Ditetapkan Jadi Pemenang Mas Mbak Wonosobo 2021, Fatkhul dan Dian Siap Emban Amanah Promosikan Wisata

umi kalsum founder dan ceo media pvk group,BUPATI WONOSOBO H. AFIF NURHIDAYAT S.AG.,DIAN AYU ANGGRAINI,DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN WONOSOBO,DUTA WISATA MAS MBAK KABUPATEN WONOSOBO,FATKHUL NURSAFAAH,HARI JADI WONOSOBO YANG KE-196 TAHUN,KEPALA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN WONOSOBO AGUS WIBOWO,MAS MBAK WONOSOBO 2021,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PAGUYUBAN MAS MBAK WONOSOBO (PAMMBOS),PARIWISATA INDONESIA,SITUS RESMI PARIWISATA INDONESIA,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Ajang Pemilihan Mas Mbak Wonosobo 2021 Sukses Digelar (Foto: Syntesa Studio/Khasbiantoro)

PariwisataIndonesia.idFatkhul Nursafaah dan Dian Ayu Anggraini dinobatkan menjadi pemenang dalam ajang “Mas Mbak Wonosobo” keduanya berhasil ngehits pada tahap pertama 30 “Mas” dan 30 “Mba” sekaligus menyisihkan 9 finalis lainnya.

Akhirnya, mereka dianugerahi gelar “Mas Mbak Wonosobo 2021” setelah menang di babak grand final pemilihan Duta Wisata Mas Mbak Kabupaten Wonosobo dengan meraih predikat juara 1.

Fatkhul Nursafaah berasal dari Desa Sumpet, Kecamatan Kepil dianugerahi gelar Mas Wonosobo 2021. 

Sementara Dian Ayu Anggraini berasal dari Desa Jaraksari, Kecamatan Wonosobo. Ia berhasil menjadi yang terbaik setelah menjawab pertanyaan tentang peran pemuda-pemudi dalam pendidikan dan teknologi informasi dan didapuk sebagai Mbak Wonosobo 2021.

Ajang tersebut mengambil tema “Ayo Bangkit” dan dilangsungkan di ballroom hotel Dafam Wonosobo, pada Selasa (3/8) lalu.

Dalam pelaksanaan “Mas Mbak Wonosobo Tahun 2021” terlihat sedikit berbeda dari biasanya. Pasalnya, diselenggarakan masih di tengah suasana pandemi sehingga gelarannya tersebut menerapkan sistem luring dan daring dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan ketat. 

Redaksi mencatat, seluruh finalis, panitia, dan pengisi acara sudah melaksanaan self assesment covid-19, vaksinasi, dan Swab Antigen dengan hasil negatif.

Turut hadir secara virtual Bupati Wonosobo, H. Afif Nurhidayat, S.Ag. beserta istri melalui video conference zoom meeting dari Pendopo Kabupaten Wonosobo pada Selasa (3/8) lalu.

Dalam sambutannya, Bupati Afif mengapresiasi acara tersebut dan berpesan kepada “Mas Mbak Wonosobo” yang terpilih saat mengemban tugas harus amanah dan bertanggung jawab.

Selanjutnya, Afif menekankan kepada jajarannya dengan memberi instruksi ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo untuk memfasilitasi kegiatan Mas Mbak Wonosobo secara optimal.

Lebih lanjut, Bupati Wonosobo meyakini pelibatan duta pariwisata dirasa tepat untuk ikut berperan dalam mengenalkan semua potensi pariwisata dan turunannya.

Termasuk bisa menjembatani dan mensosialisasikan program-program pemerintah Kabupaten Wonosobo di tengah masyarakat, lanjutnya, melibatkan generasi milenial yang peduli terhadap kemajuan wonosobo sudah pas dan sejalan dengan mimpi besarnya.

Bupati Afif memiliki tekad kuat dan bercita-cita menjadikan sektor pariwisata di wilayahnya sebagai salah satu yang didorong untuk melesat pesat.

Ia menginginkan sektor pariwisatanya bisa diandalkan untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Wonosobo. Untuk itu, lewat program anyarnya, ia lagi mencanangkan 5 destinasi baru di luar objek wisata di Dataran Tinggi Dieng.

Secara terpisah, Redaksi Pariwisata Indonesia mewawancarai Kepala Disparbud Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo di tengah padatnya jadwal dan kesibukanya setelah sukses menggelar pemilihan duta wisata tersebut, pada Kamis (5/8).

