Pantai Tablanusu Istimewa, Eksotis dan Menawan

Pantai Tablanusu Istimewa, Eksotis dan Menawan

Sensasi luar biasa dan memikat hati, ayo dong kesini!

Selain wisata Raja Ampat yang pesonanya sudah mendunia, yuuk mari berlibur ke Pantai Tablanusu. Eksotik loh. Wisata alam disini masih perawan, oups! Karena belum terjamah, masih alami.

Pengembangan sektor wisatanya belum maksimal, prospek bisnis ke depan masih amat menjanjikan. Lokasi wisata Pantai  Tablanusu menyatu dengan konsep perkampungan wisata.

Cottage dan penginapan mewah untuk tamu-tamu berkelas dan turis, baru akan dipersiapkan. Yuk, tonton video resmi channel Youtube BTK VLOG. Mengulas visual Pantai Tablanusu dan jangan lupa untuk subscribe.

Lokasi wisata Pantai Tablanusu terletak di distrik Depapre, Kabupaten Jayapura. Penduduk disini, dulunya, mata pencarian mereka sebagai peladang, kini sudah tidak. Sekarang profesinya selain nelayan, juga bekerja sebagai tour guide dan jasa wisata.

Dasar itulah, kampung nelayan yang memiliki luas sekitar 230,5 hektar, dicanangkan pemerintah Kabupaten Jayapura menjadi desa wisata. Mengakrabkan diri dengan masyarakat kampung disini terbilang mudah. Karena sambutan masyarakatnya hangat dan bersahabat dengan orang asing, kian mengukuhkan betapa spesialnya berlibur ke Pantai Tablanusu. Pariwisata disini terus lagi berbenah diri.

Pariwisata Indonesia, Kampung Tablunusu

Sumber Foto: merdeka.com

Penduduknya berharap Pantai Tablanusu maju dan punya nilai ekonomis. Dapat hidup dari majunya pariwisata disini. Harapan masyarakat, tamu-tamu yang datang makin ramai. Roda ekonomi bertumbuh dan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Semua tamu yang berlibur dijamin kamu dilayani dan dimanjakan. Dibikin senang. Penduduk melayani tamu-tamu yang datang dengan sepenuh hati, dibuat puas.

Bahagia dan menikmati liburannya. Berlibur disini, para wisatawan dimanjakan dengan aneka wisata super lengkap, seperti wisata hutan, wisata pantai, wisata danau, wisata sejarah, dan wisata budaya. Tersedia pilihan objek wisata dalam satu tempat. Tamu yang datang ke Pantai Tablanusu, silahkan nikmati semua paket wisata yang ditawarkan tadi. Yuk, tonton video resmi channel Youtube Kadalz Item. Mengulas visual Pantai Tablanusu dan jangan lupa untuk subscribe.

Oh, iya. apa arti Tablanusu? Terdiri dari dua suku kata. Tepara berarti suku, penduduk setempat. Dan Onusu berarti terbenamnya matahari. Tablanusu, artinya tempat matahari terbenam. Berlibur ke Pantai Tablanusu semuanya alami, masih asri. Dan tentunya, eksotik.

Begitulah kesan wisatawan saat tinggal di kampung wisata Tablanusu. Kesan tersebut telah dapat dinikmati tatkala menempuh perjalanan dari Dermaga Depapre menggunakan perahu bermesin tempel menuju Dermaga Tablanusu. Sepanjang perjalanan, wisatawan dijamin berdecak kagum.

Panorama hijaunya dedaunan, memesona. Pepohonan, bening air laut, serta barisan perbukitan dan pegunungan bikin hatimu damai. Tenang dan sensasinya luar biasa. Udara yang bersih, sejuk udaranya. Bagian dari plus-plus, berlibur disini. Untuk menjangkau Pantai Tablanusu dapat ditempuh selain lewat jalur laut, bisa jalur darat. Yuk tonton video channel Youtube J.K. Subekti. Mengulas visual Pantai Tablanusu dan jangan lupa untuk subscribe.

