayu dari Cina.

Museum gedungsate

Museum gedungsate, foto: travelspromo,com

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, gedung yang bernama Gouvernements Bedrijven (GB) digunakan oleh Departemen Lalu Lintas dan Pekerjaan Umum. Ketika Batavia dianggap tidak lagi memenuhi syarat, Pemerintahan Hindia Belanda pernah memindahkan pusat pemerintahan ke gedung yang dirancang oleh ini Gerber ini.

Di halaman depan gedung ini, Sobat Pariwisata bisa mendapati sebuah prasasti batu. Prasasti ini dibangun untuk mengenang 7 pemuda yang gugur saat serangan pasukan Gurkha pada 3 Desember 1945.  Saat itu, para pemuda berjuang mempertahankan Gedung Sate dari pasukan Gurkha yang mahir menggunakan pisau.

Gedungsate Jawa Barat

Gedungsate, foto: sepanjang jl, wordpress,com

Seperti bangunan kuno pada umumnya, Gedung Sate juga tidak lepas dari cerita mistis. Konon, pernah terlihat penampakan sosok tua berjanggut putih, juga sosok pemuda berpenampilan kuno yang sedang berjalan di kawasan gedung. Gedung yang menjadi salah satu bangunan terindah di Indonesia ini, juga disebut-sebut memiliki lorong rahasia yang menghubungkannya dengan Gedung Pakuan yang berjarak sekitar 2 km.

Sobat Pariwisata bisa mejelajahi gedung unik yang dibangun di lahan seluas 27.000 meter persegi ini, dengan membayar tiket sebesar 5.000 rupiah saja lhoo. (Nita)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )