Pembukaan Pariwisata Bali Juli Nanti Nyaris Batal! Ini Permohonan Cok Ace dan Putu Astawa untuk Menguatkan

Pariwisataindonesia.fotomenterisandiagaunoberkantordaribali
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkantor dari Bali (Foto: ANTARA/Fikri Yusuf)

PariwisataIndonesia.id – Redaksi Pariwisata Indonesia menyayangkan pemberitaan di salah satu situs media online yang digadang-gadang beritanya paling banyak diakses di Indonesia dengan mengambil judul “Pembukaan Pariwisata Bali Terancam Batal Lagi” dan sudah tayang pada Rabu, 23 Juni 2021.

Baca juga :  Wagub Bali Ungkap Angka Positif Covid-19 Sudah di Dua Digit dan Sektor Pariwisata Tumpuan Ekonomi Bali

Judul besarnya itu, tentu bisa melukai perasaan warga Bali yang telah lama mengidamkan dan sangat menggantungkan hidup dari pembukaan pariwisata di Juli nanti ini.

Baca juga :  Wagub Bali: Optimis Pariwisata Bali Akan Tumbuh dengan Baik

Dalam keterangan resminya, orang nomor satu di lingkungan Kemenparekraf pun terkesan ambigu. Pasalnya, Menparekraf Sandiaga Uno seperti bertindak ingin cari aman dan baru akan gaspol bila dianggapnya akan menguntungkan buat pribadinya.

Sementara, bila menilik ke belakang, maka rekam jejaknya berani untuk tampil tidak populis. Kini, kebiasaan sang menteri bak hilang di telan bumi.

“Rencana pembukaan Bali tentunya program ini terus berlanjut, namun tentunya harus melihat situasi terkini berkaitan dengan kondisi pandemi. Di tengah meningkatnya kasus Covid-19, kami melihat ada penurunan kunjungan wisatawan nusantara ke Bali,” kata Menparekraf Sandi, dikutip dari weekly press briefing yang disiarkan langsung dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Selasa (22/6) kemarin.

Di tempat terpisah, melansir laman resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov), Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang biasa disapa Cok Ace menyatakan kelegaannya dan menyambut kabar baik wisatawan mancanegara (wisman) Juli nanti bakal segera dibuka.

Baca juga :  Warga Bali Bergembira Sambut Wisatawan Mancanegara Juli Mendatang

Hal itu, disampaikannya saat ia menjadi pembicara di webinar bertajuk persiapan Pemprov Bali untuk open border internasional yang digelar Jaringan Wisata Muhamadiyah dari Pura Mandara Giri, Semeru Agung Lumajang, Jawa Timur, pada Selasa (22/6) sore.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya menjaga keamanan dan kesehatan wisatawan yang berlibur ke Bali dengan mengacu pada indikator pendukungnya, termasuk vaksinasi.

“Dari target 70 persen vaksinasi untuk 4 juta masyarakat Bali sudah lebih dari 50 persen yang sudah menerima (vaksin). Lalu untuk prokes, masyarakat Bali di posisi nomor satu secara nasional untuk disiplin pemakaian masker,” kata Cok Ace.

Sebelumnya, menteri yang kerap mempopulerkan “GERCEP, GEBER & GASPOL”, ketika menjelang pertengahan tahun 2021, sempat berjanji dan memastikan akan rutin berkantor dari Bali.

Terkait kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno di Bali, redaksi Media Pariwisata Indonesia berhasil mewawancarai salah satu nara sumber bernama Wayan untuk mendapatkan keterangan kemajuan dari progres tersebut.

Wayan pernah pula bertemu Menparekraf saat melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Agung Ibnu Batutah yang terletak di sekitar Nusa Dua, Bali.

Bersambung ke halaman berikutnya
Kehadiran beliau sangat kita hormati di Bali .. “