NTB “Ngegas” Pariwisata di 2021, Yuk Jadwalkan

Mandalika. Sumber Foto : Booksmytraveltyrips.com

PariwisataIndonesia.id – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dikenal sebagai surga pariwisata karena menyimpan beragam pesona wisata nan eksotis, salah satunya pulau Lombok.

Menyambut tahun 2021, pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Pariwisatanya menyampaikan bahwa NTB siap menggelar serangkaian acara pariwisata baik berskala nasional maupun internasional.

Dilansir Kompas.com, pemerintah NTB sedang “ngegas” sektor pariwisata pasca menghadapi tahun 2020 yang membuat sektor pariwisata di banyak daerah di Indonesia mengalami penurunan dampak pandemi COVID-19.

“Mandalika (ada) seluruh aktivitas persiapan karena 2021 akan digelar MotoGP. Seluruh venue sedang bergerak. Konektivitas di bandara, fasilitas dibenahi semua,” kata Mohammad Faozal selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Disebut dalam Kompas.com, Mandalika terus dipercantik. Tak cuma bandaranya, jalan-jalan ke destinasi wisata serta jalan menuju dan dari bandara pun diperbagus.

Faozal melaporkan, “Saat ini tercata 17,5 kilometer (km) jalan sudah mulai diperbagus. Harapannya, di Maret nanti, pembenahan tersebut segera rampung dan wisatawan dapat menikmati,” katanya.

Dalam agenda pariwisata di Kadispar NTB, ada lima acara internasional yang siap digelar dan sedang menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemenparekraf termasuk masukan tim Satgas yang ada di pusat.

Salah satu acara internasional yang paling dinantikan even L’Etape yang pagelarannya terpaksa ditunda tahun ini akibat pandemi Covid-19.

Mandalika. Sumber Foto : Sindonews.com

Even L’Etape merupakan lomba balap sepeda Tour de France yang direncanakan berlangsung di Lombok pada April 2020. Namun diundur pelaksanaannya menjadi 9 Agustus.

“Mudah-mudahan pandemi berakhir, atau paling tidak ada opsi lain dari gelaran L’Etape karena kita pertama kali Indonesia dipercaya Tour de France untuk melaksanakan pemanasan (acara) di luar Perancis,” ucap Faozal.

Acara selanjutnya yang siap digelar adalah Ironman, yakni kegiatan triatlon yang seharusnya dilaksanakan pada 4 Juli 2020, tetapi diundur menjadi Juli 2021.
Faozal melanjutkan, rencananya kegiatan triatlon tersebut tahun depan akan dilakukan di Senggigi. Ada juga acara lari lintas alam di Gunung Rinjani—Rinjani 100—yang akan digelar tahun depan.
“Berikutnya juga Marathon Mandalika yang 2021 kalau tidak ada halangan akan menjadi satu rangkaian dari MotoGP,” sambung dia