Ada yang unik, berbeda dengan pantai-pantai lain di Indonesia, biasanya pantai dipenuhi hamparan pasir, wisata ke Pantai Tablanusu justru diselimuti batu koral hitam. Ke arah mana saja pandangan dilayangkan, hamparan batu alam mengkilap yang terlihat. Begitu juga, ke mana pun kaki dilangkahkan, suara batu koral yang terinjak senantiasa terdengar. Langkah kaki berjalan, batu-batunya bergerak dan bergesekan. Dan timbulkan bebunyian. Nah, bunyi bebatuan itu menyerupai isak tangis, akhirnya dijuluki nama kampung ini dengan ‘Batu Menangis’.

Jangan lupa follow instagram@heppy_cut. Kecintaan dan rasa bahagianya, ia memposting aktivitas warga di kampung Tablanusu dengan sempurna dan lengkap. Dalam videonya ini, ada pesan positif tentang balai pelestarian nilai budaya Papua. Bagus deh, tonton yuk!

Bagi peminat wisata sejarah, misalnya, dapat melihat sisa-sisa peninggalan tentara sekutu pada Perang Dunia II. Apalagi, menurut sejarahnya, kampung ini pernah menjadi salah satu basis tentara sekutu di kawasan timur Indonesia. Landasan meriam dan dermaga bekas pendaratan tentara sekutu adalah di antara sisa-sisa Perang Dunia II yang masih dapat dijumpai di sini. Objek wisata sejarah lainnya adalah sebuah makam di dekat gereja dan sebuah monumen salib. Makam tersebut diyakini sebagai makam salah seorang tokoh masyarakat setempat dan sekaligus salah seorang pendiri gereja. Sedangkan prasasti salib didirikan untuk mengenang masuknya agama Kristen ke Desa Tablanusu di awal tahun 1900-an. 

Tonton video dari channel Youtube Arsip Nusantara. Mengulas wisata ke situs Perang Dunia II dan jangan lupa untuk subscribe.

Bagi penyuka wisata alam, dapat mendatangi hutan desa bersama masyarakat setempat atau menikmati pesona Danau Dukumbo yang masih alami. Di dalam hutan, wisatawan dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan mendengarkan aneka kicauan burung. Sedangkan di danau alamnya terdapat banyak ikan, terutama ikan bandeng (chanos chanos), ikan mujair (oreochromis mossambicus), dan ikan mas (cyprinus carpio). Bagi wisatawan yang ingin melihat bunga anggrek, dianjurkan untuk mengunjungi dua buah pulau yang letaknya tidak terlalu jauh dari desa wisata tersebut. Hanya dengan berperahu beberapa menit saja, wisatawan sudah dapat melihat secara langsung bunga anggrek endemik Papua itu. Pada sore hari, dua pulau tersebut juga menjadi tempat persinggahan aneka jenis burung. Burung-burung itu hinggap berjejer di ranting pepohonan dan membentuk sebuah pemandangan yang indah menjelang matahari terbenam.

Yuk tonton video channel Youtube Samsul Alam. Ia mengulas panoroma pantai, aktivitas snorkeling, sekilas tentang kampung Tablanusu dan view tampak sorotan dari atas gambaran luasnya Pantai Tablanusu dan penorama hijaunya bebukitan dan hutan. Dan jangan lupa untuk kamu subscribe, yaa.

Sedangkan wisatawan yang ingin mencoba suasana lain, dapat mengunjungi daerah perairan. Panorama pantai nan rancak, laut bening dan tenang, serta angin laut yang bertiup sepoi-sepoi adalah di antara daya tarik daerah perairan ini. Selain memancing, air lautnya yang bening juga dapat mengakomodir wisatawan yang ingin berenang atau menyelam. Ketika menyelam, wisatawan akan terpukau melihat kekayaan bawah lautnya, seperti terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya dan aneka jenis ikan yang berenang secara bergerombolan. Bila beruntung, di sini wisatawan dapat melihat ikan hiu.

Satu foto sebagai pendahulu dari foto-foto lain yang hadir melengkapi liburan ke Pantai Tablanusu, Ia adalah atris dan ‘business women’ juga wanita sosialita dalam caption di foto instagram, ” Lelah q terbayar dg keindahan ini 👍😍,” tulis Putri rasa bahagia tiada tara berada disini.

