5 Destinasi Wisata di Banten

pantai banten, 5 tempat wisata di banten

Bergeser dari Provinsi Lampung, kita ke Provinsi Banten yah! Terletak di ujung barat Pulau Jawa, Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi yang letaknya sangat berdekatan dengan Ibukota Jakarta. Provinsi ini sebagai salah satu tempat tujuan wisata warga Jakarta untuk melepas penat pada akhir pekan atau pada saat liburan tiba. Banten memiliki beragam tempat wisata, terutama wisata pantai yang indah dan mempesona. Berikut beberapa tempat di Banten yang rekomended buat kamu kunjungi nanti setelah gak ada lagi virus corona, yuk disimak.

sumber foto: kabarbanten.com

1. Pantai Anyer

Salah satu pantai paling terkenal di Banten adalah Pantai Anyer. Terletak di sepanjang Kecamatan Anyer, pantai yang terkenal akan pasir putih yang indah dan bisa buat kamu olahraga air bareng-bareng di pantai ini. Dari sekedar bermain pasir sambil menikmati pemandangan, berenang menikmati dinginnya air laut sampai kegiatan seperti menyelam dan berselancar. Setelah kamu lelah bermain di pantai, kamu dapat beristirahat sambil menikmati hidangan laut yang segar di restaurant atau pun di hotel yang tersedia di sekitar pantai nya.

sumber foto: pantainesia.com

2. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung yang terletak sekitar 180 kilometer dari Jakarta, ini merupakan pantai yang masih asri banget, terawat dan bikin kesan eksklusif. Beberapa wisatawan bahkan menyebutnya sebagi pantai dengan pantai terbaik di Jawa Barat. Hal ini tidaklah mengherankan karena pantai di Tanjung Lesung sangat bersih dan berpasir putih sehingga enak dipandang mata. Di pantai ini terdapat berbagai villa, kamu bisa menginap disini sambil menikmati pemandangan alamnya yang indah.

Kamu bisa menyelam, memancing dan berenang merupakan beberapa kegiatan lainya yang bisa kamu lakukan selama di pantai ini. Dengan luas mencapai sekitar 1500 hektar, tempat ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

sumber foto: blog.pigijo.com

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman yang sudah lama terkenal sebagai tempat perlindungan Badak Bercula Satu yang dilindungi ini terletak di ujung Pulau Jawa. Wilayah Taman Nasional Ujung Kulon mencangkup beberapa pulau disekitar ujung barat Pulau Jawa. Trekking, berkemah dan menikmati kehidupan yang terdapat di alam liar merupakan kegiatan yang dapat kamu lakukan disana, saat kamu berkunjung ke taman nasional ini.

sumber foto: faktualnews.co

4. Kampung Baduy

Kampung Baduy merupakan tempat tinggal suku asli Banten, yaitu suku Baduy . Suku ini masih memegang teguh adat istiadat Sunda dan menjadikan adat istiadat itu panduan hidup bagi mereka. Kampung adat yang terletak di Kabupaten Lebak Banten dan berjumlah sekitar 8.000 jiwa ini terbagi menjadi dua yaitu,suku Baduy Dalam dan Baduy Luar.

Suku Baduy Dalam adalah Suku Baduy yang menolak dunia diluar kampung dan penghuninya jarang sekali keluar dari wilayah kampungnya. Sedangkan Baduy Luar adalah Suku Baduy yang menerima dan terbuka pada dunia di luar kampungnya. Penghuninya terkadang meninggalkan kampung dan berinteraksi dengan orang-orang diluar wilayah mereka.

sumber foto: alinea.id

5. Gunung Krakatau

Salah satu gunung api yang pernah mempengaruhi cuaca dan iklim dunia akibat letusannya adalah Gunung Krakatau ini. Gunung yang meletus pada 1883 itu menjadi salah satu situs wisata yang kerap didatangi wisatawan untuk trekking. Selain trekking kamu juga bisa memancing bagi yang hobi mancing dan kamu bisa snorkeling bareng-bareng di perairan Selat Sunda dimana gunung ini teletak. Kini banyak agen wisata yang membuat paket-paket wisata menjelajahi Gunung Krakatau dan wilayah sekitarya, termasuk melihat Anak Gunung Krakatau yang masih aktif dan tumbuh setiap tahunnya.