Berwisata ke Setu Babakan

Berwisata ke Setu Babakan

Kampungnya Budaya Betawi

Di selatan Jakarta kamu bisa rekreasi ke Setu Babakan untuk bersantai bersama temen-temen, keluarga, ataupun sanak saudara. Lokasi tepatnya berada di Jalan Kahfi II , Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Kawasan seluas 32 hektare ini memiliki danau dan pepohonan yang rindang meneduhkan. Suasananya adem dan bikin relax banget.

sumber foto : merdeka.com

Kalo kamu masuk lewat pintu masuk I Bang Pitung bakal melintasi pemukiman warga setempat. Dengan berjalan kaki, kamu bisa melihat dan merasakan langsung suasana kental Betawi. Dari dekat terdengar celoteh mereka dengan bahasa Betawi. Keramahtamahan warga pada pengunjung patut kita puji.

sumber foto : kumparan.com

Beberapa warung di pinggir jalan kami liat berhiaskan dekorasi ondel-ondel. Ikon khas Betawi itu dipajang dari berbagai warna dan ukuran. Memasuki kawasan tapi danau, ada penjaga yang memberikan kartu parkir.

Biaya masuk ke wisata Kampung Budaya Betawi ini gratis bagi kamu yang berjalan kaki. Namun, bila kamu membawa kendaraan, cukup membayar parkir Rp2 ribu aja untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

Pengunjung kawasan wisata budaya Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan. Sumber foto : ist.

Setelah masuk ke kawasan Setu Babakan, banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di sini, mulai dari piknik, memancing, bersepeda air, menyicipi kuliner-kuliner khas betawi, atau sekadar jalan-jalan di tepi danau. Kalo kamu ingin mencoba wahana sepeda air, harga sewanya terjangkau, Rp6 ribu untuk anak-anak dan Rp10 ribu untuk dewasa.

Silat Betawi di Setu Babakan. Sumber Foto : tribunnews.com

Pohon-pohon rindang yang ada di tepi danau juga menambah rasa sejuk. Angin sepoi-sepoi di musim hujan seperti ini semakin menambah kenyamanan untuk duduk berlama-lama di bawah pohon teduh.

Di tepi danau juga telah disediakan banyak tempat duduk, kamu bisa memilih sesuka hati spot duduk yang pas. Tak ketinggalan fasilitas publik seperti kamar mandi dan musholla juga mudah ditemui. Selain itu, kebersihan di sekitar danau juga terjaga.

sumber foto : travelspromo.com

Di sepanjang jalan kamu dapat menemui pedagang yang menjajakan makanan. Mulai dari jajanan ringan sampai makanan berat. Di sini, juga terdapat makanan khas Betawi yang wajib kamu coba lhoo, kisaran harga untuk kerak telor dengan telur ayam Rp15 ribu dan dengan telur bebek Rp20 ribu. Kamu yang suka makanan berkuah, bisa menyicipi Tauge Goreng khas Betawi.

Meski namanya tauge goreng, pengolahan tauge ini direbus dengan beberapa bumbu yang khas, kamu bisa menikmati tauge goreng di Setu Babakan dengan membayar Rp15 ribu per porsinya dan nggak bakal bikin kantong kosong pastinya.

Sanggar Budaya Betawi di Setu Babakan. Sumber Foto : nativeindonesia.com

Jika sudah puas kulineran di tepi danau, tentu tak lengkap kalo pulang tanpa membawa buah tangan. Di Setu Babakan kamu bisa berbelanja makanan tradisional khas Betawi lainnya seperti bir pletok, dodol betawi, roti buaya, kue kembang goyang, dan akar kelapa serta oleh-oleh lainnya.

Saat kami menurunkan tulisan ini, sejumlah fasilitas di Setu Babakan yang berada di ‘pulau’ tengah danau masih dibangun dan ada pula yang direnovasi, di antaranya rumah adatnya, dan sanggar seni Betawi. Bila pembangunan sejumlah fasilitas dan renovasi sudah selesai, kawasan wisata Setu Babakan pasti lebih keren lagi. Penasaran untuk dateng ke sini, nanti kalo sudah nggak ada lagi virus corona ya!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )