Melva Balemong, Bikin Tamu ‘Back’ ke Masa Jadul

Royal Suite, Melva Balemong, Joglo Nugraha, Resort Kembali ke Zaman Jadul, Pariwisata Indonesia, Balemongan Ungaran Resort, Melva Balemong Hotels & Resorts

Pengen liburan dan nginap di penginapan berkonsep rumah Joglo, serasa ingin kembali ke Budaya Jawa Tempo Dulu? Cobain paduan nuansa alam indah memesona. Pemandangan persawahan, lanscape panorama pegunungan, dan suasananya asri. Yuk, menginap di Melva Balemong Hotels & Resorts, keren abiez.

Sudah tahu? Dulunya resort Melva Balemong bernama Balemong Ungaran Resort. Berganti nama setahunan ini. Tampak dalam jepretan foto-foto saat dulu, masih bernama Balemong Ungaran Resort. Yuk, lihat keseruan menginap dari postingan instagram@maulydianova.

https://www.instagram.com/p/Btj9dEwFRid/

Redaksi berhasil lakukan wawancara Rindu, selaku staff di bagian front desk agent Melva Balemong Hotels & Resorts, pada Rabu, 05 Agustus 2020. Disampaikan Rindu, jika bertamu, nikmati sensasi sejuknya udara disini. Sukma jiwa masuk meresapi pikiran. Sobat Pariwisata merasakan kedamaian dan ketenangan. Begitu nyaman. Bikin malas beranjak kemana-mana.

Redaksi memberikan pilihan rekomendasi, menghadirkan buat Sobat Pariwisata. Ada banyak jepretan foto dan rekaman videoig mengutip dari media sosial resmi Melva Balemong. Dilengkapi pula review dari netizen dan pembuat konten kreatif. Saksikan dan silakan menginap di Melva Balemong dijamin puas!

Tonton pesan bagus dihadirkan redaksi, dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memberikan ulasan, semirip review Melva Balemong. Saksikan yuk!

Salah satu yang bikin daya tarik Melva Balemong, suguhkan keindahan alam jadi satu dengan penginapan. Hamparan sawah sejauh mata memandang tampak kehijauan, suasana resort menyatu dengan pedesaan, dan dari kejauhan rumah penduduk terlihat jelas, hadirkan panorama gunung ungaran menjulang kebiruan.

Ada rencana bikin surprise bahagiakan Eyang Utik dan Mbah Kakung? Ajak untuk menginap di Melva Balemong. Di sini temukan banyak ornamen dan benda-benda tempo dulu.

Hotel dan resort kental nuansa Jawa Tempo Dulu. Letak kamar terpisah-pisah. Tersedia layanan antar jemput. Ada fasilitas mobil golf.

Melva Balemong luar biasa. Pelayan-pelayan dapat 5 bintang. Empat jempol, ramah, sopan-sopan dan santun. Tutur kata dan aksen berbahasa Indonesia dengan gestur panjalu sambut pelayan terima tamu. Bikin rindu, memikat hati. Rasanya ingin terus menginap. Terdapat fasilitas kolam. Dan kebersihan kolam keren banget, top. Kolam berpagutan dengan taman-taman yang tumbuh subur dan indah. Taman terlihat terawat dan tampak semua diurus secara baik, rapih. ‘Wah, manjain tamu banget, deh?’

Selain ornamen berkonsep bangunan ‘Njawa’ banget, Melva Balemong pun punya keunikan lain. Memadukan tiga kebudayaan. Budaya China, Belanda, dan Jawa dibalut dalam bangunan Joglo. Percampuran kebudayaan bisa Sobat Pariwisata temukan lewat ornamen, lukisan, dan barang-barang antik. Tamu menginap serasa kembali ke zaman ‘jadul!’  

