Istana Bogor, Kediaman Pemimpin Empat Negara

Istana Bogor, Kediaman Pemimpin Empat Negara

Berkunjung ke ‘Rumah’ Presiden Indonesia

Istana Bogor jadi salah satu ikon Kota Hujan. Istana ini telah menjadi salah satu dari enam istana Presiden Republik Indonesia. Nilai sejarah, budaya, serta alamnya, menjadi daya tarik tersendiri. Rasanya sayang untuk dilewatkan. Hadirkan wisata berkelas, liburan ke Istana Bogor, yuk!

Lokasinya terletak di pusat Kota Bogor. Area luas istana diperkirakan 28,86 hektare. Dan berada di ketinggian 290 meter dari permukaan laut. Dulunya istana Bogor berfungsi sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, replika ­Istana Blenheim, merupakan kediaman dari nenek moyang Princess Wales Lady Diana.

Istana Bogor Th 18821889, Pemadangan Gunung Pangrango dari Kebun Raya Bogor, Pariwisata di Bogor Pariwisata Indonesia, Wisata Edukasi

1882-1889: Panorama Gunung Pangrango dari Kebun Raya Bogor (Sumber: Tropen Museum)

Istana Bogor bukan satu-satunya istana kepresidenan. Sudah tahu, istana Presiden yang lain? ‘Benar!’ Seperti Istana Negara lebih tepatnya Istana Merdeka terletak di Jakarta. Istana Tampak Siring berada di Bali. Istana Cipanas di Cianjur. Satu lagi, istana Presiden adalah Gedung Agung Yogyakarta atau akrab dikenal dengan Istana Yogyakarta.

Hingga kini masih tampak berdiri megah dan kokoh. Arsitek dan bangunan terbilang tua umurnya. Lebih dari 200an tahun. Istana ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

1882-1889 Istana Gubernur Jenderal Belanda di Bogor, Wisata di Bogor, Pariwisata Favorit di Bogor, Pariwisata Indonesia, Dokumen Sejarah Foto Istana Bogor

1882-1889: Istana Gubernur Jenderal Belanda di Bogor (Sumber: Tropen Museum)

Pada era kolonial saat pembangunan istana rampung dan berdiri, diberi nama ‘Bultenzorg’ atau ‘Sans Souci’ artinya bebas masalah, terlepas dari segala kesulitan. Di kemudian hari, barulah istilah Buitenzorg berganti menjadi Bogor. Sampai hari ini pun, tetap istana Bogor.

1882-1889 Danau dengan air mancur di Kebun Raya Bogor, wisata di bogor, Pariwisata Favorit di Kota Bogor, Wisata Edukasi di Bogor, Istana Bogor, Presiden Jokowi Tinggal di Istana Bogor, Pariwisata Indonesia

1882-1889: Danau dengan air mancur di Kebun Raya Bogor (Sumber: Tropen Museum)

Dibangun pada Bulan Agustus 1744 oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. Dan Van Imhoff turun sendiri memastikan pembangunan berjalan sempurna.

1882-1889: Bagian belakang dari Istana Gubernur Jenderal Belanda di Bogor, wisata di bogor, Pariwisata Favorit di Kota Bogor, Wisata Edukasi di Bogor, Istana Bogor, Presiden Jokowi Tinggal di Istana Bogor, Pariwisata Indonesia

1882-1889: Bagian belakang dari Istana Bogor (Sumber: Tropen Museum)

Mulai dari sketsanya, itu buatan dia sendiri mencontoh dari arsitektur Blenheim Palace, kediaman Duke of Malborough di dekat Kota Oxford, Inggris. Pada perkembangannya, istana yang semula dibangun tiga tingkat, berubah.

Letusan Gunung Salak tahun 1834 sebabkan istana juga terkena dan terdampak. Pada bagian pondasi dan di sebagian gedung mengalami hancur. Tepatnya tahun 1850, istana dibangun kembali tapi tanpa tingkat.

Selain pemerintah Belanda, pemerintah Inggris maupun Jepang, pernah ikut mendiami istana Bogor. Hingga tahun 1950, Istana Bogor baru resmi jadi salah satu kediaman resmi Presiden Republik Indonesia.