View this post on Instagram

Lelah q terbayar dg keindahan ini 👍😍

A post shared by Putri Marisa 🎬🎥 (@putrimarisaaa) on

Selain itu, bagi wisatawan yang berhasrat mencari ikan bersama nelayan di daerah ini, datanglah ke Pantai Tablanusu pada malam hari. Sebagaimana nelayan pada umumnya, nelayan di sini juga pergi melaut pada malam hari, terutama pada saat langit gelap. Sebab, pada waktu itulah ikan lebih mudah ditangkap. Selain mengandalkan kail dan tombak, nelayan di kawasan ini kerap pula mencari ikan dengan cara menyelam hingga ke dasar laut ditemani cahaya senter.

Bila sedang beruntung, anda dapat menyaksikan secara langsung perhelatan dan upacara khas masyarakat Kampung Wisata Tablanusu. Misalnya, peringatan hari masuknya Injil ke desa tersebut yang diperingati setiap tahun. Pada saat itu, masyarakat setempat akan berpawai mengelilingi desa yang diakhiri dengan menggelar Misa di gereja kecil mereka. Yuk tonton video Tempo channel, youtubenya mengulas pesta rakyat dant adat masyarakat Tablanusu dan jangan lupa untuk subscribe.

Selain itu, beberapa lokasi di perairan, terutama yang banyak terdapat terumbu karangnya, diruwat setahun atau setiap dua tahun sekali. Untuk memperoleh berkah laut dan sekaligus untuk melestarikan laut, masyarakat yang mendiami pantai utara Kabupaten Jayapura ini menggelar dua ritual, yaitu ritual Sasi dan ritual Tiyatiki. Ritual Sasi adalah menancapkan dahan pohon kayu besi pantai (suang teko) di tempat-tempat yang banyak ikannya, terutama di kawasan terumbu karang yang merupakan sarang ikan. Sedangkan ritual Tiyatiki bertujuan melarang menangkap ikan selama beberapa waktu yang telah disepakati.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kampung Wisata Tablanusu, dapat memulai perjalanan dari Kota Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua. Dari Kota Jayapura, wisatawan dapat naik bus atau kendaraan lainnya menuju Kota Sentani, Ibu Kota Kabupaten Jayapura. Kota Sentani berjarak sekitar 33 kilometer dari Kota Jayapura. Setibanya di Kota Sentani, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik bus atau menyewa mobil carteran menuju Dermaga Depapre dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Penyanyi Fitri Carlina duta pariwisata, cantik dan merupakan publik figur Ibukota. Pebisnis dan usahanya dalam @banyuwangisavanacake, Aviation Geek, Social Worker dan sederet aktivitas Fitri diposting ke instagram. Ia terbilang aktif dalam mengunggah postingan. Terbukti ada centang biru sebagai tanda akun resmi dan dapat dipercaya. Wajar aja Fitri dibanjiri banyak endorse produk-produk yang dipromosikan ke instagramnya. Nah, redaksi menciduk, tertangkap basah, rupanya Fitri berada di Pantai Tablanusu. Caption di fotonya:

“Subhanallah…☺☺🙏🙏 Menikmati keindahan Ciptaan-Mu Ya Allah…😍😍😍😍 Tablanusu Beach, Jayapura, Papua….🌊🌊🌴🌴,” @fitricarlina.

Melalui Dermaga Depapre, perjalanan menuju Kampung Wisata Tablanusu dapat dilanjutkan melalui darat maupun dengan naik perahu bermesin tempel menuju Dermaga Tablanusu dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Setelah itu, perjalanan menuju Desa Wisata Tablanusu dilanjutkan dengan berjalan kaki. Di Kampung Wisata Tablanusu terdapat berbagai fasilitas, seperti pemandu wisata, gereja, persewaan perahu, pasar ikan, dan warung yang menyediakan aneka makanan, minuman, dan souvenir khas masyarakat setempat. Bagi wisatawan yang ingin menginap, di sini tersedia sebuah penginapan “Suwae Resort” yang terdiri dari beberapa kamar (masih dalam tahap pengembangan) atau menyewa rumah penduduk setempat (homestay).

Banyak sekali artis dan pengusaha terkenal Indonesia berlibur ke Pantai Tablanusu. Mereka tertangkap basah, terciduk redaksi Pariwisata Indonesia. Rasa bahagianya, nggak sungkan-sungkan saat berada disini memposting ke dalam akun instagram. Intip aja langsung, yuk. Let’s Go, Cekidot!

