Patuhi Ini Saat ke Taman Nasional Baluran

Foto: youtube.com

Saat Pandemic Fatigue menyerang, hal terbaik yang seharusnya dilakukan adalah liburan. Liburan di tengah pandemi seperti ini tentu saja berbeda dengan liburan saat kondisi normal ya. Begitu pula jika kita berlibur ke Jawa Timur tepatnya Taman Nasional Baluran, Situbondo.

Melansir dari Liputan6, Mengingat beroperasi di tengah masa pandemi Covid-19. Beberapa kebijakan terkait kunjungan wisata pun disampaikan setelah kembali buka. Berita kedua yang banyak menarik perhatian adalah tentang persyaratan naik kereta api di masa PSBB Jawa-Bali.

Ada beragam hal yang perlu diperhatikan juga dipersiapkan sebelum naik kereta api antarkota di Pulau Jawa dan Sumatera. Adapun periode keberangkatan pada 9–25 Januari 2021.

Foto: wisatabagus.com

Taman nasional ini mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE. 881/T.37/TU/KSA.1/1/2021 mengenai persyaratan kunjungan wisata pada objek dan daya tarik wisata alam Taman Nasional Baluran. Surat ini ditujukan kepada masyarakat dan pengunjung wisata.

Bagi pelancong wajib membawa KTP atau Kartu Identitas lain yang berlaku, serta bagi pengunjung yang berasal:

1. Dalam Provinsi jawa Timur wajib menunjukkan hasil Rapid Test Antibody (masa berlaku tiga hari).

2. Luar Provinsi Jawa Timur wajib menunjukkan hasil Rapid Test Antigen (masa berlaku tiga hari).

3. Luar Negeri/Asing wajib menunjukkan hasil Swab PCR (masa berlaku tiga hari).

Adapun persyaratan kunjungan wisata ke Taman Nasional Baluran tersebut adalah dalam upaya meminimalkan dampak risiko meluasnya Covid-19 bagi pengunjung, petugas, pelaku wisata, dan masyarakat.