HUT ke-494 Kota Jakarta, Sandi-Anies Saling Berpantun “Bangkit dari Masa Sulit dan Menang Melawan Covid”

Umi Kalsum Founder dan CEO PVK Group,BERITA PEMPROV DKI JAKARTA,GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN,HUT KE-494 KOTA JAKARTA,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,MENPAREKRAF SANDIAGA UNO,MPOK NUR,NUR ASIA,PARIWISATA INDONESIA,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Duet romantisme Menparekraf Sandiaga Uno dan Mpok Nur di HUT DKI Jakarta Ke-494

PariwisataIndonesia.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kini menginjak usia 494 tahun. Tepatnya, Selasa, 22 Juni 2021.

Peringatan hari kelahiran Kota Jakarta kali ini tanpa diiringi pesta jalanan (karnaval); dan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang kerap diselenggarakan sebulan penuh juga dibatalkan.

Dampak pandemi Covid-19, semua kehidupan di dunia berubah. Termasuk Hari Ulang Tahun (HUT) kota Jakarta yang masih serupa dengan tahun sebelumnya.

Dalam merayakan HUT Jakarta tersebut, sejumlah tokoh Indonesia turut meramaikan melalui postingan di media sosial guna mengucapkan selamat ulang tahun untuk warga Ibu Kota Jakarta.

Tak terkecuali, orang nomor satu di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atau disingkat Kemenparekraf RI yakni Menparekraf Sandiaga Uno.

Ucapan yang tampak melalui postingan di laman media media sosial milik Sandiaga Uno sudah lazim, namun menjadi istimewa karena keduanya disinyalir menjadi tokoh berpotensi di peta politik Pilpres 2024.

Redaksi Pariwisata Indonesia menangkap momen yang tak biasa. Sudah jelas trik ini adalah kemahiran Sandi dalam memanfaatkan momentum itu.

Ia berduet menampilkan keceriaan dan romantisme bersama sang istri, Nur Asia yang akrab dipanggil Mpok Nur, di halaman muka di kompleks Balai Kota DKI Jakarta.

Siapapun orangnya, pasti setuju untuk mengatakan jepretan foto pada tayangan tersebut adalah selain akan bikin kita tersenyum-senyum dan bagi yang dibidik dijamin tersulut untuk membalas.

Oleh karenanya, redaksi menggaris bawahi dari pesan Sandi tersebut memang sangat kuat. Pastilah, perhitungannya cermat dan diperhitungkan secara matang plus minusnya.

Saat menebar postingan foto bak “umpan”, diduga, untuk mendapatkan respon Anies sebagai balasan terima kasihnya. Terlebih lagi, yang mengucapkan kepangkatannya jauh lebih tinggi.

Tidak percaya?

Berikut caption yang disematkan dalam foto di postingan instagram centang biru sandiuno. Kepoin langsung, yuk!

“Pergi ke alun-alun untuk berwisata
Memakai baju pemberian si nyonya
Selamat ulang tahun untuk kota Jakarta
Semakin maju dan bahagia warganya”, tulis Sandi.

Setelah menyematkan pantun yang menjadi ciri khasnya sejak menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Oktober 2017 lalu.

Kemudian, menelisik roda kehidupan Anies-Sandi ketika itu, berputar sepuluh bulan berjalan.

Keduanya terpisahkan lantaran Sandi maju untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2019 dan meninggalkan panggung sebelumnya di kursi DKI-2.

Nasib pun berkata lain, meski membiarkan lepas rezeki menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia kala itu tapi lompatan Sandi tetap berujung manis. Pasalnya, saat ini, jenjang kewenangan Sandi lebih hebat ketimbang Anies.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memang belum genap setahun menjabat dan lahir 28 Juni 1969. Sepak terjangnya, terbukti sukses melambungkan namanya dan tenggelamkan nama menteri sebelumnya. Sekali lagi, itulah Sandi.

Perlu diwaspadaikah bagi mereka yang maju di Pilpres 2024?

Atau, sebuah anugerah yang tampak di pria berzodiak Cancer ini, mengingat senyumnya bikin lumer bila berada di dekatnya.

Maupun kepiawaiannya bak kancil cerdik menangkap setiap peluang.

Dalam postingan tersebut, kepribadiannya seperti terlihat sebagai sosok rendah hati, bersahaja dan rekam jejaknya, redaksi mencatat, ia memang berteman baik kepada siapapun bahkan musuh sekalipun dirangkulnya. Diajaknya untuk kolaborasi bersama.

Mari perhatikan kelanjutan dari caption yang disematkan dalam postingan foto di instagram sandiuno. Kalimat berikutnya, menunjukkan sosok ayah tiga anak diselimuti optimis dan senantiasa berpikir positif. Ini kutipannya:

“Di HUT yang ke-494 ini, saya terus mendoakan agar DKI Jakarta tetap tangguh menghadapi segala ujian di tengah pandemi Covid-19,” doa Sandi, kalimat ini menjadi bukti ia menaruh dukungan tersirat kepada Gubernur DKI Jakarta.

Selanjutnya, ia pun mendoakan agar Jakarta semakin tangguh. Kota yang kokoh dan maju menjadi kota berkualitas dan berkelanjutan, sambungnya, terbuka luas peluang usaha dan lapangan kerja.

Di akhir tulisan Sandi, tak lupa untuk menyemangati dan mengajak warga Jakarta, “Semangat warga Jakarta! Bersama-sama, kita pasti bisa bangkit dari masa sulit dan menang melawan covid,” katanya.

Akhirnya, jebakan “Batman” Sandi yang sepekan lagi merayakan hari kelahirannya. Terbidik dan terbukti tepat sasaran. Si “kancil” menempatkan target tak berkutik.

Anies pun membalas pantun Sandi. Berikut, cuit Anies membalas:

“Cakep!
Ane bales ya, Bro.
Beli sepatu di Duren Sawit
2021, Jakarta Bangkit!,” balas Anies di akun instagram sandiuno.

Kisah berikutnya menjadi cerita “coming soon”, akankah roda kembali berputar di Pilpres 2024 atau keduanya terhempaskan dari panggung menuju Kursi RI-1 atau RI-2? (Soet/Eh)