Ada cerita khusus dibalik berdirinya Melva Balemong Hotels & Resorts. Konon, Balemong dulunya villa pribadi. Pemilik villa pasangan suami-istri Jawa-Belanda. Sang Suami berasal dari Belanda, kepincut dan jatuh hati kebudayaan Jawa. Rasa cintanya, dibangunlah rumah tinggal berkonsep Joglo, khasnya budaya Jawa banget. Saat para tamu menginap di Balemong dijamin merasakan kekentalan nuansa budaya Jawa. Cobain lah!

Sebagai tambahan, kata ‘balemong’ diambil dari memadukan dua kata. ‘Bale’ dan ‘Omong-omong.’ Diartikan secara lengkap maksud ‘balemong’ adalah tempat untuk mengobrol. 

Beberapa rumah joglo yang terdapat di resort, sengaja dihadirkan dari beberapa kota di luar Jawa Tengah dan dari kabupaten di Jawa Tengah. Sudah tahu, berapa usia bangunan rumah Joglo Melva Balemong? Usianya beragam, ada dari 100 hingga ada juga capai 300 tahunan. ‘Wow!’

Sebagai contoh, adalah lobby. Bangunan Joglo kuno pada tampak di bagian lobby bangunan tahun 1830. Joglo ini merupakan pindahan dari Desa Jamus Krajan, Kecamatan Mranggen, Demak di Jawa Tengah. Butuhkan waktu setahun membangunnya kembali. Joglo berukuran 16 x 16 punya keunikan, diantaranya adalah balok sepanjang 16 meter tidak memiliki sambungan. 

Selain itu, filosofi dari pondasi Joglo sebagai Soko Guru. Dibangun dengan konsep empat pilar, terbuat dari pohon jati. Hingga kinipun tampak terlihat berdiri kokoh. Terdapat Al-Quran kuno yang berumur sama dengan usia Joglo. Menurut cerita pemilik, Joglo dan Al-Qur’an, satu kesatuan tidak bisa terpisah.

Joglo lain yang berusia tua adalah Joglo Kembul Bujono. Joglo kembul bujana peruntukan sebagai area restoran. Bangunan Joglo yang berfungsi sebagai restoran, tempat makan tamu tamu resort, ternyata sudah berusia hampir 200 tahun.

Di sini, Sobat Pariwisata bisa menikmati sarapan, makan siang, dan makan malam dengan berbagai menu pilihan. Restoran Melva Balemong mengusung tema garden resto. Jadi, tamu bisa menyantap makanan sambil nikmati suasana taman dan arsitektur joglo. Saat masa PSBB(Pembatasan sosial berskala Besar) transisi yang diperpanjang, restoran terapkan prosedur. Manajeman resort membuat aturan sesuai panduan dalam protokol kesehatan covid-19. Mulai dari tamu Check-in hingga check-out.

Fasilitas kamar yang ditawarkan Melva Balemong terdiri dari Rumah Joglo sebanyak 15 unit dan setiap Joglo punya keunikan tersendiri. Ditambah satu bangunan setinggi dua lantai, semi hotel. Berada di area belakang menghadap panorama indah memesona persawahan hijau, cantik timbulkan sensasi kedamaian, ketenangan. Benar-benar nyaman, view gunung ungaran. Jumlah ketersediaan kamar 28 unit.

Lokasi Melva Balemong berada di dekat perbatasan antara Kabupaten Semarang (Kota Ungaran) dan Kota Semarang. Tepatnya di Jalan Patimura No.1B, Unggaran, Semarang, Jawa Tengah. Tersedia banyak pilihan kamar buat Sobat Pariwisata menginap sesuai kebutuhan.

Ada standar room dengan menghadap ke pegunungan atau taman dan persawahan. Pilihan type standart room berada di Joglo Kemukten, dan Joglo Pinayungan.

Type Deluxe room dengan pemandangan pegunungan, silahkan nikmati Joglo Kemukten, Joglo Pinoyungan, Joglo Limasan di lantai 2. 