“Mereka dipersiapkan sebagai agen perubahan dalam pembangunan pariwisata, termasuk ikut mempromosikan pariwisata di Kabupaten Wonosobo atau representasi dari generasi the soul of Java,” kata Kadisparbud Wonosobo Agus kepada PariwisataIndonesia.id, pada Kamis (5/8).

Agus menambahkan, ajang pemilihan “Mas Mbak Wonosobo 2021” terselenggara berkat inisiasi anak-anak muda dan mereka itu merupakan putra daerah yang tergabung melalui Paguyuban Mas Mbak Wonosobo (PAMMBOS).

Orang nomor satu di lingkungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo mengungkapkan pagelaran Mas Mbak Wonosobo Tahun 2021 sekaligus untuk memperingati hari jadi Wonosobo yang ke-196 tahun yang diperingati setiap tanggal 24 Juli. HUT kali ini, katanya, mengangkat tema “Sesarengan Mbangun Wonosobo.”

Ia juga menerangkan PAMMBOS adalah organisasi besutan atau sebagai kepanjangan tangan Kadisparbud Wonosobo. Bisa juga disebut wadah dalam menghimpun potensi generasi muda supaya lebih peduli dan terlibat aktif mempromosikan pariwisata, keseniaan dan kebudyaaan serta ekonomi kreatif.

Untuk itu, Kadisparbud memberikan fasilitas sekretariat bagi PAMMBOS yang berlokasi di dalam gedung yang sama dengan kantornya. Ia juga menyampaikan bahwa hubungan kemitraan tersebut sudah terbina dan terjalin sejak lama.

Dalam wawancaranya, menggadang-gadang, organisasi tersebut telah menciptakan banyak tokoh sukses di kota tersebut.

Bahkan ia menilai, ajang yang baru selesai beberapa waktu lalu erat kaitannya terhadap kesiapan seluruh pihak untuk bersama-sama dalam menggali segala potensi di wilayahnya itu.

Mengingat, katanya, Wonosobo memiliki alam yang indah, memesona dan begitu eksotik, serta kaya akan tradisi maupun kebudayaannya.

“Ini adalah langkah yang kita persiapkan sebelum seluruh tempat wisata di Kabupaten Wonosobo kembali dibuka,” pungkasnya.

Dalam pesan tertulis di laman resmi Disparbud Wonosobo, grand final pemilihan Mas Mbak Wonosobo 2021 merupakan acara puncak untuk menentukan para juaranya.

Dari perjalanan panjang ajang itu digelar. Selain mengumumkan pemenang utama, juga menetapkan deretan pemenang lainnya di posisi Wakil 1 dan Wakil 2, berikut nama-namanya:

  1. Wakil 1 “Mas Mbak Wonosobo” jatuh kepada “Mas” Adhe dari Kepil dan “Mbak” Jasmine dari Wonosobo.
  2. Wakil 2 “Mas Mbak Wonosobo” terpilih “Mas” Zainal dari Kaliwiro dan “Mbak” Azmi dari Kertek.

Dalam pemilihan Duta Wisata tersebut juga menyematkan sejumlah gelar, seperti Mas Mbak Intelegensia, Mas Mbak Favorit, Mas Mbak Berbakat, Mas Mbak Persahabatan, dan Mas Mbak Best Performance. Mereka yang mendapatkan gelar tersebut ini nama-namanya:

  1. Mas Mbak Intelegensia diberikan kepada “Mas” Praja dari Kertek dan “Mbak” Ega dari Wonosobo,
  2. Mas Mbak Favorit diberikan “Mas” Wahyu dari Mojotengah dan “Mbak” Winda dari Wadaslintang,
  3. Mas Mbak Berbakat adalah “Mas” Hanafi dari Garung dan “Mbak” Risma dari Selomerto,
  4. Mas Mbak Persahabatan diberikan kepada “Mas” Alfa dari Selomerto dan “Mbak” Efina dari Watumalang,
  5. Terakhir, Mas Mbak Best Performance adalah “Mas” Ikhwan dari Selomerto dan “Mbak” Jasmine dari Wonosobo.

(Mariana Au/Soet/Eh)

Selanjutnya >>> Pemilihan Mas Mbak Wonosobo 2021, Ini Kata Ketum PAMMBOS Masa Bakti 2021-2023