Ada actris film, bintang iklan, presenter dan juga sebagai business women. Dalam akun instagram@putrimarisaa, aksinya bikin iri. Momen-momen bahagia dipostingnya. Tampak jelas raut keceriaan saat berlibur ke  Papua. Sejak ia masih berada dalam pesawat berdecak rasa kagum sungguh indah kota ini. Putri memposting sebelum ke pantai dari resort tempatnya itu, bergaya cantik dan berdandan ala-ala sosialita kekinian, tralala. Wouw!… Buruan deh, kita geruduk dan follow instagram@putrimarisaa. Kepoin aja langsung deh instagram Putri, yuuk!

Berikutnya unggahan penutup dari Putri Marisa memberi pesan indahnya Pantai Tablanusu. Ia berencana menghabiskan hari-hari untuk berlibur di lokasi lain di Papua. Tulis dalam caption di foto instagram, “Lanjutkan perjalanan yuuuk,” katanya.

View this post on Instagram

Lanjutkan perjalanan yuuuk

A post shared by Putri Marisa 🎬🎥 (@putrimarisaaa) on

Akun instagram@rifaiocha juga membagikan momen indah dan bahagia. Terlukis jelas dalam postingan Ocha di akun instagramnya. Ia luapkan suasana isi hati dan berbagi cerita saat honeymoon di Pantai Tablanusu. Liburan ke Papua sungguh menyenangkan dan luar biasa bahagia. Foto-foto dan video Rifaiocha bikin kamu iri dan tersenyum-senyum. Ocha membagikan dalam laman akun instagram, perasaannya nggak bisa berkata-kata, nano nano berada di Pantai Tablanusu. Saksikan dan jangan lupa follow instagram@rifaiocha. Yuuk!

View this post on Instagram

Aku tak mau berhenti begitu saja😇😇

A post shared by Ocha Rifai (@rifaiocha) on

View this post on Instagram

Papua

A post shared by Ocha Rifai (@rifaiocha) on

View this post on Instagram

Papua

A post shared by Ocha Rifai (@rifaiocha) on

View this post on Instagram

Suwae resort papua

A post shared by Ocha Rifai (@rifaiocha) on

View this post on Instagram

Moat

A post shared by Ocha Rifai (@rifaiocha) on

View this post on Instagram

Papua jayapura

A post shared by Ocha Rifai (@rifaiocha) on

Berikutnya, satu lagi akun instagram sebagai penutup dan nggak kalah terkenal. Penyanyi, musisi legendaris yang juga berprofesi sebagai pengusaha musik di Jakarta. Rasa bahagianya saat hadir dan berlibur ke Pantai Tablanusu. Ia memposting dalam akun instagram. Wouuw, rupanya ada disini juga, keren-keren. Doddie Latuharhary membagikan momen-momen bahagia. Kehadiran Doddi disambut hangat masyarakat Tablanusu. Kerendahan hati musisi ini berbaur, menyatu bersama penduduk.

Intip langsung instagram@doddilatuharhary tampak dari wajah mereka yang duduk-duduk terlihat bahagia banget berlibur di Pantai Tablanusu, kepoin yuuk!

View this post on Instagram

#pantaitablanusu #jayapura hanya kami ber4

A post shared by Doddie Latuharhary (@doddielatuharhary) on

Seru dan bahagianya beda banget, liburan sambil ke kampung halaman. Kebahagiaan terasa makin plus-plus. Berlibur kamu makin luar biasa. Keren-keren loh. Semoga foto-foto dan video ini dapat memberikan utuh. Betapa kamu ikut merasakan hadir dan berada disana. Dijamin kamu senang dan bahagia berada di Pantai Tablanusu. Tulisan ini sebagai ajakan dan memberikan dukungan buat pariwisata di Papua, secara khusus memajukan Pantai Tablanusu. Serta wisata dan pantai-pantai lain di Papua. Sungguh indah berlibur ke Papua, semua ada disini.

Ayo dong, mari berlibur ke Pantai Tablanusu. Sensasi luar biasa dan memikat hati, nggak bisa terlukis dengan kata-kata, dijamin keren-keren banget. Pasca pandemi kamu pilih Pantai Tablanusu dan berliburlah kesini.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )