Festival Perahu Jong khas Kepulauan Riau

Festival Perahu Jong

Mengunjungi Kepulauan Riau, gak cuma menikmati akan keindahan alamnya. Di sini, kamu bisa mendapati banyak sekali kebudayaan unik dan seru untuk diikuti, salah satunya Perahu Layar Jong. Perahu Layar Jong merupakan permainan rakyat khas Melayu yang melegenda di Kepulauan Riau. Permainan ini tercipta berkat tradisi orang Tionghoa, yaitu pemberian sesaji ke tengah laut dengan perahu kecil.

Festival Perahu Jong
Festival Perahu Jong, foto: youtube.com

Di dalam sesaji tersebut, terdapat kue bernama Jong Kong. Karena unik, lama-kelamaan warga di Kepulauan Riau pun menggelar ajang perlombaan besar yang melibatkan kapal Jong ini, namanya Festival Jong. Yang membuat menarik dari Perahu Layar Jong ini adalah cara memainkannya. Yaitu mengandalkan tiupan angin yang kencang, para peserta festival ini akan meletakkan Perahu Jong mereka agar terbawa angin ke tengah laut.

Perahu ini gak bisa berdiri dengan sempurna tanpa ada penyeimbang. Nah, untuk itu, para peserta menyisipkan kayu yang memanjang dengan pemberat seperti batu atau benda lainnya di satu sisi. Dalam lomba tersebut, jong akan melalui lintasan berupa garis lurus menuju gawang. Jong yang berlayar melenceng dari arena akan dinyatakan kalah, sedangkan jong yang masuk gawang tercepat akan menjadi pemenang.

Selain itu, layar yang berwarna-warni membuat pemadangan lautan jadi makin terlihat ceria. Tidak heran, tiap kali Festival Perahu Jong digelar, ribuan warga pasti datang ke pinggir laut untuk menikmati pemandangan yang sangat unik ini. Festival Perahu Jong bisa kamu temui di pulau-pulau besar di Provinsi Kepulauan Riau. Salah satuunya adalah Pulau Batam, di mana warga Kampung Pulo, Batu Besar sering menggelar acara yang satu ini.