Dan type Executive room, menginap di Joglo yang mana? Tamu akan menginap dan merasakan sensasi ke zaman dulu dengan menikmati di Joglo Kencana, Joglo Pengayoman, dan Joglo Rumah Lumbung. Untuk type kamar executive punya akses ke kolam renang, hingga area joglo, villa utama. Luas kamar type Executive 46 meterpersegi.

Khusus kamar paling istimewa, type kamar apa?, Ada di kamar dengan type Royal Suite. Rasakan sensasi menginap royal suite menginap kembali ke zaman jadul di Joglo Narendra.

Harga kamar berdasarkan type kamar, saat ‘weekday’ dan ‘weekend’ tidak terpaut jauh. Kisaran semua harga kamar, relatif wajar. Dimulai dari 400ribuan dan paling mahal, tidak sampai 2juta. Meskipun interior Balemong seolah-olah berada di perkampungan Jawa kuno, tapi saat bermalam di resort ini Sobat Pariwisata tetap bisa nikmati berbagai fasilitas layaknya hotel bintang lima atau empat. ‘Masih “worth it” dan yaa okey banget lah!’

Tersedia fasilitas ac, welcome drink (Bottled Water), (Coffee & Tea Making) untuk buat sendiri di kamar seduhan kopi dan teh, fasilitas komplit Guest Amenities, LCD/LED TV dengan mendapatkan saluran tv lokal dan luar negeri, Mini Bar, Hair Dryer, Meja Kerja dan Sofa, Full Bathroom Amenities, Kamar Mandi & Bathtub (type kamar tertentu), Wireless Internet Access(wifi). Fasilitas lengkap ini saat tamu di kamar dan area resort. Selain itu, Sobat Pariwisata bisa menikmati fasilitas luar ruangan. Seperti joging track, kolam renang, arena bermain untuk anak-anak, hingga kebun buah. 

Di resort seluas 5 hektar ini, Sobat Pariwisata juga bisa melakukan berbagai aktivitas outdoor seperti renang, jogging track, dan bersepeda. Di sini pun, terdapat fasilitas khusus seperti membatik, bajak sawah, tumbuk padi, tanam padi, main gangsingan, hingga bermain egrang. Untuk fasilitas khusus tadi, Sobat Pariwisata harus booking. Silakan daftar ke pihak Melva Balemong Hotels dan Resorts terlebih dulu, ya!

Redaksi pun memberikan pilihan tempat buat Sobat Pariwisata, disini bisa bikin gathering dan outing kantor. Resort Balemong bisa dijadikan buat langsungkan resepsi maupun aktivitas rapat-rapat.

Ada artis Indonesia, sekarang ngehits namanya, ‘Baim Wong dan Paula’ pernah langsungkan resepsi pernikahan. Dan salah satu mantan Presiden Republik Indonesia bersama keluarga pun pernah menginap di Melva Balemong. Juga Almarhum Didi Kempot sering loh menginap di sini.

Menginap di Melva Balemong keren abiez dan aksesnya pun mudah. Resort ini punya banyak spot-spot foto instagramble. Bisa dicapai dengan alat tranportasi seperti kendaraan mobil online, taksi, hingga BRT Trans Semarang maupun BRT merupakan sistem transportasi Bus Rapid Transit. Kendaraan BRT terbesar di Jawa Tengah, sekarang beroperasi menyasar dari Kota, dan ini hingga ke Kabupaten Semarang. Ke Melva Balemong nggak usah repot, pakai PRT pun bisa!

Bagaimana, berminat Sobat Pariwisata? Sudah berencana untuk bikin bahagia dan surprise buat Eyang Utik dan Mbah Kakung? 

Dua layar video sebagai penutup, unggahan dari konten kreator dalam channel youtube Gereja Kristus Raja Ungaran dan Indrak Sukma. Jangan lupa subscribe, yuk kita saksikan! (Nita/Kusmanto)