Istana Bogor, Pariwisata Indonesia, Wisata di Bogor, Pariwisata Bogor

Istana Bogor, Foto: Istimewa

Karena usianya, Istana Bogor juga terkenal dengan ‘bumbu-bumbu’ cerita mistis. Penampakan noni Belanda, patung berpindah sendiri, serta kemunculan Ratu Pantai Selatan jadi kisah-kisah yang kerap diceritakan orang-orang.

Terlepas dari bumbu dan cerita-cerita mistis, Istana Bogor jadi salah satu tempat menyenangkan untuk dikunjungi. Pemandangan disini asri, udara nan sejuk ditambah panorama sekeliling istana memesona dan indah. Tampak jelas istana sangat terawat secara baik. Di istana ini, Sobat Pariwisata juga bisa melihat berbagai hadiah pemberian dari pemerintah negara lain.

Pada hari Senin hingga Kamis, Istana Bogor buka untuk umum. Jam operasional dimulai pada pukul 09.00-14.00. Sedangkan di hari Jumat, istana dibuka mulai pukul 09.00-11.00 dan 14.00-16.00. Asyiknya, Sobat Pariwisata tidak dipungut biaya, free! Cobain wisata kamu, dengan mengunjungi ‘rumah’ kepala negara, yuk!

Dalam jepretan foto-foto netizen, mereka memposting di akun instagram saat wisata ke Istana Bogor.

View this post on Instagram

Tidak lupa bersyukur😇#istanabogor🏯

A post shared by Repi Saragih (@repisaragih) on

Sobat Priwisata juga bisa mengunjungi lingkungan sekitar istana pada akhir pekan atau di hari libur nasional. Memberi wortel kepada rusa-rusa asal Nepal, menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan para pengunjung. Para petani lokal kerap menjajakan wortel dengan kisaran harga 5.000-10.000 rupiah.

Istana yang pada awalnya menyatu dengan Kebun Raya Bogor, sekarang tidak lagi. Mengingat keamanan Presiden Republik Indonesia adalah fasilitas ring satu, VVIP. Presiden Indonesia, Ir Joko Widodo(Jokowi) wajib mendapatkan pengamanan super ketat. Sebab beliau adalah Kepala Negara.

Presiden Jokowi Bersepeda di Istana Bogor (Foto: Instagram Kemensetneg RI)

View this post on Instagram

Ditemui selepas berolahraga di area Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu, 25 Juli 2020, Presiden Joko Widodo mengabarkan bahwa kondisinya dalam keadaan prima dan sehat. Kepala Negara juga mengabarkan hasil pemeriksaan kesehatan berkalanya yang dilakukan kemarin sore. Dalam pemeriksaan berkala tersebut, Kepala Negara juga melakukan uji swab covid-19. . “Tadi malam sudah keluar hasil tes swab-nya. Alhamdulillah negatif. Ibu (Iriana) juga negatif,” ungkapnya. Dalam kesempatan tersebut Presiden kembali mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi, jangan lupa pakai masker, cuci tangan sehabis aktivitas, tidak masuk ke dalam kerumunan, dan jaga jarak. Foto: Muchlis Jr – BPMI Setpres

A post shared by Kemensetneg.RI (@kemensetneg.ri) on

Ada menarik dibalik cerita tentang keseharian Presiden Jokowi. Sejak menjadi kepala negara, kerap disangka tinggal di Istana. Presiden cuma tinggal di paviliun sederhana dengan 2 Kamar. Kesederhanaan Presiden Jokowi juga terlihat dari tempat tinggalnya. Presiden Indonesia, Ir Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana tinggal berdua di paviliun. Hal tersebut lantaran anak-anak sudah dewasa, mandiri dan berkeluarga.

Tampak Presiden dan Ibu Negara dalam keseharian di Istana Bogor (Foto: Instagram Presiden Jokowi)

Untuk ke Istana Bogor cukup berjalan kaki dari Stasiun Bogor menuju Jalan Ir. H. Juanda No.1, kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah. Sobat Pariwisata juga bisa mengaksesnya dengan kendaraan melalui Tol Jagorawi. Akses melalui Depok pun bisa, menjadi pilihan jika tidak ingin berkendara lewat tol.

Sobat Pariwista sudah jadwalkan, kapan mau berkunjung ke ‘rumah’ presiden? (Nita/Kusmanto)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )