5 Destinasi Wisata di Jawa Timur

wisata jawa timur

Provinsi Jawa Timur mempunyai destinasi wisata yang beragam dengan keindahan dan kecantikan yang nggak kalah indah nan memesona dari kalah dengan provinsi lain di Indonesia. Bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah, tempat-tempat seperti Situs Trowulan, Masjid Cheng Ho serta beberapa museum di Malang dan Surabaya bisa menjadi pilihan kamu.

Sedangkan, kamu yang suka dengan wisata outdoor, gunung-gunung yang ada di Jawa Timur juga selalu siap untuk didaki dan pantai-pantainya yang indah juga siap memanjakannya. Ada apa aja sih?

sumber foto: pesonatravel.com

1.  Kawah Ijen
Belerang yang ada di Kawah Ijen ini ditambang secara tradisional oleh para penambang lokal. Fenomena blue fire ini konon hanya ada dua di dunia. Salah satunya adalah yang ada di Kawah Ijen. Pemandangan blue fire akan terlihat semakin indah pada dini hari. Banyuwangi menjelma menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur.

sumber foto: nativeindonesia.com

2. Goa Gong
Goa ini memiliki pemandangan interior yang begitu mempesona, yang berupa ukiran-ukiran alami dalam bentuk stalaktit dan stalakmit. Goa ini juga sering disebut sebagai goa tercantik di Asia Tenggara. Yang memiliki panjang sekitar 300 meter. Di dalam goa ini telah dibangun anak tangga yang bisa digunakan para pengunjung untuk menikmati keindahannya.

sumber foto: aminama.com

3. Pantai Tiga Warna
Pantai yang satu ini sangat layak untuk disebut sebagai pantai terindah di Malang. Namun, pantai ini tidak bisa dikunjungi begitu saja tanpa persiapan dan persyaratan adminitrasi yang lengkap. Karena pantai ini merupakan pantai yang masuk dalam kawasan perlindungan sehingga untuk ke sana harus melalui proses perijinan ke pihak terkait setempat. Jumlah pengunjung pantai ini juga dibatasi. Birokrasi ini bertujuan untuk melindungi kelestarian Pantai Tiga Warna lho.

sumber foto: colourbox.com

4.Gunung Bromo
Gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah yang membuatnya dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo sangat terkenal dengan lautan pasirnya yang sangat luas. Juga kawahnya yang tak kalah keren dan menajubkan dari tempat-tempat lain di Indonesia.

sumber foto: blogkulo.com

5. Pantai Balekambang
Pantai Balekambang sendiri merupakan salah satu wisata pantai unggulan di Kabupaten Malang. Dengan pemandangan pasir pantainya yang berwarna kecoklatan dan ombaknya yang lumayan besar. Pantai ini dijuluki sebagai Tanah Lot nya Malang. Alasannya karena di tempat ini juga ada sebuah pura yang berada di sebuah pulau karang yang berjarak beberapa puluh meter dari bibir pantai dan dipisahkan oleh sebuah jembatan. Pura ini juga masih aktif digunakan untuk tempat beribadah bagi umat Hindu.